Info Terbaru Manfaat & Harga Getah Kayu Gaharu di Pasaran

Gaharu adalah kayu berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A. malaccensis. Resin tersebut selama ini kerap dipakai dalam industri wangi-wangian seperti parfum dan atsiri lantaran mengeluarkan aroma yang harum. Kayu gaharu biasanya diambil getahnya untuk berbagai keperluan. Harga tanaman gaharu di pasaran terbilang mahal mencapai jutaan rupiah.

Ilustrasi: penyadapan getah kayu gaharu (sumber: bendebesah.com)
Ilustrasi: penyadapan kayu gaharu (sumber: bendebesah.com)

Sejak awal era modern, sekitar 2000 tahun yang lalu, gaharu disebut-sebut sudah menjadi komoditas perdagangan dari Indonesia untuk diekspor ke sejumlah negara seperti India, Persia, Jazirah Arab, hingga Afrika Timur. Gaharu banyak diperdagangkan dengan harga jual yang cukup tinggi, terutama gaharu dari tanaman famili Themeleaceae dengan jenis Aquilaria spp. yang dalam dunia perdagangan disebut dengan nama gaharu beringin. Sementara itu, jenis gaharu dengan nilai jual yang relatif rendah, biasanya disebut gaharu buaya.

Bacaan Lainnya

Selain ditentukan dari jenis tanaman penghasilnya, kualitas gaharu pun ditentukan oleh banyaknya kandungan resin dalam kayunya. Apabila semakin tinggi kandungan resin di dalamnya maka harga gaharu tersebut akan semakin mahal dan demikian pula sebaliknya. Ketika memasuki usia sekitar 25 tahun, gaharu biasanya akan menghasilkan gubal, yakni resin berwarna hitam yang mengeluarkan bau harum. Gubal atau yang kerap dijuluki itulah yang diklaim lantas diincar oleh para pembudidaya tanaman gaharu karena banyak dimanfaatkan menjadi berbagai produk.

 

Manfaat Gaharu

Batang pohon gaharu (sumber: elnuha.net)
Batang pohon gaharu (sumber: elnuha.net)

Bahan Baku Parfum

kayu gaharu yang dikenal wangi kerap dijadikan untuk bahan baku pembuatan parfum. Aroma yang dihasilkan oleh getah gaharu dipercaya baik untuk berbagai bahan baku parfum dalam tekstur apapun serta minyak atsiri atau aroma terapi.

Baca juga  Info Terbaru Harga Aloe Vera Nature Republic Berbagai Varian di Pasaran

Bahan Baku Dupa

Dupa yang dibakar ketika upacara atau sembahyang mempunyai aroma yang khas. Bau wangi pada pembakaran dupa itu ternyata juga bisa didapatkan dari pengolahan kayu gaharu.

Bahan Baku Sabun

Sabun termasuk salah satu barang kebutuhan bagi setiap orang. Selain digunakan untuk mengangkat kotoran dari kulit, sabun juga biasanya harus wangi agar aroma tubuh kita pun ikut wangi sehabis mandi menggunakan sabun. Aroma sabun yang beredar di pasaran pun bermacam-macam, salah satunya dihasilkan juga dari aroma kayu gaharu.

Bahan Baku Shampoo

Layaknya sabun, bagi sebagian orang sampo pun harus memiliki aroma yang kuat supaya rambut mereka senantiasa bersih dan juga wangi. kayu gaharu kerap dicampurkan juga menjadi bahan baku pembuatan shampo agar menghasilkan sampo dengan aroma natural yang menyegarkan.

Bahan Baku Pewangi Pakaian

Selain aroma bunga, aroma yang kuat dari gaharu pun kerap disukai oleh masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Oleh sebab itu beberapa produsen memanfaatkan gaharu sebagai bahan baku untuk membuat pewangi pakaian. Dengan menggunakan aroma gaharu, pakaian pun dipercaya terhindar dari bau apek atau bau tidak sedap.

Bahan Baku Lotion

Losion merupakan produk kecantikan yang biasanya diaplikasikan untuk melembutkan kulit tubuh sekaligus menjaga kelembapannya. Tetapi lotion yang sekadar melembapkan saja rasanya masih belum cukup, oleh sebab itu kayu gaharu pun kerap dicampurkan dalam lotion supaya bisa menghasilkan wewangian yang kuat sepanjang hari.

Bahan Baku Obat-obatan

Aroma wangi yang ditimbulkan oleh gaharu dipercaya dapat meredakan stres dan masalah sulit tidur atau insomnia. Bahkan kayu pohon gaharu juga diyakini mampu mengatasi sejumlah penyakit dalam, misalnya saja mengurangi kolesterol dalam tubuh, mengatasi masalah gula darah, hingga tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Baca juga  Info Terbaru Harga Troli Barang 2 Roda

Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Selain getah, batang pohon gaharu ternyata disebut-sebut mampu mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Batang tanaman gaharu disebut memiliki efek diuretik, sehingga Anda akan mengalami frekuensi buang air kecil yang lebih sering selama melalui proses detoks.

Mencegah Kanker

Di negara India, batang kayu gaharu kabarnya sudah lama dipakai sebagai obat kanker usus. Sementara itu, di China batang gaharu kerap dipakai mengobati berbagai jenis penyakit kanker. Bahkan kabarnya ada penelitian yang menyebutkan jika batang gaharu memiliki manfaat untuk melawan sel kanker dan tumor.

Mengatasi Sakit Perut

Batang gaharu rupanya bisa dimanfaatkan menjadi teh. Teh yang berasal dari seduhan batang gaharu dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit perut seperti kembung karena masuk angin, sembelit, dan diare.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Bukan sekadar untuk perut, batang gaharu yang diseduh dan diminum secara teratur diyakini dapat mengobati penyakit ginjal yang kronis seperti batu ginjal atau gagal ginjal. Cara semacam ini kabarnya telah digunakan selama ratusan tahun di Jepang dan China.

Banyaknya manfaat dari getah kayu gaharu membuat permintaan di pasaran juga relatif tinggi. Harga jualnya bervariasi tergantung jenis dan banyaknya getah yang dibutuhkan. Getah gaharu yang diklaim murni atau asli cenderung lebih mahal karena bisa mencapai jutaan rupiah per kg.

Getah kayu gaharu (sumber: manfaat.co)

Harga Getah Gaharu

Jenis Getah Gaharu Harga (Rp)
Bongkahan Getah gaharu asli Papua 10 gr 275.000
Bongkahan Getah gaharu asli Merauke 100 G 800.000
Getah gaharu asli Kalimantan 500 gram 1.500.000
Getah gaharu asli Kalimantan 1 kg 2.750.000
Bongkahan Getah gaharu asli Papua 2 kg 6.000.000
Getah gaharu 15 kg 50.000.000
Butiran getah gaharu 7 kg 100.000.000
Baca juga  Update Harga Bola Belgi Billiard (per Buah dan per Set)

Sebagai contoh, di situs jual beli online getah murni gaharu Merauke Papua tahun 2020 dijual dengan harga kisaran Rp60 ribuan per 10 gram untuk yang wujudnya masih berupa bongkahan-bongkahan kecil. Harga tersebut ternyata naik dari tahun 2019 lalu yang hanya Rp50 ribu. Sedangkan yang sudah berbentuk butiran agak halus harganya Rp65 ribuan hingga Rp93 ribu per 10 gram. Untuk getah gaharu jenis grade super per 50 gram harganya berkisar Rp350-420 ribuan. Pembelian per 1 kg getah gaharu harganya bisa mencapai Rp4 juta hingga Rp7,7 jutaan.

Menginjak tahun 2022, rupanya harga getah gaharu tidak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan 2021 lalu. Harga getah gaharu per kg asli Kalimantan hanya berkisar Rp2,5 jutaan tahun 2021, naik menjadi Rp2,7 jutaan tahun 2022. Sementara itu, bongkahan getah gaharu relatif naik dari Rp60 ribu di tahun 2020, menjadi Rp189 ribu tahun 2021, naik lagi menjadi Rp275 tahun 2022 per 10g asli dari Papua.

Perlu diketahui pula bahwa harga getah gaharu bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga getah gaharu yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari jenis, kualitas, dan juga penawaran yang diberikan oleh pihak penjual. Sebelum membeli getah gaharu, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah getah yang dijual memang benar-benar asli getah gaharu yang berkualitas atau tidak.

 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.