Update Harga Cat Tembok Paling Murah (Kaleng & Kiloan)

Banyak keluarga yang mendekorasi rumah pada momen tertentu. Hal ini tentunya bertujuan untuk mempercantik dan mengganti suasana hunian. Biasanya, salah satu kegiatan yang sering dilakukan adalah mengecat ulang dinding rumah. Untungnya, saat ini telah banyak varian atau merk cat tembok yang dapat ditemukan di toko cat maupun toko bahan bangunan, bahkan beberapa di antaranya punya harga yang terbilang cukup murah.

Mengecat dinding (sumber: justdial.com)
Mengecat dinding (sumber: justdial.com)

Kegunaan Cat

Dinding, bersama dengan kolom dan balok, merupakan komponen konstruksi yang berfungsi saling memperkuat struktur atau kerangka bangunan di atas pondasi.[1] Berdasarkan bahan atau material, dinding atau tembok dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti dinding batu bata, dinding batako, dinding bata ringan, dinding kayu, dinding kaca, dan dinding lembaran. Dari sekian banyak material tersebut, dinding batu bata masih menjadi yang kerap digunakan masyarakat di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Untuk mempercantik tampilan dinding, diperlukan sebuah finishing atau penyempurnaan terakhir. Finishing ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, dan salah satu yang tetap dilakukan hingga detik ini adalah memakai cat. Cat adalah suatu cairan yang digunakan untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah (decorative), memperkuat (reinforcing), atau melindungi (protective) bahan tersebut.[2] Setelah digunakan pada permukaan dan mengering, cat akan membentuk lapisan tipis yang melekat kuat dan padat pada permukaan tersebut.

Ketika cat diaplikasikan ke permukaan, maka pada saat itu pula proses pengeringan dimulai. Bagian cair mulai menguap dan meninggalkan lapisan film. Lapisan film ini terdiri dari binder, bahan aditif, dan . Saat cat mengering, air, pigmen, binder, dan bahan aditif tidak mengikat secara kimiawi.[3] Namun, partikel-partikel bergerak merapat atau menyatu bersama-sama untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh menguapnya partikel air yang disebut dengan istilah coalescence atau penyatuan.

Kriteria Cat Murah

Apabila Anda membutuhkan cat untuk mewarnai dinding rumah Anda, sebenarnya sangat mudah. Pasalnya, sudah banyak merk cat yang dapat dipilih dan telah dijual bebas di . Anda bisa membelinya di toko khusus cat atau toko bahan bangunan. Bahkan, Anda pun bisa memesan cat secara online melalui berbagai situs e-commerce.

Bagi sebagian orang, karena keterbatasan anggaran, biasanya mereka memilih untuk membeli cat dengan harga murah. Mungkin sebagian dari Anda sedikit bingung, apa parameter cat tersebut dikatakan murah? Dilansir dari Okezone, cat yang murah biasanya memiliki persentase pelarut per volume yang lebih tinggi daripada cat yang lebih baik. Akibatnya, pigmen dan resin dapat berkurang hingga 50 persen dalam satu galon cat murah. Artinya, sebagian besar yang diaplikasikan dengan cat murah adalah pelarut (air atau mineral), yang menguap begitu saja, dan cuma meninggalkan sedikit pigmen.

Sementara itu, menurut Asian Paints, cat dengan kualitas premium, biasanya harganya juga lebih mahal, diklaim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik terhadap cuaca yang ekstrem, lumut dan jamur, asap karbondioksida, sinar ultraviolet, dan lainnya. Selain itu, cat yang berkualitas dapat direplikasi berulang-ulang secara konsisten dan akurat.

Meski demikian, tidak semua cat berharga murah dapat dikatakan berkualitas buruk. Demikian juga sebaliknya, cat dengan harga mahal belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Jadi, penting bagi Anda untuk mengetahui seputar cat yang akan Anda beli, seperti daya sebar cat dan kualitas cat tembok tersebut. Sejumlah brand pun menyiapkan garansi pemakaian bagi konsumen. Hal ini akan membuat Anda yakin bahwa produk tersebut berkualitas baik.

Ilustrasi: memilih cat tembok
Ilustrasi: memilih cat tembok

Yang perlu Anda ingat juga, kemasan memengaruhi harga sebuah produk cat. Cat dengan kemasan 1 kg, harganya tentu saja jauh lebih murah dibandingkan kemasan 5 kg atau 20 kg. Meski demikian, ada beberapa merk cat kemasan 1 kg yang dijual dengan harga setara cat kemasan 5 kg. Jadi, bisa dikatakan merk tersebut merupakan merk yang mahal. Lalu, apa saja cat yang saat ini punya harga murah?

Harga Cat Tembok Murah

Merk dan Kemasan Cat Harga
Cat Tembok Bumilex 1 kg Rp25.000
Cat Tembok Vinotex 1 kg Rp29.000
Cat Tembok T-Luc 1 kg Rp35.000
Cat Tembok Avitex Putih 1 kg Rp40.000
Cat Tembok Aries 5 kg Rp45.900
Cat Tembok Vinilex 5000 Kembang 1 kg Rp53.100
Cat Tembok V-Con 5 kg Rp60.500
Cat Tembok Innova 4,5 kg Rp65.000
Cat Tembok Mawar 5 kg Rp65.000
Cat Tembok Nippon Paint Q-Luc 5 kg Rp69.000
Cat Tembok V-Tex 4,5 kg Rp70.000
Cat Tembok Bumilex 5 kg Rp70.000
Cat Tembok Lisanlux 5 kg Rp77.000
Cat Tembok Nucolour 5 kg Rp88.000
Cat Tembok Aries Gold 5 kg Rp90.000
Cat Tembok Florance 5 kg Rp95.000
Cat Tembok Jasmine 4,5 kg Rp99.900
Cat Tembok Fabio Paint 5 kg Rp105.000

Daftar harga cat tembok di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga cat tembok murah di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, cat tembok Vinotex 1 kg yang semula dijual seharga Rp25 ribu, sekarang menjadi Rp29 ribu per kaleng. Begitu pula harga cat tembok Avitex putih 1 kg yang naik dari Rp35.880 menjadi Rp40 ribu per kaleng.

Ilustrasi: kuas & cat (sumber: talktotucker.com)
Ilustrasi: kuas & cat (sumber: talktotucker.com)

Apabila Anda merasa harga cat bermerk di atas masih relatif mahal, alternatif yang dapat dipilih adalah membeli cat kiloan. Cat tembok kiloan memang sering dijadikan pilihan para konsumen yang memiliki anggaran tidak banyak untuk mewarnai dinding rumahnya, baik untuk kebutuhan renovasi tempat tinggal maupun sedang mendirikan bangunan baru. Harga jual yang lebih terjangkau menjadi alasan utama konsumen memilih cat kiloan ini, selain kualitas produk yang tidak jarang mendekati kualitas cat-cat dengan merk ternama.

Sebenarnya, cat kiloan ini memiliki komposisi bahan yang hampir menyerupai cat merk-merk terkenal pada umumnya. Namun, karena diproduksi oleh perorangan atau unit usaha kecil tanpa menggunakan brand terdaftar dan tanpa mengejar kualitas yang benar-benar mumpuni, maka produk cat ini sering dijual dengan sistem curah per kilogram sesuai dengan permintaan konsumen. Lalu, berapa harga cat tembok kiloan saat ini?

Harga Cat Kiloan

Jenis Cat Kiloan Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Cat Tembok Kiloan Kualitas Standard Rp7.000 – Rp15.000 Rp8.500 – Rp18.000
Cat Tembok Kiloan Kualitas Super Rp20.000 – Rp48.000 Rp25.000 – Rp48.000
Cat Tembok Kiloan Water Shield Rp40.000 – Rp50.000 Rp47.000

Informasi harga cat tembok di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko material bangunan dan situs jual beli online. Berdasarkan tabel tersebut, harga cat tembok kiloan di pasaran saat ini cenderung naik. Untuk info lebih lanjut, tak ada salahnya Anda datang langsung ke toko bahan bangunan terdekat.

[Update: Ditta]

[1] Tanubrata, Maksum. 2015. Bahan-Bahan Konstruksi dalam Konteks Teknik Sipil. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 11(2): 76-168.

[2] Nurlela dan Risnawati. 2016. Pengaruh Resin terhadap Perubahan Warna pada Cat Tembok.  Jurnal Sains Natural Universitas Nusa Bangsa, Vol. 5(2): 132-136.

[3] Dwandaru, W. S. Brams, Z. M. Chrishar Putri, E. Yulianti. 2016. Pengaruh Variasi Konsentrasi Bahan Aditif Larutan Nanopartikel Perak terhadap Sifat Anti-Jamur Cat Dinding sebagai Aplikasi Teknologi Nano dalam Industri Cat Dinding. Inotek, Vol. 20(1).

Pos terkait