Update Harga Asparagus per Kg dan Kalengan di Pasaran

Asparagus dikenal sebagai sumber terbaik asam folat nabati, rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium. Asparagus juga sumber terbaik vitamin B6, kalsium, magnesium dan seng, serat protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, rutin, niacin, asam folat, besi, fosfor, kalium, tembaga, mangan, dan selenium. Di pasaran sendiri, harga asparagus per kg dibanderol mulai puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Asparagus (unsplash: Louis Hansel)
Asparagus (unsplash: Louis Hansel)

Setidaknya, ada sekitar 300 varietas asparagus di dunia ini, namun hanya 20 varietas saja yang kabarnya bisa dikonsumsi. Tanaman asparagus telah dibudidayakan lebih dari 2.000 tahun lalu dan digunakan sebagai dan obat-obatan oleh bangsa Yunani dan Roma. Cara pengolahan asparagus yang baik biasanya dengan cara direbus sekitar 3-4 menit.

Bacaan Lainnya

Di pasaran, ada 2 jenis rebung asparagus yang beredar, yakni yang warnanya putih dan yang berwarna hijau. Bagian yang dapat dikonsumsi adalah rebung muda. Selain direbus, asparagus juga bisa diolah dengan berbagai macam cara agar cita rasanya lebih lezat, misalnya saja dikukus sampai lembut, dipanggang di atas pemanggang luar ruangan, dipanggang di atas wajan, dipanggang di dalam oven dengan ditambahkan sedikit garam, hingga dimasak dengan cara ditumis beserta bumbu-bumbu seperti garam, merica, atau sebagainya. Berikut lengkap seputar kandungan nutrisi, manfaat, serta harga asparagus.

Kandungan Nutrisi Asparagus

Asparagus kaya akan nutrisi karbohidrat, lemak, protein dan vitamin, serta mineral yang terkandung antara lain kalsium, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, dan seng. Sedangkan senyawa lain yang dimiliki tanaman ini di antaranya karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata, polifenol yang memiliki banyak manfaat di antaranya antioksidan, antiradang, antikanker, dan melancarkan peredaran darah. Senyawa polifenol yang terdapat pada tanaman asparagus di antaranya kaemferol glikosida, asam kafeat, asam klorogenat, asam sinamat, dan rutin. Asparagus juga mengandung steroidal saponin yang memberikan rasa pahit pada batang muda tanaman ini, serta antosianin yang juga bermanfaat antioksidan.[1]

Baca juga  Info Terbaru Harga Susu Kental Manis Indomilk di Indomaret dan Alfamart

Manfaat Asparagus

  • Kaya akan serat alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan.
  • Mengandung asam folat yang berguna bagi ibu hamil dan janin untuk melindungi cacat tabung saraf pada bayi.
  • Melancarkan produksi air susu ibu (ASI) pada ibu yang menyusui.
  • Memperbaiki sistem kardiovaskuler dengan memperkuat fungsi hati, memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kapiler tubuh.
  • Mencegah nyeri selama menstruasi.
  • Mengandung antioksidan yang bermanfaat mencegah tanda-tanda penuaan.
  • Menaikkan libido atau gairah seksual.
  • Membantu pengobatan HIV.
  • Membantu mencegah multiple sclerosis.
  • Mencegah kudis.
  • Mencegah katarak.
  • Menutrisi rambut untuk mencegah kerontokan.
  • Menangkal kanker, khususnya kanker paru-paru.
  • Mencegah radang sendi, baik untuk arthritis, melindungi pecahnya pembuluh darah, dan memperbaiki kinerja ginjal.
Asparagus (pexels: Anna Tis)
Asparagus (pexels: Anna Tis)

Selain bermanfaat untuk tubuh, asparagus ternyata memiliki efek samping tersendiri yang perlu diperhatikan. Berikut efek samping ringan yang mungkin terjadi bagi Anda setelah mengonsumsi asparagus.

Efek Samping Asparagus

  • Pada orang yang menderita diabetes atau kekurangan gula darah, kandungan vitamin B6 dalam asparagus berpotensi membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi tidak stabil.
  • Mengakibatkan perut bergas dan kembung.
  • Air seni mengeluarkan bau yang menyengat apabila makan asparagus secara berlebihan.

Dalam beberapa kasus, seseorang mungkin memiliki alergi terhadap kandungan yang ada dalam asparagus. Gejala alergi tersebut berupa hidung berair, gatal-gatal, sesak napas, dan bibir membengkak. Apabila Anda alergi terhadap bawang merah atau bawang putih, maka kemungkinan Anda juga alergi terhadap asparagus.

Baca juga  Update Harga Sleeping Bag Rei

Harga Asparagus per Kg

Banyak orang suka mengonsumsi asparagus, membuat sayuran hijau ini laku keras di pasaran. Harga asparagus di pasaran sendiri berkisar antara Rp125 ribu hingga Rp177 ribu per kg pada 2021. Harga tersebut terbilang naik dari penawaran 2020 yang dibanderol Rp110 ribu hingga Rp160 ribu per kg. Kemudian, pada 2022 harga asparagus per kilo dipatok sekitar Rp100 ribu sampai Rp182 ribu. Harga yang mahal berkaitan dengan kandungan nutrisi serta cara membudidayakan asparagus yang terbilang sedikit sulit.

Di Indonesia sendiri, masih jarang ditemui petani asparagus yang membudidayakan secara masal. Meskipun begitu, Anda masih bisa menjumpai asparagus di pusat perbelanjaan atau pasar modern. Harga tersebut tentunya dapat berubah sewaktu-waktu. Selain dijual segar, Anda dapat membeli asparagus yang dikemas praktis dalam kaleng. Lalu, berapa harga asparagus kalengan saat ini? Berikut tabel perbandingan harga asparagus kalengan pada 20 dan 2022.

Daftar Harga Asparagus Kalengan

Ilustrasi: produk rumahan asparagus kalengan (sumber: globalnews.ca)
Ilustrasi: produk rumahan asparagus kalengan (sumber: globalnews.ca)
Merek Asparagus Kaleng Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Red Boat Brand Asparagus Cut tips & cut 430 gr Rp20.000 Rp15.000
Golden Cut Asparagus 430 gr Rp25.300 Rp13.900
King’s Asparagus Spears 430 gr Rp25.000 Rp15.000
TTS Cuts canned Asparagus 430 gram Rp25.800 – Rp32.200 Rp28.900
Asparagus Kaleng Herring Brand 430 gr Rp31.400 Rp31.400
Golden Spears Asparagus 430 gr Rp35.200 Rp30.000
Narcissus Brand Cut Asparagus 430 gram Rp37.100 Rp25.500
Mamata Brand Cuts Asparagus 430 gram Rp39.800 Rp19.888
TTS Spears Asparagus 430 gr Rp46.600 – Rp48.000 Rp25.600
MEIKUIHWA Spears Asparagus 430 gr Rp59.000 Rp13.800
Hosen Asparagus in Brine 430 gram Rp64.100 Rp64.100

Jika dibandingkan dengan penawaran 2020, asparagus kaleng mengalami perubahan harga pada 2021. Misalnya, asparagus kaleng merk Herring Brand 430 gr yang semula dijual seharga Rp18.400, naik menjadi Rp31.400 pada 2021. Sedangkan untuk merek lainnya terpantau tidak mengalami perubahan harga. Kemudian, pada 2022 harga asparagus kalengan tampaknya banyak yang turun harga dari tahun lalu.

Baca juga  Update Harga Kue Semprit Aneka Varian

Informasi daftar harga asparagus per kg dan kalengan dalam berbagai merek di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga asparagus per kg dan kalengan bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga asparagus per kg dan kalengan yang berlaku di setiap tempat bisa berbeda-beda, tergantung promo yang berlaku.

Apabila Anda sedang membutuhkan sayur asparagus, Anda bisa mencari di pasar-pasar tradisional atau supermarket besar. Namun, harga asparagus per kg di swalayan biasanya relatif lebih mahal, bisa mencapai lebih dari Rp160 ribu per 1 kilo-nya. Jika membeli 1 kilogram Anda rasa terlalu banyak dan mahal, tak ada salahnya membeli dalam kemasan pack. Sebab, kini sudah banyak juga supermarket yang menjual asparagus segar dalam kemasan pack kecil yang harganya pun relatif lebih terjangkau. Ada banyak tempat jual asparagus, mulai dari Superindo, Hypermart, Transmart Carrefour, Ranch Market, dan sebagainya.

Dalam memilih asparagus sebaiknya dipilih yang batangnya masih lunak dengan ujungnya yang masih kuncup, hijau, sehat (tidak berjamur), lurus, dan bersih. Sebaiknya asparagus ini segera digunakan karena cepat mengeras. Agar lebih awet, asparagus dapat diletakkan dalam wadah berisi air dengan posisi berdiri, kemudian ditutup plastik dan dimasukkan dalam lemari pendingin. Dengan cara ini asparagus bisa tahan tiga hingga lima hari.[2]

[1] Ulung, G dkk. 2014. Sehat Alami dengan Herbal: 250 Tanaman Berkhasiat Obat. Intarina H, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 38.

[2] Murdiati, A &Amaliah. 2013. Panduan Penyiapan Pangan Sehat Untuk Semua. Jakarta: Kencana, hlm 22.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.