Update Info Cara Cek Tarif Ongkos Kirim Melalui PCP Express

Saat ini, barang di Indonesia sudah semakin populer dan beragam. Sebut saja JNE, SiCepat, JET, J&T, TIKI, POS, Elteha, melalui , dan lain-lain. Dengan semakin beragamnya jasa pengiriman yang ada, masyarakat pun memiliki keleluasaan dalam memilih jasa untuk mengirimkan barang ke berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu yang tersedia di Indonesia adalah PCP Express.

Ilustrasi: Pegawai Logistik (credit: act-logistic)

Ilustrasi: Pegawai Logistik (credit: act-logistic)

PCP Express adalah perusahaan jasa pengiriman ekspres yang sedang berkembang, melayani kiriman door-to-door baik untuk pelanggan korporat maupun pelanggan individual. Perusahaan tersebut adalah merek jasa . Yapindo Transportama yang berdiri sejak tahun 1999.

Pada mulanya bernama Priority, Cargo & Package (PCP). Berawal dari pelanggan di bidang perminyakan, perusahaan kemudian mengembangkan layanan ke berbagai industri lainnya seperti konstruksi & rekayasa, farmasi, jasa keuangan dan e-commerce. Di tahun 2014, diperkenalkan merek jasa PCP Express sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk masuk ke pasar ritel.

PCP Express menyediakan berbagai layanan untuk pengiriman cepat dan biasa, baik melalui udara, darat, laut maupun kombinasi dari berbagai moda transportasi, termasuk menyediakan jasa pergudangan jika dibutuhkan. Selama lebih dari 15 tahun, PCP Express mendapatkan kepercayaan dari pelanggan karena dinilai pihak pengiriman ini mampu memahami sepenuhnya kebutuhan pengiriman pelanggan.

Jenis Layanan PCP Express

  • HIT (Hari Ini Tiba). Pengiriman sampai di hari yang sama atau kurang dari 24 jam, untuk tujuan Ibu Kota Provinsi. Jenis layanan ini terbatas untuk kuota utama tertentu, termasuk premi asuransi sampai dengan nilai pertanggungan Rp8 juta, dan jaminan uang kembali.
  • JET (Jaminan Esok Tiba). Pengiriman sampai di hari berikutnya (1 hari kerja berikutnya), untuk tujuan Ibu Kota Provinsi atau khusus kota utama seluruh Indonesia. Layanan ini termasuk premi asuransi sampai dengan nilai pertanggungan Rp2 juta dan jaminan uang kembali.
  • TREX (Titipan Regular Express). Pengiriman dengan moda pengiriman utama melalui udara dengan estimasi waktu sesuai tujuan pengiriman. Layanan TREX menjangkau lebih dari 5.500 kecamatan di seluruh Indonesia.
  • GODA (Kargo Darat). Pengiriman dengan moda pengiriman utama melalui darat, dalam jumlah besar baik regional (dalam pulau) maupun antar pulau di Indonesia.

Untuk mengetahui berapa besar ongkos kirim melalui PCP Express, Anda dapat melihat pada tabel di bawah ini.

Tarif PCP Express

Armada kurir PCP Express (sumber: infobrand.id)

Armada kurir PCP Express (sumber: infobrand.id)

 

Baca juga  Update Tarif Baru Layanan ESL Express ke Berbagai Kota di Indonesia
Jenis LayananTarif (Rp)Keterangan
HIT411.000Hari Ini Tiba
JET31.500Jaminan Esok Tiba
TREX16.500Titipan Reguler Express
GODA45.000Kargo Darat

Keterangan:
Ongkos Kirim melalui PCP Express (misal: kota asal Jakarta-tujuan Surabaya dengan berat 1kg), Jenis Barang: Paket/Dokumen

Tarif di atas dimisalkan yang ada di . Apabila Anda ingin mengirimkan barang/paket dari Pulau Jawa ke luar pulau, tarifnya adalah:

Ongkos Kirim melalui PCP Express (misal: kota asal Jakarta-tujuan Pontianak dengan berat 1kg), Jenis Barang: Paket/Dokumen

Jenis LayananTarif (Rp)Keterangan
HIT564.000Hari Ini Tiba
JET72.500Jaminan Esok Tiba
TREX44.500Titipan Reguler Express
GODA575.000Kargo Darat

Apabila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, jenis layanan pengiriman PCP Express mengalami perubahan pada 2020. Sebelumnya PCP Express menamai layanan mereka dengan sebutan ONS (Overnight Service), NFS (Night Flight Service), Kargo Darat, dan Titipan Reguler Express. Namun, kini nama layanannya berubah menjadi HIT, JET, TREX, dan GODA. Adapun kargo darat untuk rute Jakarta-Surabaya yang sebelumnya dipatok Rp55 ribu, kini turun jadi Rp45 ribu. Sedangkan layanan TREX naik dari Rp15.000 jadi Rp16.500 per 1 kilogram (kg).

Bagi Anda yang mempunyai tujuan di luar dua contoh di atas, dapat melakukan pengecekan ongkos kirim sendiri (via mobile) melalui website ww.pcpexpress.com/mobile. Di laman tersebut nanti akan tertera menu Lacak Kiriman Anda (mengecek kiriman Anda sudah sampai mana dengan memasukkan nomor resi yang tertera di lembar pengiriman), dan Cek Ongkir.

Untuk mencari tahu ongkos kirim, Anda dapat memasukkan kota asal (pengirim) dan kota tujuan (penerima) yang disertai juga dengan kecamatan, tetapi jika Anda tidak mengisinya juga tidak masalah.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengisi kisaran berat kiriman di kolom ‘berat’ (misalnya 1 kg). Setelah semua terisi, maka klik ‘Hitung’. Setelah itu akan muncul tabel yang berisikan ongkos kirim, lengkap dengan berbagai jenis layanan dan estimasi hari barang akan sampai di tempat tujuan.

Ilustrasi: Layanan PCP Express (credit: franchiseglobal)

Ilustrasi: Layanan PCP Express (credit: franchiseglobal)

Alur Pengiriman di PCP Express

  1. Check Point 1: Pick-up Shipment
  2. Check Point 2: Delivery Preparation
  3. Check Point 3: Manifest Process
  4. Check Point 4: Goods Onboard
  5. Check Point 5: Accept Forward
  6. Check Point 6: Accept At Destination City
  7. Check Point 7: Delivery to Customer
  8. Check Point 8: Accept to Customer
  9. Check Point 9: Proof of Delivery (POD) Return
  10. Check Point 10: Proof of Delivery (POD) Verification

PCP Express menyediakan layanan Customer Care. Dengan dukungan sistem pelacakan online, petugas layanan selalu siap untuk menjawab pertanyaan mengenai status kiriman pelanggan. Perusahaan tersebut memiliki komitmen untuk memenuhi standar layanan kiriman yang tinggi sehingga memungkinkan pelanggan untuk melacak dan menelusuri kiriman secara cepat dan efisien.

Perusahaan jasa pengiriman ini telah memiliki lebih dari 200 armada pengiriman, lebih dari 650 pekerja, dipercaya oleh lebih dari 500 perusahaan nasional maupun multinasional, lebih dari 25 ton pengiriman setiap harinya, dan menyediakan sistem ‘real-time online’. Layanan website resminya juga dilengkapi dengan aplikasi paket antar E Sapa. 

Kantor pusat PCP Express terletak di Jakarta Utara, tepatnya Jl. Agung Perkasa 8 Blok K1, Kav.34.44, Sunter. Sementara itu, kantor cabangnya sejumlah 188 yang sudah tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Banda Aceh, Medan, Pontianak, Banjarmasin, Jogja, Malang, sampai Jayapura. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar jasa pengiriman di PCP Express, dapat mengirimkan pertanyaan melalui email di [email protected]

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terbaru Tarif (Ongkir) Paket Rosalia Express
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.
  1. author

    Green world indonesia6 tahun ago

    Gan tarif pcp ane lacak ga nemu gan..

    Reply
  2. author

    Green world indonesia6 tahun ago

    Mungkin ada petunjuk gan? Ya.

    Reply
  3. author

    Livia ayu Lestari5 tahun ago

    sekarang bisa cek di //www.pcpexpress.com/ST_PCPExpress.apk di aplikasi hp kalian sudah bisa cek ongkir dan arwibil/resi

    Reply

Leave a reply "Update Info Cara Cek Tarif Ongkos Kirim Melalui PCP Express"