Info Terkini Tarif Pengiriman Layanan GrabExpress

Semakin tingginya geliat bisnis online, tampaknya memberikan berkah tersendiri untuk perusahaan jasa pengiriman alias ekspedisi. Sayangnya, pengiriman barang dalam kota dan luar kota biasanya membutuhkan waktu lebih dari 1 hari hingga paket diterima oleh sang penerima. Padahal, banyak orang yang membutuhkan dokumen atau barang tertentu secara mendesak. Pada dasarnya, sejumlah perusahaan ekspedisi memang menawarkan layanan pengiriman kilat. Namun biasanya, biaya yang dipatok untuk kiriman kilat tersebut memang cukup mahal. Hal inilah yang dimanfaatkan sebagai peluang bisnis tersebut.

Sekilas Tentang GrabExpress

Ilustrasi: Pengiriman Barang Menggunakan GrabExpress (credit: Beritasatu)
Ilustrasi: Pengiriman Barang Menggunakan GrabExpress (credit: Beritasatu)

Ingin menyaingi layanan sejenis yang dimiliki oleh perusahaan kompetitor, menawarkan GrabExpress yang memudahkan konsumen untuk melakukan pengiriman dalam kota hanya dalam waktu 24 jam. GrabExpress adalah layanan kurir kilat dari Grab yang menerima beragam pengiriman paket maupun dokumen Anda di seluruh area yang ada di Kota Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, dan Bekasi (Jadetabek). 

Bacaan Lainnya

Menariknya, dibandingkan dengan perusahaan ekspedisi, pengiriman paket dalam kota dengan GrabExpress rupanya relatif lebih cepat. Pihak penerima bisa menerima paket yang dikehendaki hanya dalam kurun waktu beberapa saja. Bahkan, ada beberapa konsumen yang merasa terbantu karena paket yang mereka tunggu-tunggu hanya sampai dalam waktu sekitar 1 jam. 

Sementara itu, jika mengirim barang dalam kota menggunakan ekspedisi, setidaknya Anda membutuhkan waktu 1 hari, bahkan jika sedang padat maka barang Anda bisa sampai lebih dari 24 jam kemudian. Hal itulah yang menyebabkan layanan semacam GrabExpress kini mulai banyak digunakan, apalagi bagi mereka yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan.

Dibandingkan kurir sejenis, GrabExpress rupanya menerapkan sistem yang sedikit berbeda. GrabExpress memiliki tim pengemudi alias biker yang memang dikhususkan untuk melayani GrabExpress dan tidak digabung dengan tim pengemudi untuk pengantaran orang. Pihak sengaja menerapkan sistem seperti itu untuk membedakan tugas dan keahlian dari masing-masing pengemudi.

Untuk menggunakan jasa pengiriman barang dan dokumen dari GrabExpress, Anda tak akan dikenai jumlah minimum untuk pengiriman paket, asalkan barang yang dikirimkan sesuai dengan aturan berat dan volume yang diberlakukan oleh Grab. Jangan khawatir pula jika ada kerusakan barang atau paket di perjalanan, pasalnya pihak memberikan asuransi paket dan dokumen kiriman Anda hingga Rp10.000.000.

Apabila terjadi kerusakan di perjalanan, Anda dapat melaporkannya langsung ke customer service dengan mengirim email ke support.id@.com. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor booking serta nomor telepon yang bisa dihubungi ketika mengajukan klaim kerusakan barang kiriman GrabExpress.

Seluruh paket dan dokumen yang dikirimkan dengan menggunakan jasa GrabExpress akan memperoleh tanda terima dan nomor booking. Nomor booking tersebut harus Anda simpan untuk mengajukan klaim asuransi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang hilang atau rusak selama berada di perjalanan. Selain itu, ketika paket dalam perjalanan, Anda dapat memantau secara langsung proses pengiriman dan membagikan lokasi pengiriman ke penerima lewat fitur ‘Share My Ride’ dari aplikasi Grab.

Sementara, bila paket Anda belum terkirim ke penerima, maka Anda dapat memberikan data lengkap penerima seperti Nama, Alamat, dan Nomor Telepon yang dapat dihubungi. Kemudian, driver akan menghubungi sang penerima paket untuk memastikan penerimaan paket. Jika penerima masih belum dapat dihubungi, maka paket tersebut akan dikembalikan pada Anda.

Dikutip dari situs resminya, biaya atau tarif pengiriman paket menggunakan layanan GrabExpress tahun 2020 lalu terbilang cukup ekonomis, yaitu dimulai dari Rp18.000 per paket untuk jarak pengiriman sampai dengan 15 km dan Rp21.000 per paket untuk jarak pengiriman lebih dari 15 km. Namun, pada 2021 rupanya tarif GrabExpress mengalami sedikit kenaikan, yakni tarif minimum mulai Rp20.000. Berikut kami sajikan informasi terbaru skema penghitungan tarif di GrabExpress (berlaku untuk area Jabodetabek).

Paket, tarif, biaya, layanan, pengiriman, barang, aplikasi, Grab, biker, GrabExpress, GrabTaxi, pengirim, penerima, data, perjalanan, ekspedisi, kurir
Armada Ekspress mengantar paket kepada konsumen (Instagram: @miksemarid)

Tarif Pengiriman GrabExpress Instant

Jarak Tempuh Tarif GrabExpress Instant
0 – 5 km Rp2.900 per km, minimum tarif Rp20.000
5 – 10 km Rp3.000 per km, minimum tarif Rp20.000
10 – 30 km Rp3.200 per km, minimum tarif Rp20.000

Keterangan:

  • Jarak maksimal untuk pengiriman GrabExpress Instant ke lokasi tujuan adalah 30 km (tiga puluh kilometer).
  • Waktu operasional Driver GrabExpress dalam melakukan penjemputan barang adalah mulai pukul 08:00 s.d. 18:00 setiap harinya.
  • Setiap pengiriman barang dengan menggunakan layanan GrabExpress Instant mendapatkan jaminan asuransi hingga Rp10.000.000.

Tarif Pengiriman GrabExpress SameDay

Jarak Tempuh Tarif GrabExpress SameDay
0 – 5 km Rp15.000
5 – 10 km Rp18.000
10 – 15 km Rp18.000
15 – 20 km Rp21.000
20 – 25 km Rp25.000
25 – 30 km Rp33.000
30 – 35 km Rp39.000
35 – 40 km Rp49.000

Keterangan:

  • Waktu operasional Driver GrabExpress dalam melakukan penjemputan barang adalah mulai pukul 09:00 s.d. 16:00 setiap harinya.
  • Setiap pengiriman barang dengan menggunakan layanan GrabExpress SameDay mendapatkan jaminan asuransi hingga 10x dari biaya kirim.
  • Berat paket atau dokumen yang dikirimkan melalui GrabExpress tidak boleh melebihi 5 kg.
  • Volume barang atau paket yang dikirim melalui GrabExpress maksimal memiliki panjang x lebar x tinggi ( p x l x ) = 32 cm x 25 cm x 12 cm.

Perlu Anda ketahui, tarif pengiriman GrabExpress di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, biaya kirim paket melalui GrabExpress berkisar Rp15.000 hingga Rp25.000. Kemudian, pada 2020 tarif GrabExpress Sameday dengan jarak pengiriman 0-5 km dipatok Rp13 ribu, dan sekarang naik menjadi Rp15 ribu.

Aplikasi GrabExpress (credit: gadgetmatch)
Aplikasi GrabExpress (credit: gadgetmatch)

Cara Memesan GrabExpress

  • Unduh aplikasi di App Store (iOS) atau Google Play (Android).
  • Buka aplikasi Grab.
  • Lokasi Anda akan terdeteksi secara otomatis, kemudian masukkan alamat tujuan Anda dan pilih menu GrabExpress untuk mendapatkan info biaya perjalanan.
  • Masukkan seluruh data penerima secara lengkap untuk memudahkan biker GrabExpress menemukan penerima dokumen atau paket.
  • Setelah Anda melakukan konfirmasi pesanan, biker yang lokasinya terdekat akan memperoleh info untuk mengambil dokumen atau paket yang hendak Anda kirimkan.
  • Anda bisa melacak secara langsung identitas dan posisi biker GrabExpress yang sedang menuju lokasi Anda maupun dalam perjalanan mengirim paket.
  • Demi kenyamanan, pastikan nama dan plat nomor biker Anda sesuai dengan yang terdaftar di dalam aplikasi. Jangan ragu untuk mengontak call center jika ada keraguan.

Cara GrabExpress

Apabila yang memesan layanan GrabExpress melalui aplikasi GrabTaxi adalah sang pengirim, maka jasa layanan dibayar sebelum pengantaran paket oleh si pengirim. Namun, jika yang memesan adalah sang penerima, maka penerima akan membayar biaya layanan setelah paket diantar. GrabExpress biasanya dilakukan secara tunai.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Tiket Bus Damri Jakarta-Lampung (Royal Class, Executive, Bisnis AC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *