Update Ongkos Kirim PCP Express

Jika menyebutkan jasa kurir atau perusahaan ekspedisi, nama-nama populer yang sering disebut adalah NJE, TIKI, PT Pos Indonesia, J&T, SiCepat, hingga Xpress. Selain nama-nama tersebut, sebenarnya masih ada banyak layanan serupa yang juga dapat Anda manfaatkan, salah satunya PCP Express. Menawarkan sejumlah keunggulan, seperti layanan ganti rugi dan jaminan uang kembali, tarif atau ongkos kirim melalui PCP Express tergantung tujuan dan layanan yang dipilih.

Armada kurir PCP Express (sumber: infobrand.id)
Armada kurir PCP Express (sumber: infobrand.id)

Saat ini, pamor perusahaan ekspedisi memang sedang naik, terlebih saat Indonesia dan juga dunia dilanda wabah Covid-19 yang membuat banyak orang disarankan untuk berdiam diri di rumah. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, ekspedisi juga sangat penting untuk kebutuhan bisnis karena memang peran yang penting dalam rantai distribusi.[1]

Bacaan Lainnya

jasa kurir yang besar dan terus berkembang akhirnya membuat banyak pelaku usaha yang tertarik masuk dalam bisnis tersebut. Menurut sebuah riset pada tahun 2014 lalu, ada banyak perusahaan baru yang terjun dalam bisnis ekspedisi. Untuk jasa kurir yang dikirim lewat laut misalnya, ada Damco Indonesia, Meratus Line, NYK Line Indonesia, OOCL, dan lainnya, sedangkan pelaku pasar jasa kurir kategori warehousing dan distribution melibatkan Ceva Logistics, DHL, Cardig Express Nusantara, FedEx, JNE TIKI, Pandu Siwi, dan lainnya.[2]

Profil PCP Express

Selain nama-nama yang telah disebutkan di atas, ada pula PCP Express, sebuah perusahaan jasa pengiriman ekspres yang sedang berkembang, melayani kiriman door-to-door, baik untuk pelanggan korporat maupun pelanggan individual. Perusahaan tersebut adalah merk jasa PT Yapindo Transportama yang sudah berdiri sejak tahun 1999 silam.

Layanan PCP Express berawal dari pelanggan di bidang perminyakan. Perusahaan kemudian mengembangkan layanan ke berbagai industri lainnya seperti konstruksi & rekayasa, farmasi, jasa keuangan, dan e-commerce. Pada tahun 2014, diperkenalkan merk jasa PCP Express sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk masuk ke pasar ritel.

PCP Express menyediakan berbagai layanan untuk pengiriman cepat dan biasa, baik melalui udara, darat, laut, maupun kombinasi dari berbagai moda transportasi, termasuk menyediakan jasa pergudangan jika dibutuhkan. Selama lebih dari 20 tahun, PCP Express mendapatkan kepercayaan dari pelanggan karena jasa pengiriman ini dinilai mampu memahami sepenuhnya kebutuhan pengiriman pelanggan.

Layanan PCP Express

  • HIT (Hari Ini Tiba). Pengiriman sampai di hari yang sama atau kurang dari 24 jam, untuk tujuan ibu provinsi Jenis layanan ini terbatas untuk utama tertentu, termasuk premi asuransi sampai dengan nilai pertanggungan Rp8 juta, dan jaminan uang kembali.
  • JET (Jaminan Esok Tiba). Pengiriman sampai di hari berikutnya (1 hari kerja berikutnya), untuk tujuan ibu kota provinsi atau khusus kota utama seluruh Indonesia. Layanan ini termasuk premi asuransi sampai dengan nilai pertanggungan Rp2 juta dan jaminan uang kembali.
  • TREX (Titipan Regular Express). Pengiriman dengan moda pengiriman utama melalui udara dengan estimasi waktu sesuai tujuan pengiriman. Layanan TREX menjangkau lebih dari 5.500 kecamatan di seluruh Indonesia.
  • GODA (Kargo Darat). Pengiriman dengan moda pengiriman utama melalui darat, dalam jumlah besar baik regional (dalam pulau) maupun antar pulau di Indonesia.

Mengenai tarif pengiriman, besarannya tentu saja bervariasi. Seperti jasa ekspedisi lainnya, ongkos kirim PCP Express juga ditentukan berdasarkan alamat asal, alamat tujuan, dan tipe layanan yang digunakan. Berikut kami sajikan informasi terbaru besaran biaya kirim PCP Express dari Jakarta ke sejumlah kota di Indonesia menggunakan layanan TREX.

Kurir PCP Express (sumber: franchiseglobal.com)
Kurir PCP Express (sumber: franchiseglobal.com)

Tarif PCP Express (TREX)

Tujuan Tarif per Kg
Banda Aceh Rp67.500
Bandar Lampung Rp28.500
Bengkulu Rp42.000
Jambi Rp42.000
Medan Rp51.500
Padang Rp45.500
Pangkal Pinang Rp42.000
Palembang Rp33.000
Pekanbaru Rp49.000
Tanjung Pinang Rp49.500
Bandung Rp14.000
Semarang Rp20.500
Surabaya Rp22.500
Yogyakarta Rp22.500
Denpasar Rp42.000
Kupang Rp90.000
Mataram Rp50.500
Banjarmasin Rp59.500
Palangkaraya Rp49.500
Pontianak Rp54.000
Samarinda Rp68.000
Gorontalo Rp97.500
Kendari Rp90.000
Makassar Rp65.000
Mamuju Rp85.500
Manado Rp92.000
Palu Rp90.000
Ambon Rp92.500
Jayapura Rp138.000
Manokwari Rp154.500

Informasi ongkos kirim PCP Express di atas kami rangkum dari situs resmi perusahaan ekspedisi yang bersangkutan. Tabel sengaja hanya mencantumkan layanan TREX karena layanan ini melayani hampir seluruh tujuan. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, besaran ongkos kirim PCP Express saat ini terpantau mengalami kenaikan. Biaya pengiriman paket 1 kg dari Jakarta ke Ambon misalnya, semula Rp67 ribu dan sekarang menjadi Rp92.500, sedangkan tarif kirim paket 1 kg dari Jakarta ke Bandung naik dari Rp8.000 menjadi Rp14.000 menggunakan layanan TREX.

Apabila Anda membutuhkan informasi biaya kirim ke kota lain, Anda dapat mengunjungi situs resmi PCP Express di alamat https://pcpexpress.com/cek_ongkir.php. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kota asal, kota tujuan, serta berat paket yang akan dikirim. Setelah semua data terisi, tekan ‘Cek Harga’ dan daftar ongkos kirim akan langsung tertera pada layar.

[1] Samapaty, Natasya Y.. 2015. Strategi Pengelolaan dan Pengembangan Usaha Ekspedisi Barang Antar Pulau pada PT. Bumi Indah Lines di Surabaya. Agora, Vol. 3(2): 578-587.

[2] Prasetyo, Felicia Audrey. 2017. Analisis Service Quality Antara JNE dan J&T Ekpress. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol. 4(2).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 Komentar