Info Biaya & Prosedur Pembuatan Visa Korea Selatan

No comment 1966 views

Korea Selatan memang memiliki ragam budaya yang unik serta mempunyai kuliner yang sangat menggugah selera. Negara yang termasuk di Asia ini menjadi salah satu tujuan untuk berlibur.

Visa Korea Selatan - liburmulu.com

Korea Selatan - liburmulu.com

Selain negara-negara anggota ASEAN, ternyata Korea Selatan juga menerapkan bebas visa untuk sejumlah negara yang hendak transit atau berkunjung ke Korea. Lima negara pemegang visa (termasuk re-entry permit) yang transit lewat Korea Selatan seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia diizinkan untuk tinggal selama 30 hari atau 1 bulan di Korea.

Awalnya negara Jepang termasuk dalam peraturan negara bebas visa (transit) ke Korea. Namun karena terjadi banyak penyalahgunaan bebas visa seperti peningkatan imigran gelap dan pelanggaran izin tinggal, maka per 1 Mei 2016 negara Jepang sudah tak termasuk dalam negara bebas visa.

Sayangnya Indonesia juga sampai saat ini masih belum termasuk negara bebas visa untuk pergi ke Korea. Oleh karena itu, para warga negara Indonesia (WNI) yang hendak ke Korea perlu mengurus visa terlebih dahulu dengan rincian biaya pengurusan sebagai berikut:

Baca juga  Info Terbaru Tarif/Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri via EMS Pos Indonesia
Jenis Visa Biaya Pembuatan
Single visa

(Kunjungan di bawah 90 hari)

Rp 560.000
Single visa

(Kunjungan di atas 90 hari)

Rp 840.000
Double visa

(2 kali masuk dan berlaku untuk 6 bulan)

Rp 980.000
Multiple visa

(Berlaku untuk 5 tahun)

Rp 1.260.000

*Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

Untuk mengurus pembuatan visa Korea Selatan, Anda perlu mengisi secara lengkap aplikasi permohonan visa, kemudian menempel foto berwarna berukuran 3,5 x 4,5 cm sebanyak 1 lembar pada aplikasi, serta menyerahkan paspor asli serta fotokopi paspor pada bagian halaman identitas dan visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi.

Tak seperti visa ke negara-negara Eropa atau Amerika, lama pembuatan visa ke Korea Selatan relatif lebih cepat yakni hanya sekitar 4 hari kerja (terhitung setelah hari pengajuan). Sedangkan khusus untuk Multiple Visa, Anda bisa mengambil visa Anda sehari setelah pengajuan. Sangat cepat bukan? Namun jika kebetulan bertepatan dengan Hari Libur Nasional Indonesia dan Korea, maka pengambilan visa dapat dilakukan keesokan harinya.

Jadwal pengajuan aplikasi visa dapat dilakukan pada hari kerja di Kedubes Korea pada jam 09.00 hingga 11.30. Sedangkan untuk pengambilan visa akan dilayani pada pukul 13.30 sampai pukul 16.30. Khusus untuk Group Visa dan Travel Agent, pendaftaran aplikasi visa dilayani lebih awal, yaitu jam 08.30 sampai 10.00. Jika aplikasi visa dilakukan untuk lebih dari 10 orang, maka pengajuannya dilakukan melalui loket khusus Travel Agent dan pihak agen travel wajib mengisi lembar pendaftaran yang sudah disediakan di loket khusus tersebut.

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut perihal pengurusan visa, Anda dapat menghubungi Kantor Kedubes Korea di:

Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia

: Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 57, Jakarta 12950
Telp: (021) 29672555

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Biaya & Prosedur Pembuatan Visa Korea Selatan"