Update Tarif Kirim JNE (Dokumen & Barang)

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dan logistik. Perusahaan ini memulai kegiatan usahanya yang terpusat pada penanganan kegiatan kepabeanan atau impor kiriman barang atau dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia dengan yang tergolong terjangkau.

Kantor cabang JNE (sumber: kuriran.id)
Kantor cabang JNE (sumber: kuriran.id)

Dari sekian paket JNE, yang paling sering digunakan konsumen di seluruh Indonesia adalah JNE Express. Layanan tersebut terdiri dari bermacam-macam jenis, mulai dari JNE Express Super Speed, PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara), YES (Yakin Esok Sampai), REG (Regular), OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), dan lainnya.  

Bacaan Lainnya

Layanan JNE Express 

  • Super Speed, adalah pengiriman paket atau dokumen dengan waktu yang harus diberangkatkan sesegera mungkin di luar jadwal rutin dan rute tetap JNE. Layanan SS menggunakan mode transportasi udara (direct flight) langsung ke tujuan, sepanjang jadwal penerbangan tersedia. Target waktu pengiriman adalah dalam kurun waktu 24 jam sejak dari penjemputan di tempat pengirim. Pengirim akan menerima SMS berita keberhasilan pengiriman paket. Anda diharapkan menghubungi contact center JNE untuk mengatur penjemputan. Layanan tersebut berlaku untuk kota tujuan yang mempunyai penerbangan langsung. Layanan ini memberlakukan tarif premium dengan jaminan pengembalian biaya jika waktu pengiriman melebihi yang sudah dijanjikan.
  • PESONA, merupakan layanan pengiriman makanan kuliner khas Indonesia tanpa harus pergi ke daerah asalnya. Pilihan makanan dari beberapa daerah di Indonesia yang perusahaan tawarkan sudah melalui seleksi kelayakan dan masa uji coba selama hampir setahun sehingga aman untuk dikonsumsi oleh pelanggan.
  • YES (Yakin Esok Sampai), adalah pengiriman premium dengan target kiriman sampai di tujuan pada keesokan harinya termasuk pada hari Minggu dan libur nasional. Layanan YES memberikan jaminan biaya kirim kembali apabila kiriman tidak diterima pada keesokan harinya melewati 23:59 waktu setempat. Anda bisa menggunakan layanan YES di setiap cabang dan agen JNE. Layanan YES hanya berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan oleh JNE Pusat. Anda dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airway bill number melalui website JNE.
  • REG (Regular), termasuk yang paling sering digunakan oleh konsumen, baik untuk mengirim barang secara pribadi ataupun bagi pemilik online shop. JNE Regular adalah layanan pengiriman cepat, aman, dan andal sampai ke pelosok Indonesia. Jaringan JNE yang luas dan layanan yang diklaim profesional terbukti menjadi dukungan yang tepat bagi dunia usaha dalam pendistribusian produk dan meningkatkan daya saing. Layanan Regular disediakan untuk memahami gaya hidup masyarakat modern yang dinamis dan pentingnya nilai-nilai efektif dan efisiensi. Anda bisa menggunakan layanan Regular di setiap cabang dan agen JNE. Anda dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airway bill number melalui website JNE. JNE Regular tidak melayani pengantaran pada hari Minggu dan libur nasional serta tidak memberikan jaminan uang kembali.
  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), produk jasa ini adalah layanan pengiriman untuk barang berukuran besar dan berat dengan harga ekonomis, yang memanfaatkan mode transportasi kargo udara dan angkutan darat yang menghubungkan kota-kota besar, ibu kota provinsi, sampai ke kabupaten. Anda bisa menggunakan layanan JNE OKE di setiap cabang dan agen JNE. Anda dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airway bill number melalui website JNE. JNE OKE tidak melayani pengantaran pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional serta tidak memberikan jaminan uang kembali. Per 1 Oktober 2017, JNE OKE tidak memberlakukan pengiriman dalam kota. Daftar kota yang dimaksud di antaranya tersebar di berbagai pulau di Indonesia, mulai Sumatera, Jawa, Kalimantan, NTB, NTT, Bali, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Dalam kegiatan mengantar barang atau dokumen, JNE mematok tarif berbeda, tergantung berapa berat barang yang akan dikirim, serta berdasarkan kota asal dan tujuan. Misalnya, jika Anda berdomisili di Jakarta dan ingin mengirim barang ke Kota Bekasi, akan dikenai tarif jasa pengiriman (ongkos kirim/ongkir) reguler sebesar Rp9.000 per kg, dengan estimasi barang akan sampai dalam waktu 1-2 hari. Sebagai informasi tambahan mengenai tarif jasa pengiriman dari kota lainnya, berikut ini akan disajikan daftarnya pada tabel di bawah ini.

Ilustrasi: Kurir JNE Mengantarakan Paket Barang (credit: money.kompas)
Ilustrasi: Kurir JNE Mengantarakan Paket Barang (credit: money.kompas)

Tarif Jasa Pengiriman Dokumen Via JNE

Kota AsalKota TujuanTarif (Rp) & Estimasi Hari
Surabaya

 

 

Jakarta

 

 

OKE: Rp15.000 (3-4 hari)
REG: Rp17.000 (2-3 hari)
YES: Rp43.000 (1-1 hari)
Surabaya

 

 

Malang

 

 

OKE: Rp8.000 (2-3 hari) 
REG: Rp9.000 (1-2 hari) 
YES: Rp15.000 (1-1 hari) 
Bandung

 

 

Jakarta

 

 

OKE: Rp12.000 (2-3 hari)
REG: Rp13.000 (1-2 hari)
YES: Rp17.000 (1-1 hari)
Bandung

 

 

Surabaya

 

 

OKE: Rp18.000 (2-3 hari)
REG: Rp21.000 (1-2 hari)
YES: Rp41.000 (1-1 hari)
Jakarta

 

 

 

 

OKE: Rp20.000 (2-3 hari)
REG: Rp23.000 (1-2 hari)
YES: Rp46.000 (1-1 hari)
Denpasar

 

 

Jakarta

 

 

OKE: Rp19.000 (2-3 hari)
REG: Rp22.000 (1-2 hari)
YES: Rp50.000 (1-1 hari)
Denpasar

 

Palembang

 

YES: Rp88.000 (1-1 hari)
REG: Rp40.000 (1-2 hari)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, tarif JNE saat ini cenderung naik. Misalnya, ongkir paket layanan OKE dari Surabaya ke Malang yang semula Rp7 ribu menjadi Rp8 ribu per kilogram. Begitu pula ongkir paket layanan YES dari Denpasar ke Jakarta yang naik dari Rp49 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram.

Tarif jasa pengiriman (ongkos kirim/ongkir) di atas merupakan beberapa contoh dari sekian banyak kota di Indonesia. Tarif tersebut tidak terikat dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Untuk mengetahui ongkir via JNE dari kota Anda (yang tidak tercantum pada tabel di atas), Anda dapat mengeceknya di website www.jne.co.id, atau bisa juga melalui aplikasi mobile My JNE.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *