Update Harga Vaksin Hepatitis B Dewasa

Hepatitis B termasuk salah satu penyakit infeksi virus yang serius dan bisa menimbulkan masalah pada kesehatan seseorang. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Virus hepatitis B berpotensi menyebabkan penyakit hati yang serius, termasuk sirosis dan kanker hati. Vaksinasi hepatitis B merupakan salah satu langkah pencegahan yang dapat dilakukan di klinik, puskesmas, maupun rumah sakit dengan harga atau biaya rata-rata ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: hepatitis B menyerang hati (sumber: kompas)
Ilustrasi: hepatitis B menyerang hati (sumber: kompas)

Infeksi virus hepatitis B ditularkan melalui penularan horizontal dan vertikal. Virus hepatitis B dapat ditularkan melalui perkutan (misal, tusukan yang melalui kulit) atau mukosa (misal, kontak langsung dengan mukosa) paparan darah infeksius atau cairan tubuh yang mengandung darah. Semua orang HBsAg-positif bersifat infeksius, tetapi orang-orang yang juga HBeAg positif lebih infeksius karena darah mereka mengandung titer virus hepatitis B yang tinggi (biasanya 10-109 virion/mL).

Bacaan Lainnya

Meskipun HBsAg telah terdeteksi di beberapa cairan tubuh, hanya serum, semen, dan liur telah dibuktikan dapat menularkan. Virus hepatitis B relatif stabil di lingkungan dan tetap dapat hidup >7 hari pada permukaan lingkungan pada suhu kamar. Virus hepatitis B pada konsentrasi 102-3 virion / mL dapat muncul pada permukaan lingkungan walaupun tidak terlihat adanya darah dan masih dapat menyebabkan penularan.

Upaya pencegahan dilakukan pemerintah melalui Program Pengembangan Imunisasi dalam rangka pencegahan penularan terhadap beberapa Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), salah satunya adalah hepatitis B. Sebagaimana rekomendasi WHO pada 1992 untuk mencantumkan vaksinasi hepatitis B untuk semua program imunisasi yang diselenggarakan setiap negara.

Vaksinasi merupakan suatu tindakan yang dengan sengaja memberikan paparan suatu antigen yang berasal dari suatu mikroorganisme. Tujuan utama dari program imunisasi virus hepatitis B adalah untuk mengurangi prevalensi antigen hepatitis B permukaan (HBsAg) pada kelompok yang dilahirkan sejak pelaksanaan program. Sebuah cara praktis untuk menentukan perlindungan jangka panjang yang diberikan oleh vaksin HB adalah dengan memperkirakan insidensi infeksi break-through (positif anti-HBc) serta karier kronis (HBsAg positif) di antara individu yang sudah divaksinasi sebelumnya.[1]

Biaya Vaksin Hepatitis B Dewasa

Lokasi VaksinasiTarif
Mayapada Hospital Rp124.221
Klinik Raisha YogyakartaRp170.000
Cakra MedikaRp200.000
Klinik RHC MampangRp225.000
RS. Permata Rp233.000
Klinik Angsamerah MentengRp235.000
FNM Dental CareRp250.000
Klinik YarsiRp275.000
Siloam Hospitals TB SimatupangRp350.000
Klinik Kimia Farma BandungRp350.000
ImuniRp365.000
Klinik Widya Bhakti IntiRp380.000
Prosehat Clinic Jakarta SelatanRp437.000
Laboratorium Klinik ProdiaRp880.000

Informasi harga vaksin hepatitis B dewasa di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk rumah sakit atau klinik yang bersangkutan. Sebagai perbandingan, tahun lalu, biaya vaksin hepatitis B di Klinik TelkoMedika dipatok berkisar Rp185 ribu dan di Klinik Angsamerah Menteng sebesar Rp235 ribu. Namun, perlu Anda ingat bahwa rincian harga di atas sifatnya tidak mengikat dan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk mengetahui informasi yang lebih jelas seputar vaksin hepatitis B untuk dewasa, Anda dapat langsung menghubungi klinik, lab, atau rumah sakit terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Vaksin Hepatitis B - (www.clinicallab.com)
Vaksin Hepatitis B – (www.clinicallab.com)

Selain biaya pribadi, vaksin hepatitis B juga bisa dilakukan menggunakan . Vaksin hepatitis B termasuk jenis imunisasi yang diwajibkan oleh pemerintah untuk menjamin kesehatan anak. Adapun jenis vaksin atau imunisasi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan, antara lain vaksin BCG atau bacille Calmette-Guerin, hepatitis B, DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus), polio, dan campak.

Pada imunisasi hepatitis B untuk anak, vaksin hepatitis B biasanya diberikan secara berulang sebanyak 4 kali suntikan. Dosis pertama vaksin harus diberikan dalam waktu 12 jam setelah bayi lahir. Kemudian, vaksin hepatitis B akan diberikan secara berturut-turut pada usia 2, 3, dan 4 bulan. Vaksin hepatitis B termasuk vaksin wajib di Indonesia serta harus diberikan kepada setiap anak dan remaja di bawah usia 19 tahun bagi yang belum pernah mendapat vaksinasi hepatitis B.

[Update: Ditta]

[1] Ramadhian, R., dkk. 2016. Efektivitas Vaksinasi Hepatitis B untuk Menurunkan Prevalensi Hepatitis B. Jurnal Kedokteran UNILA, 5(1): 91-95.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *