Update Harga Lampu Philips 18 Watt TL dan LED

Memilih lampu yang tepat memang bukan semata hanya dilihat dari merek atau harganya saja. Namun alangkah baiknya jika Anda menentukan terlebih dahulu seperti apa kebutuhan penerangan yang dicari. Untuk kebutuhan pabrik atau area perkantoran yang luas, maka jenis lampu yang biasa digunakan adalah lampu TL atau neon. Di pasaran, menawarkan lampu TL dan LED 18 Watt mulai harga puluhan ribu rupiah.

harga, lampu, philips, 18 watt, tl, dan, led, tube, ledtube, 18w, 40, 16, 36, setara, dengan, t8, 1 set, kap, fitting, berapa, jual, beli, dimana, grosir, toko, elektro, elektronik, produsen, pasaran, paket, cahaya, warm, white
Lampu 18 Watt TL & LED (Tokopedia)

Sebagian dari Anda tentu sudah sering mendengar atau bahkan melihat seperti apa wujud dari lampu TL. TL (Tube Luminescent) atau yang juga kerap disebut Tube Lamp adalah jenis lampu penerangan yang berbentuk ‘tube’ atau tabung. Seiring dengan perkembangan zaman, kini berkembang lampu TL berjenis fluorescent (neon) dan LED (Light Emitting Diode).

Bacaan Lainnya

Lampu TL dengan teknologi fluorescent merupakan lampu berbentuk tabung hampa dengan kawat pijar di kedua ujungnya (elektroda). Tabung tersebut diisi merkuri dan gas argon yang bertekanan rendah. Tabung lampunya yang terbuat dari kaca khusus juga dilapisi oleh fosfor. Ketika dialiri arus listrik, elektroda akan memanas dan menyebabkan elektron-elektron berpindah tempat dari satu ujung ke ujung lainnya.

Energi listrik itu pula yang menyebabkan merkuri dalam bentuk cairan berubah menjadi gas. Perpindahan elektron akan bertabrakan dengan atom merkuri sehingga energi elektron akan meningkat ke level yang lebih tinggi. Hingga akhirnya elektron-elektron melepaskan cahaya ketika energi elektron tersebut kembali ke level normal.

Baca juga  Info Terbaru Harga Tinta Printer Canon PIXMA iP2770 (Hitam dan Warna)

Sementara itu, lampu TL LED sama-sama mengusung bentuk tabung namun sudah berkembang dengan menggunakan teknologi light emitting diode (LED) sebagai pemancar cahaya. Umumnya lampu TL LED terdiri dari puluhan hingga ratusan LED di dalamnya. Dibandingkan lampu TL neon, lampu TL LED dinilai lebih awet dan hemat energi. Oleh sebab itu, penggunaan lampu berteknologi LED pun kini semakin meningkat.

Keunggulan Lampu TL LED

Salah satu kelebihan dari lampu TL berteknologi LED, termasuk Philips, adalah disebut-sebut mampu menghemat listrik hingga 60% dari pemakaian lampu TL neon atau TL fluorescent lantaran tidak memerlukan komponen yang disebut starter dan ballast. Sebab pada praktiknya ternyata penggunaan starter dan ballast dipercaya justru mengonsumsi listrik lebih banyak, terutama pada ballast jenis induktif.

Sejumlah produsen lampu ternama pun rata-rata mulai mengembangkan lampu LED yang hemat energi. Menariknya, lampu-lampu berteknologi LED biasanya mampu menawarkan output cahaya yang lebih terang dari semestinya. Sebagai contoh, lampu LED 18 Watt diklaim setara dengan cahaya dari lampu 130 Watt. Tak cukup sampai di situ, masa pakai lampu berteknologi LED pun lebih lama dibandingkan bohlam pijar biasa. Sebagai referensi, berikut ini kami rangkum informasi spesifikasi dan harga lampu 18 watt TL dan LED.

Lampu TL LED (sumber: liquidleds.com)
Lampu TL LED (sumber: liquidleds.com)

Harga Lampu 18 Watt 

Lampu Spesifikasi Harga 
Lampu LED 18 Watt putih 18 watt setara dengan 130 W, kap E27, warna cool daylight, voltase 220-240 V, konsumsi daya per 1.000 jam 18 kWh, masa pakai lampu 15.000 jam, jumlah siklus dinyalakan/dimatikan 50.000, rata-rata masa pakai 15 tahun, ukuran dimensi lampu lebar 132 mm x tinggi 69 mm, sudut berkas cahaya terukur 130 derajat, output cahaya 2.000 lumen, suhu warna 6500 K, indeks sesuaian warna (CRI) 80, waktu mulai <0,5 detik, waktu pemanasan hingga 60% cahaya penuh seketika, faktor daya 0,5, arus lampu 150 mA Rp215.000
Lampu Neon 18 Watt TL Pilihan warna cool daylight, Incandescent white, warm white, indeks sesuaian warna (CRI) 83, kap atau fitting lampu G13, masa pakai lampu 15.000 jam, output cahaya 1.350 lumen, bentuk linear fluorescent tube, 18 watt Rp35.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Printer Canon Infus (Semua Tipe)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga lampu Philips 18 Watt TL dan LED di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, lampu LED Philips 18 watt putih yang semula dijual seharga Rp130 ribuan hingga Rp150 ribuan, kini mencapai Rp215 ribuan. Sementara itu, harga lampu Philips neon 18 Watt TL juga ikut naik dari kisaran Rp12 ribuan sampai Rp20 ribuan menjadi Rp35 ribuan.

Selain lampu TL atau neon biasa, kini Philips juga telah memproduksi lampu TL dengan teknologi LED yang diklaim lebih awet dan kualitas cahayanya lebih tinggi. Sesuai ciri khas lampu LED pada umumnya, lampu LED tube atau LED tabung dari Philips biasanya menawarkan ukuran Watt yang kecil namun setara dengan lampu yang Watt-nya besar. 

Neon LED Panjang (credit: Alibaba)
Neon LED Panjang (credit: Alibaba)

Apabila Anda membutuhkan lampu TL LED dari Philips yang setara dengan cahaya lampu 18 Watt, Anda bisa memilih lampu Philips LED Tube/tabung linier 8 Watt dan 16 Watt. Berikut harga kedua lampu Philips LED Tube di pasaran.

Baca juga  Update Harga Mesin Potong Kayu Makita (Semua Tipe)

Harga Lampu Philips LED Tube

Pilihan Lampu Philips LED Tube Spesifikasi Kisaran Harga 
Lampu Philips LED Tube 8 Watt Memakai tutup atau fitting lampu G13, ukuran dimensinya 602,5 x 27,8 mm, masa pakai hingga 15.000 jam dan output cahayanya mencapai 800 lumen. Rp47.500
Lampu Philips LED Tube 16 Watt Memiliki panjang 1.200 mm, berat 0,3 kg, warna lampu cool daylight Rp109.890

Jika dibandingkan tahun lalu, harga lampu Philips LED Tube 16 watt saat ini relatif stabil. Sementara itu, harga lampu Philips LED Tube 8 Watt sedikit naik dari Rp38.500 menjadi Rp47.500. Perlu diingat bahwa harga lampu Philips 18 watt TL dan LED di setiap toko elektro kemungkinan bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.