Update Harga Beras Rojolele 5kg, 10kg, 20kg

Sebagai salah satu negara dengan makanan pokok sebagian besar adalah nasi, memiliki beragam jenis beras yang beredar di pasaran, mulai dari beras putih, beras merah, hingga beras hitam. Untuk varian beras putih, ternyata jenisnya masih terbagi ke dalam beberapa varian lagi, termasuk Rojolele. Sudah hadir dalam kemasan 5 kg, 10 kg, atau 20 kg, harganya dapat dikatakan masih lumayan terjangkau.

Bacaan Lainnya
Beras rojolele (sumber: kompas)
Beras rojolele (sumber: kompas)

Sebagian besar dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan beras. Beras merupakan salah satu produk yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Bahkan, Papua yang awalnya mengonsumsi sagu sebagai makanan utama, saat ini telah terbiasa makan nasi dari beras dalam keseharian mereka, begitu juga di daerah lainnya.[1]

Ada banyak jenis beras yang telah beredar di pasaran, tergantung selera masyarakat untuk memilihnya. Untuk jenis yang beredar di Indonesia, kebanyakan orang memilih jenis beras wangi dan putih. Jenis beras ini tidak hanya memiliki aroma yang wangi dan warna yang putih, tetapi juga mudah dimasak dan tidak cepat basi. Selain itu, menurut review konsumen, beras seperti ini memiliki tekstur yang pulen dan lembut saat dimakan.

Baca juga  Update Harga Pupuk Phonska Non Subsidi (Phonska Plus) Semua Kemasan

Review Beras Rojolele

Beras putih pun masih dapat dibagi lagi menjadi banyak varian, termasuk beras Rojolele. Rojolele merupakan salah satu varietas unggul lokal yang dikembangkan di Indonesia. Varietas Rojolele telah ditetapkan sebagai varietas unggul karena disenangi dan konsumen, rasa nasi lebih enak/pulen, di samping itu harga berasnya hampir dua kali lipat lebih mahal dari harga IR 64.[2]

Rojolele sendiri merupakan kultivar padi lokal unggulan Indonesia yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Kultivar beras Rojolele diresmikan oleh Kementerian Pertanian Indonesia pada tahun 2003 silam dan dijadikan salah satu padi asal Indonesia yang dipakai sebagai induk persilangan program penelitian di International Rice Research Institute (IRRI).

Beras ini memiliki karakteristik tertentu yang membuatnya berbeda dari varietas beras lainnya. Ciri khas yang paling terlihat dari beras Rojolele adalah bentuknya yang bulat dan sebagian butirannya yang berwarna putih susu. Beras yang satu ini tidak memiliki aroma pandan seperti halnya beras jenis Pandan Wangi dan Setra Ramos. Meski demikian, beras yang banyak diproduksi di Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut memiliki tekstur yang pulen dan lembut.

Dengan keunggulannya itu, tidak mengherankan jika beras Rojolele menjadi varian yang cukup disukai oleh masyarakat Indonesia. Beras jenis Rojolele sendiri sudah dijual bebas di toko-toko, pasar, hingga pusat perbelanjaan besar seperti swalayan, supermarket, maupun minimarket. Biasanya dikemas dalam sak berbagai ukuran, yakni yang paling kecil 5 kg, 10 kg, hingga 20 kg, berikut informasi terbaru harga beras Rojolele saat ini.

Baca juga  Info Harga Kue Sus Kering Kiloan Bulat dan Panjang

Harga Beras Rojolele 5 Kg

Merk Beras Rojolele Harga
Beras Rojolele AAA 5 kg Rp60.000
Beras Rojolele Delanggu Asli Solo 5 kg Rp62.000
Beras Rojolele Citra 5 kg Rp63.000
Beras Rojolele Super Las 5 kg Rp75.000
Beras Rojolele Cianjur 5 kg Rp87.600

Daftar harga beras Rojolele kemasan 5 kg di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan makanan dan sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya memang terpantau naik. Harga beras Rojolele Cianjur 5 kg misalnya, sebelumnya Rp80 ribu dan sekarang menjadi Rp87 ribuan.

Beras Rojolele (sumber: biggo.id)
Beras Rojolele (sumber: biggo.id)

Harga Beras Rojolele 10 Kg

Merk Beras Rojolele Harga
Beras Rojolele Delanggu 10 kg Rp125.000
Beras Rojolele AA3 10 kg Rp125.000
Beras Rojolele Super Kepala 10 kg Rp130.000
Beras Rojolele Cap Bunga Beras 10 kg Rp140.000
Beras Rojolele Rice 10 kg Rp160.000

Harga beras Rojolele kemasan 10 kg di atas juga sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan makanan dan sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini pun terpantau naik. Harga beras Rojolele AA3 10 kg misalnya, awalnya Rp115 ribu dan sekarang menjadi Rp125 ribuan.

Baca juga  Manfaat & Update Harga Papain Bubuk (Enzim Getah Pepaya)

Harga Beras Rojolele 20 Kg

Merk Beras Rojolele Harga
Beras Rojolele Delanggu Asli Solo 20 kg Rp242.000
Beras Rojolele Weni Asih 20 kg Rp252.240
Beras Rojolele Super Slyp 20 kg Rp258.000
Beras Rojolele Super Cap Kepala 20 kg Rp268.000
Beras Rojolele Organik Cianjur Super 20 kg Rp270.000
Beras Rojolele Super AA3 20 kg Rp271.000

Informasi harga beras Rojolele kemasan 20 kg di atas juga sudah kami peroleh dari berbagai sumber, termasuk toko bahan makanan dan sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini pun terpantau naik. Harga beras Rojolele Delanggu Asli Solo 20 kg misalnya, semula Rp201 ribu dan sekarang menjadi Rp242 ribuan.

[Update: Panca]

[1] Sirman. 2017. Analisis Trend Harga Beras di Kota Makassar (Skripsi). Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar.

[2] Priadi, D., dkk. 2007. Padi Organik Versus Non Organik: Studi Fisiologi Benih Padi (Oryza sativa L.) Kultivar Lokal Rojolele. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia, Vol. 9(2): 130-138.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *