Update Biaya Kuliah di STIE UniSadhuguna Business School (UBS)

UniSadhuguna Business School (UBS) merupakan perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan Yayasan Persaudaraan Bangbayang’66 (YPB’66) dan Lembaga Pendidikan UniSadhuguna tahun 2007. Nama UniSadhuguna diambil dari Bahasa Sansekerta yang artinya Sarjana Mulia. UBS memberikan mutu kualitas pendidikan terbaik yang disiapkan untuk menjawab tuntutan industri dan dunia bisnis yang semakin kompetitif, namun dengan biaya kuliah yang relatif terjangkau.

UniSadhuguna Business School memiliki komitmen kuat dalam memberikan kualitas proses pembelajaran akademis dan non akademis yang terintegrasi dalam rangka menghasilkan A World Class Professional sesuai dengan semboyan Lembaga Pendidikan UniSadhuguna yaitu Developing Quality Education in Indonesia.

Kampus STIE UniSadhuguna Business School/UBS (sumber: ubs-usg.ac.id)

Kampus STIE UniSadhuguna Business School/UBS (sumber: ubs-usg.ac.id)

UBS (UniSadhuguna Business School) merupakan satu-satunya sekolah swasta di Indonesia yang kurikulumnya dikelola Lembaga Manajemen Fakultas Universitas Indonesia (LM-FEUI). Selain itu, UBS juga menawarkan program kuliah untuk kelas reguler, kelas malam, dan program ekstensi. Ada beberapa jurusan yang ditawarkan oleh UniSadhuguna Business School, yaitu S1 Business Economics, S1 Business Management, D3 Digital Marketing, dan S1 Marketing Management, dengan biaya perkuliahan yang cukup terjangkau.

Biaya masuk UniSadhuguna Business School terdiri atas biaya registrasi, biaya pendidikan atau biaya kuliah yang dibayarkan per bulan, dan biaya konversi. Berikut informasi biaya registrasi yang perlu dibayarkan bagi camaba tahun ajaran 2021/2022.

Biaya Kuliah UniSadhuguna Business School Kelas Reguler

Program StudiBiaya NormalBeasiswa*
S1 Business EconomicsRp755.000 per bulanRp350.000 per bulan
S1 Business ManagementRp1.085.000 per bulanRp650.000 per bulan
D3 Digital Marketing + S1 ManagementRp1.000.000 per bulanRp500.000 per bulan

Keterangan:
*Jalur beasiswa: olahraga (futsal/basket), prestasi, atau entrepreneur.

Calon mahasiswa baru juga akan dikenai biaya registrasi Rp1.000.000, jaket almamater dan KTM Rp350.000, dan biaya makrab Rp350.000.

Biaya Kuliah UniSadhuguna Business School Kelas Karyawan

Program StudiBiaya NormalBeasiswa*
S1 Business EconomicsRp875.000 per bulanRp500.000 per bulan
S1 Business ManagementRp1.085.000 per bulanRp785.000 per bulan / Rp700.000 per bulan
S1 Marketing ManagementRp1.000.000 per bulanRp650.000 per bulan
D3 Digital Marketing + S1 ManagementRp1.000.000 per bulanRp650.000 per bulan

Keterangan:
*Jalur beasiswa: umum dan kerjasama sekolah.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, biaya kuliah program reguler per bulan di UBS tahun 2021 ini mengalami kenaikan dari Rp700 ribu untuk prodi S1 Business Economics, sekarang menjadi Rp755 ribu per bulan. Demikian pula untuk S1 Business Management naik dari Rp755 ribu menjadi Rp1.085.000 per bulan. Selain itu, pihak UBS membebaskan uang pangkal, uang gedung, dan biaya SKS untuk calon mahasiswa baru.

Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa didukung dengan adanya program beasiswa yang terdiri dari dua program yaitu Beasiswa YPB’66 dan Beasiswa UBS. Beasiswa YPB’66 merupakan beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Bangbayang’66 (pendiri UniSadhuguna Group). Penerima beasiswa ini cukup membayar biaya kuliah sebesar Rp250 ribu per bulan pada tahun 2020. Jika dibandingkan tahun 2019, biaya kuliah yang harus dibayarkan yakni sebesar Rp195.000 per bulan.

Beasiswa tersebut dapat diterima oleh mahasiswa yang telah melewati dan lolos tes saringan masuk (TPA dan Bahasa Inggris), jalur prestasi akademik maupun non akademik, dan jalur rekomendasi sekolah. Tak hanya itu, Anda juga berkesempatan memperoleh reward berupa notebook untuk kelengkapan kuliah.

Sedangkan untuk Beasiswa UBS, syarat yang harus dipenuhi antara lain lulus ujian nasional dan mendaftar sebelum tanggal yang ditentukan. Beasiswa ini tanpa tes. Program ini diberikan oleh UniSadhuguna Business School dalam rangka memperingati UniSadhuguna 21st years Achievement Education Program. Beasiswa yang diberikan hingga Rp20 juta, mengalami peningkatan dari sebelumnya sebesar Rp14 juta.

Selain program Reguler, UBS juga mempunyai Program Kelas Karyawan. Program ini cocok untuk karyawan/eksekutif yang tetap ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S1. Program Kelas Karyawan dibagi menjadi dua program, yaitu Evening Class Program (4 tahun) dan Extension Program (1,5 tahun). Dokumen persyaratan yang harus dilengkapi oleh calon mahasiswa sebagai berikut.

Aktivitas mahasiswa di kelas (sumber: ubs-usg.ac.id)

Aktivitas mahasiswa di kelas (sumber: ubs-usg.ac.id)

Persyaratan Pendaftaran UniSadhuguna Business School

  • Formulir Data Mahasiswa Baru yang telah diisi.
  • Fotokopi Identitas Diri (KTP/SIM/Kartu Pelajar).
  • Fotokopi Legalisir Ijazah SMA/SMK sederajat (untuk Evening Class)
  • Fotokopi Legalisir Ijazah D3 dan transkrip nilai (untuk Extension Class)
  • Pas Photo 4x6 dengan latar warna biru sebanyak 4 lembar
  • Fotokopi Akte Kelahiran
  • Fotokopi Kartu
  • Fotokopi KTP Orangtua
  • Materai Rp6.000 sebanyak 2 lembar
  • Surat Keterangan Bekerja dari Perusahaan tempat Anda bekerja
  • Sertifikat prestasi khusus untuk beasiswa

Setelah melengkapi persyaratan untuk pendaftaran, maka Anda harus mengikuti prosedur yang telah ditentukan secara runtut sebagai berikut.

Prosedur Pendaftaran UniSadhuguna Business School

  • Mengisi form pendaftaran online (download)
  • Submit Dokumen Persyaratan
  • Mengisi Surat Penawaran Mahasiswa Baru
  • Melakukan pembayaran biaya registrasi (dengan mengirimkan konfirmasi bukti transfer)
  • Mengisi Surat Penerimaan Mahasiswa Baru
  • Melakukan Kesepakatan Jadwal Pembayaran
  • Untuk program Evening Class, penerimaan mahasiswa baru dilakukan pada bulan April, Juli, dan September setiap tahunnya. Sedangkan untuk kelas Extension Program, menerima mahasiswa baru setiap bulannya.

Hal menarik yang ditawarkan di UBS adalah kampus ini menjanjikan para mahasiswa akan lulus kuliah dalam waktu yang relatif cepat. Misalnya untuk Evening Class dan Extension, UniSadhuguna Business School hanya mengadakan 3 kali perkuliahan dalam satu minggu. Program Reguler dan Evening Class dijanjikan lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun dengan tiap semester terdiri dari 20-22 SKS, sedangkan untuk program ekstensi akan lulus kuliah dalam kurun waktu 1,5 tahun.

Lulusan STIE UniSadhuguna Business School/UBS (sumber: ubs-usg.ac.id)

Lulusan STIE UniSadhuguna Business School/UBS (sumber: ubs-usg.ac.id)

Program Reguler adalah program yang dikhususkan bagi lulusan SMA/SMK sederajat dari segala jurusan yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Diharapkan program ini dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai pemikiran serta wawasan bisnis kuat yang nantinya dapat bersaing di industri global.

Untuk dapat mendaftar di kelas Reguler, ada beberapa yang harus dipenuhi yaitu laki-laki/perempuan yang merupakan lulusan SMA/SMK sederajat, sehat jasmani dan rohani. Jangka waktu studi di kelas Reguler adalah selama 3,5 tahun. Ada beberapa tawaran menarik di program ini antara lain metode perkuliahan interaktif dan case studies application, biaya kuliah terjangkau dan dapat dicicil serta bebas memilih tanggal pembayaran, mendapatkan akses magang dan kerja dari kampus, adanya kesempatan mendapatkan beasiswa, melatih entrepreneur skill melalui UBS Preneurship Program.

Evening Class Program merupakan program yang diperuntukkan bagi lulusan siswa lulusan SMA/SMK atau sederajat dari berbagai latar belakang jurusan yang hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sistem perkuliahan dilakukan dengan setiap 2 bulan menyelesaikan 3 mata kuliah lalu dilanjutkan UAS dan semester paper sebagai pengganti UTS. Informasi mengenai perkuliahan disampaikan melalui email. Waktu perkuliahan dilakukan 3 kali seminggu di jam 18.00-21.00 WIB.

Untuk Program Extension Program diperuntukkan bagi mahasiswa lulusan D3 dari berbagai latar belakang pendidikan. Sistem perkuliahan dibuat dalam 1 trimester mahasiswa mempelajari 1 mata kuliah secara intensif selama kurang lebih 3 minggu. Untuk UAS dan semester paper sebagai pengganti UTS, kemudian dilanjutkan dengan mata kuliah berikutnya. Informasi mengenai perkuliahan juga disampaikan melalui email. Waktu kuliahnya pun sama dengan Program Reguler, yaitu 3 kali seminggu di jam 18.30-21.00 WIB.

Jadwal Seleksi Mahasiswa Baru UniSadhuguna Business School (UBS)

Jalur PendaftaranJadwal
Gelombang 1Januari – Maret 2021
Gelombang 2April – Juni 2021
Gelombang 3Juli – September 2021

Seleksi dan pendaftaran mahasiswa baru pada tahun 2021/2022 ini dilakukan secara online. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi kampus UBS atau menghubungi kontak di bawah ini:

UniSadhuguna Business School (UBS) Kampus A

Jl. Terogong Raya No.32, RT.3/RW.6, Cilandak, Jakarta Selatan 12430
Telepon: (021) 27826500
Email: [email protected]

UniSadhuguna Business School (UBS) Kampus B

Sequis Center 4th FI, Jl. Jend. Sudirman Kav. 71 Senayan-Jakarta Selatan
Telepon: (021) 252 4068 / 0882 1342 3639
Email: [email protected]

UniSadhuguna Business School (UBS) Kampus C

Blok RA11, Jl. Boulevard Raya, RT.13/RW.15, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240
Telepon: 0882 1342 3207
email: [email protected]

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Kuliah STFM Tangerang
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Biaya Kuliah di STIE UniSadhuguna Business School (UBS)"