Jadwal Pendaftaran dan Biaya SMA Kolese De Britto Yogyakarta TA 2024/2025

SMA Kolese De Britto (JB) termasuk salah satu sekolah menengah atas swasta yang populer di . Meskipun basisnya Katolik, sekolah satu ini mengedepankan prinsip keberagaman dan menerima siswa dari agama lain seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, hingga Kong Hu Cu. Merupakan salah satu SMA favorit di Yogyakarta versi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), tidak mengherankan jika biaya masuk sekolah ini bisa dikatakan cukup lumayan.

SMA Kolese De Britto Yogyakarta - www.goethe.de
SMA Kolese De Britto Yogyakarta – www.goethe.de

Hal paling menarik dari De Britto adalah prinsip ‘kebebasan’ yang dianut, mengizinkan para siswa (yang seluruhnya laki-laki) untuk berambut gondrong. Selain itu, sekolah dengan akreditasi A yang dibangun sejak tahun 1948 silam ini juga mengizinkan muridnya berpakaian bebas setiap hari Selasa-Sabtu. Fasilitasnya pun cukup lengkap. Selama bersekolah di lembaga ini, para siswa dapat menikmati sarana prasarana berupa perpustakaan, laboratorium, gazebo, 25 ruang kelas yang setiap kelas dapat menampung maksimal 38 siswa, pembinaan, olahraga, parkir sepeda motor, ruang UKS, kantor, dan penyediaan di sejumlah tempat strategis untuk siswa.

Bacaan Lainnya

Biaya SMA Kolese De Britto

SMA Kolese De Britto tidak mematok secara pasti berapa besaran biaya sekolah untuk setiap siswa. Karena itu, apabila Anda mencari informasi tentang biaya masuk di website resminya, mungkin tidak akan menemukan. Pasalnya, SMA Kolese De Britto menerapkan sistem subsidi silang. Orang tua atau wali yang mampu secara ekonomi, diminta untuk membayar lebih agar dapat membantu menutupi kekurangan biaya operasional dari siswa-siswa yang kurang mampu.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, pihak SMA Kolese De Britto biasanya menyediakan formulir usulan kesanggupan pembiayaan pendidikan (SPP dan DPP) bagi calon siswa baru. Sebagai referensi, pada tahun 2013/2014 lalu, rata-rata SPP per siswa dipatok sekitar Rp750 ribu per bulan. Namun, orang tua dapat mengusulkan kisaran SPP yang sanggup dibayar antara Rp300 hingga Rp500 ribu per bulan, Rp500 sampai Rp800 ribu per bulan, Rp800 ribu hingga Rp1 juta per bulan, Rp1 juta juga sampai Rp1,5 juta per bulan, atau lebih dari Rp1,5 juta per bulan. Nantinya, SPP akan dinaikkan sebesar 10% setiap tahun dari SPP sebelumnya, kecuali bagi siswa yang tidak naik kelas.

Sementara itu, rata-rata DPP pada tahun ajaran 2012/2013 lalu adalah Rp15 juta dan orang tua dapat mengajukan usulan kesanggupan membiayai operasional pendidikan melalui DPP dengan kisaran antara Rp5 juta sampai Rp10 juta, Rp10 juta sampai 15 juta, Rp15 juta sampai Rp20 juta, Rp20 juta sampai Rp30 juta, atau lebih dari Rp30 juta. Pilihan ini sengaja diberikan sebagai sebuah usulan dari pihak orang tua kepada SMA Kolese De Britto dan belum merupakan putusan. Jadi, keputusan pembiayaan berdasarkan hasil penyamaan persepsi dengan tim pewawancara Yayasan De Britto, serta dituangkan dalam formulir tersendiri.

SMA Kolese De Britto Yogyakarta - www.zetizen.com
SMA Kolese De Britto Yogyakarta – www.zetizen.com

Biaya SMA Kolese De Britto TA 2024/2025 (Jalur Beasiswa)

Berdasarkan pengumuman terbaru di situs resminya, untuk siswa Jalur Beasiswa tahun akademik 2024/2025, akan dibebaskan dari DPP dan SPP selama menempuh pendidikan di SMA Kolese De Britto. Meski demikian, siswa yang diterima melalui jalur ini diwajibkan membayar biaya daftar ulang sebesar Rp1.000.000, dibayarkan sekali selama mengikuti studi.

Cara Pendaftaran SMA Kolese De Britto TA 2024/2025 (Jalur Reguler)

  • Calon siswa mengisi data pribadi dan alamat email yang dipakai untuk mendaftar di situs resmi sekolah.
  • Setelah itu, calon siswa akan mendapatkan ID nomor virtual account dan jumlah yang harus dibayarkan melalui pesan singkat WA dan email. Jumlah nominal yang harus dibayarkan sebesar Rp250.000.
  • Calon siswa yang sudah mendaftar dan membayar, akan diverifikasi oleh petugas dan selanjutnya akan menerima password di alamat email dan WA yang didaftarkan.
  • Username (email yang didaftarkan) dan password dipakai untuk login pengisian formulir pendaftaran.
  • Calon siswa dimohon mengisi formulir pendaftaran secara lengkap.
  • Calon siswa diminta mengunggah syarat pendaftaran seperti pasfoto calon siswa, rapor SMP semester I sampai IV, sertifikat atau piagam penghargaan akademik atau non akademik (jika memiliki), Kartu Keluarga (C1), Akta Kelahiran, surat baptis (bagi yang beragama Katolik atau Kristen).
  • Calon siswa wajib mengikuti dan lulus tes masuk.

    Ruangan SMA Kolese De Britto Yogyakarta - (@Antonius Istiono)
    Ruangan SMA Kolese De Britto Yogyakarta – (@Antonius Istiono)

Cara Pendaftaran SMA Kolese De Britto TA 2024/2025 (Jalur Prestasi)

  • Calon siswa mengisi data pribadi dan alamat email yang dipakai untuk mendaftar di situs resmi sekolah.
  • Setelah itu, calon siswa akan mendapatkan ID nomor virtual account dan jumlah nominal yang harus dibayarkan melalui pesan singkat WA dan email. Jumlah nominal yang harus dibayarkan sebesar Rp250.000.
  • Calon siswa yang sudah mendaftar dan membayar, akan diverifikasi oleh petugas dan selanjutnya akan menerima password di alamat email dan WA yang didaftarkan.
  • Username (email yang didaftarkan) dan password dipakai untuk login pengisian formulir pendaftaran.
  • Calon siswa dimohon mengisi formulir pendaftaran secara lengkap.
  • Calon siswa diminta mengunggah syarat pendaftaran seperti pasfoto calon siswa, rapor SMP semester I sampai IV, sertifikat atau piagam penghargaan akademik atau non akademik, Kartu Keluarga (C1), Akta Kelahiran, surat baptis (bagi yang beragama Katolik atau Kristen).
  • Calon siswa wajib mengikuti dan lulus tes masuk.

    SMA Kolese De Britto Yogyakarta - www.goethe.de
    SMA Kolese De Britto Yogyakarta – www.goethe.de

Jadwal Pendaftaran SMA Kolese De Britto TA 2024/2025

KegiatanJadwal
Pendaftaran Jalur Reguler & Prestasi4 September – 6 November 2023
Psikotes dan Tes Kognitif Jalur Reguler & Prestasi16 November 2023
Tes Kebugaran Jalur Reguler & Prestasi17 November 2023
Wawancara Jalur Reguler & Prestasi17 & 18 November 2023
Pengumuman Hasil SeleksiDesember 2023

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut seputar pendaftaran siswa baru di SMA Kolese De Britto bisa Anda peroleh dengan datang langsung ke sekolah di Jalan Laksda Adisucipto No. 161, Yogyakarta, Indonesia, 55281. Selain itu, Anda bisa pula menghubungi nomor telepon (0274) 554248 dan nomor WA 0877 1615 5559, atau email di alamat [email protected].

Siswa SMA Kolese De Britto Yogyakarta - jogja.suara.com
Siswa SMA Kolese De Britto Yogyakarta – jogja.suara.com

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *