Info Manfaat dan Harga Wortel 1 Kg di Pasaran

Untuk menjaga kesehatan mata, kita disarankan untuk banyak mengonsumsi . memang dikenal sebagai sayuran yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Maka dari itu, permintaannya di pasar tidak pernah sepi. Terlebih jual wortel juga cukup terjangkau, mulai Rp5 ribuan per kg.

Ilustras: sayur wortel (sumber: theeconomist.com)

Ilustras: wortel (sumber: theeconomist.com)

Sayuran wortel sering diolah menjadi campuran dalam sayur sop, salad sayur, atau juga bisa diracik menjadi minuman yang menyegarkan, seperti jus. Selain sehat dan lezat, jus wortel juga memiliki rasa yang unik, yang menggugah selera, serta kaya akan kandungan , namun rendah kalori.

Apabila Anda ingin mengonsumsi jus wortel, usahakan untuk memilih wortel yang matang, mulus dan segar. Membuat jus wortel di rumah cukup mudah, Anda cukup mencuci wortel hingga bersih dan mengupasnya. Kemudian, potong kecil-kecil dan letakkan ke dalam blender. Setelah itu, tambahkan air dan haluskan wortel hingga menjadi jus. 

Untuk mendapatkan asupan serat dan nutrisi yang lainnya, Anda pun bisa menambahkan sayuran atau buah-buahan lainnya yang Anda sukai. Untuk hasil yang lebih sehat, hindari menambahkan gula ke dalam jus wortel tersebut. 

Namun, jika malas membuat sendiri, Anda juga bisa membeli jus wortel dalam kemasan. Namun, pilihlah yang baru dibuat. Karena, jus wortel kemasan yang terlalu lama disimpan di lemari pendingin bisa saja telah terkontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan karotenemia, yakni tingginya kadar karoten di dalam darah. Karotenemia ini ditandai dengan warna kulit yang menguning. Untuk mengetahui jumlah asupan jus wortel yang sesuai dengan kondisi Anda, silakan berkonsultasi dengan dokter.

Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Wortel memiliki banyak vitamin, mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K. Sayuran ini juga dikenal sebagai sumber karotenoid atau beta karoten, kalium, serta, dan antioksidan yang sangat diperlukan tubuh. Lantas, apa saja manfaat wortel untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Berikut ulasannya.

Olahan wortel menjadi smoothie (sumber: purplecarrot.com)

Olahan wortel menjadi smoothie (sumber: purplecarrot.com)

Menjaga kesehatan mata

Di dalam tubuh, beta karoten akan diolah menjadi vitamin A yang dikenal manfaatnya untuk kesehatan mata dan kulit. Vitamin A ini mampu melindungi mata dari bermacam gangguan, mulai dari degenerasi makula, glaukoma, xerophthalmia, juga katarak. Nah, wortel juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang bisa melindungi retina dan lensa mata.

Membuat kulit lebih sehat

Wortel mengandung vitamin C, yang mana merupakan salah satu sumber antioksidan dan dapat membantu kulit pulih lebih cepat dari luka dan cedera. Jus wortel akan bermanfaat baik apabila dikonsumsi setiap hari bagi Anda yang memiliki masalah kulit, seperti kulit kering atau psoriasis.

Memperkuat fungsi otak

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, kandungan beta karoten yang ada di dalam wortel juga dikatakan baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak. Dengan rutin mengonsumsi beta karoten, dianggap mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mengurangi risiko terjadinya kepikunan atau demensia. 

Menjaga berat badan

Di dalam 100 gram wortel terdapat sekitar 3 gram serat yang cukup mengenyangkan untuk perut. Cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, Anda bisa mencoba mengonsumsi sayuran wortel. Karena wortel rendah kalori namun kaya akan asupan nutrisi.

Melancarkan pencernaan

Wortel adalah sumber serat yang bisa membantu mengatur gerakan usus untuk melancarkan pencernaan. Untuk Anda yang rutin mengonsumsi wortel, dapat mengatasi sembelit hingga membantu menurunkan berat badan.

Olahan sayur wortel (sumber: rachaelraymag.com)

Olahan sayur wortel (sumber: rachaelraymag.com)

Mempertajam memori

Vitamin B yang ada dalam wortel tak hanya baik untuk meningkatkan metabolisme, namun juga bisa membantu mempertajam ingatan atau memori. Apabila Anda rajin mengonsumsi wortel, tentu Anda bisa dengan mudah mengerjakan atau mempelajari banyak hal. 

Membantu cegah kanker

Nutrisi yang terkandung di dalam wortel dipercaya dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Kanker akan berkembang saat sel-sel dalam tubuh mengalami perubahan sifat menjadi ganas dan berkembang biak tidak terkendali. Kandungan antioksidan yang ada pada wortel inilah yang mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat.

Semua manfaat yang terkandung di dalam wortel akan berfungsi maksimal jika Anda mengonsumsi wortel dalam jumlah yang tepat. Karena terlalu banyak mengonsumsi wortel pun juga dikatakan akan membawa efek samping, yakni bisa mengakibatkan karotenemia. Karotenemia disebabkan oleh terlalu banyak beta-karoten dalam darah. Beta-karoten merupakan pigmen pada buah dan sayuran yang berwarna merah, oranye, dan kuning. Akan tetapi, kasus karotenemia ini jarang terjadi. Hal semacam ini hanya terjadi 1-2 kasus dalam setahun. 

Karotenemia tidak selalu disebabkan oleh makanan yang berwarna jingga. Makanan lain seperti apel, kol, sayuran berdaun hijau, kiwi, asparagus, dan bahkan terkadang telur dan keju juga bisa menyebabkan karotenemia. Karotenemia biasanya merupakan penyebab dari diet ketat atau dari terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu. Hal ini bisa memicu risiko seseorang mendapatkan terlalu banyak dan terlalu sedikit nutrisi tertentu. 

Satu wortel berukuran sedang mengandung sekitar empat miligram beta-karoten di dalamnya. Jadi, apabila kita makan 10 wortel sehari selama beberapa minggu, kemungkinan kita bisa mengalami karotenemia. Makan makanan yang seimbang membantu kita memastikan makan semua nutrisi yang tepat dan dalam jumlah yang tepat. 

Namun, bagaimana warna kulit bisa berubah karena karotenemia? Kelebihan beta-karoten dalam darah menempel pada area tubuh yang memiliki kulit lebih tebal. Misalnya, telapak tangan, telapak kaki, lutut, siku, dan lipatan di sekitar hidung. Area tersebut merupakan area pertama yang terlihat oleh mata mengalami perubahan warna, dan terlihat sangat jelas pada orang berkulit lebih terang. Perubahan warna kulit akan terus menjadi gelap saat kita makan lebih banyak makanan kaya beta-karoten. 

Karotenemia biasanya didiagnosis dengan meninjau riwayat diet dan menguji kadar dalam darah. Untuk mengatasinya, kita cukup mengurangi jumlah makanan kaya beta-karoten yang kita . Perubahan warna kulit biasanya akan mulai memudar dan kembali normal dalam beberapa bulan. 

Kasus karotenemia adalah contoh nyata adanya efek samping mengonsumsi terlalu banyak makanan tertentu, meski makanan tersebut kaya gizi. Ini menunjukkan betapa pentingnya melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi berbagai buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, lemak sehat dan karbohidrat kompleks. 

Harga Wortel di

Seperti komoditas sayuran lainnya, harga wortel di pasaran juga tergolong fluktuatif. Saat sedang anjlok, harga wortel bisa dibanderol Rp5.500 saja per 1 kg. Namun, saat sedang terjadi kenaikan harga, harga wortel di pasaran bisa mencapai Rp20 ribuan per . Naik turunnya harga wortel ini bisa disebabkan oleh permintaan pasar dan stok dari pihak petani. 

Baca juga  Terbaru, Harga Pakan Konsentrat 511 untuk Ayam Ternak
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Manfaat dan Harga Wortel 1 Kg di Pasaran"