Update Biaya Transfer via RTGS dan LLG di BCA (Bank Central Asia)

Jika Anda pernah mentransfer uang melalui bank, terutama lewat layanan banking, Anda pasti sudah sering menemukan istilah RTGS dan juga LLG. Namun, tidak banyak yang tahu apa arti dan manfaat dari kedua layanan tersebut. Padahal kedua layanan ini tersedia di semua bank dengan biaya relatif terjangkau, termasuk di BCA.

Ilustrasi: Nasabah Bank BCA (credit: Dream)

Ilustrasi: Bank BCA (credit: Dream)

Kelebihan Transfer via RTGS

RTGS atau Real Time Gross Settlement merupakan jasa transfer uang valuta rupiah antar-bank, baik dalam satu kota maupun dalam kota yang berbeda, secara real time. Hasil transfer efektif dalam hitungan menit. Transfer RTGS ini dapat dilakukan di seluruh cabang bank, pengiriman hanya dalam bentuk rupiah, dan batas waktu transfer sesuai waktu yang ditentukan bank yang bersangkutan.

RTGS dapat digunakan baik oleh perorangan maupun badan usaha atau badan hukum. Layanan transfer ini memiliki beberapa manfaat, di antaranya memudahkan nasabah dalam melakukan transfer bisnis sehingga kredibilitas nasabah dapat terjamin, dana yang ditransfer nasabah dalam hitungan menit dapat diterima di bank tujuan dengan aman dan mudah, serta tidak perlu membawa uang tunai untuk menyelesaikan urusan bisnis.

Kelebihan Transfer via LLG

Sementara, LLG atau Lalu Lintas Giro adalah layanan transfer dalam kota yaitu jasa pemindahan dana antar-bank dalam satu wilayah kliring lokal. Layanan ini memiliki karakteristik dana berasal dari pembayaran tunai atau pendebetan rekening, pengiriman hanya dalam bentuk mata uang rupiah, dan batas waktu transfer sesuai dengan jadwal kliring yang ditentukan bank.

Beberapa manfaat layanan transfer LLG di antaranya pemindahan dana dengan aman dan mudah, waktu pengiriman cepat, penerima lebih mempercayai pembayaran dengan LLG, dan ketika transfer, dapat diikutsertakan berita singkat. Sama seperti RTGS, layanan transfer LLG juga diperuntukkan perseorangan maupun badan usaha atau badan hukum.

Salah satu bank yang telah menyediakan kedua layanan tersebut adalah BCA (Bank Central Asia). Namun, bank swasta besar di Indonesia ini memberlakukan biaya terhadap nasabahnya. Biaya RTGS dan LLG di BCA berbeda, dan perbedaan nominal biaya tersebut akan disajikan pada tabel berikut ini.

Ilustrasi: Aplikasi Mobile Banking BCA (credit: oyindonesia)

Ilustrasi: Aplikasi Mobile Banking BCA (credit: oyindonesia)

Biaya RTGS dan LLG BCA

TransaksiBiaya
Transaksi di Kantor Cabang
KU RTGSRp35.000
KU LLGRp5.000
KU untuk Pembayaran Kartu Kredit Bank LainRp5.000
KU RTGS untuk Non NasabahRp35.000
KU LLG untuk Non NasabahRp5.000
KU per AlamatRp30.000
Transaksi KlikBCA Individu
Transfer Dana ke Bank Lain (LLG)Rp5.000
Transaksi KlikBCA Bisnis
Transfer Dana ke Bank Lain (LLG)Rp5.000
Transfer Dana ke Bank Lain (RTGS)Rp25.000
Transfer Auto-credit ke Domestic Bank Lain Melalui LLGRp5.000
Transfer Auto-credit ke Domestic Bank Lain Melalui  RTGSRp25.000
Transfer Auto-credit ke Domestic Bank Lain Melalui  LLGRp5.000
Transfer Auto-credit ke Domestic Bank Lain Melalui  RTGSRp25.000

Biaya transfer via LLG dan RTGS pada tahun 2021 ini dengan tahun-tahun sebelumnya pada dasarnya masih relatif sama. Namun, pihak BCA kini membedakan biaya layanan antara transaksi yang dilakukan di Kantor Cabang BCA dengan KlikBCA.

Ilustrasi: transaksi melalui internet banking (sumber: esp.md)

Ilustrasi: transaksi melalui (sumber: esp.md)

Limit Transaksi LLG dan RTGS BCA

Di BCA, diberlakukan limit transaksi transfer ke rekening bank dalam negeri melalui LLG, yaitu ≤ (kurang dari atau sama dengan) Rp500 juta per transaksi. Pada 2018 lalu, limit transfer melalui LLG hingga Rp100 juta per transaksi. Selain itu, diberlakukan juga batasan waktu layanan melalui LLG, yaitu pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Sementara, untuk RTGS, besar nominalnya harus lebih dari Rp100 juta dengan jam transaksi antara pukul 08.00-15.30 waktu setempat. 

Biaya RTGS memang sedikit lebih mahal daripada metode transfer lainnya. Hal ini dikarenakan transfer RTGS dapat sampai ke rekening tujuan dalam waktu relatif singkat. Namun, ada beberapa kondisi ketika uang yang ditransfer mungkin tidak sampai ke rekening tujuan saat itu juga. Misalnya, ketika Anda melakukan transfer pada pukul 15.00 atau jam tutup bank, uang transfer RTGS akan sampai pada keesokan harinya.

Ketika Anda melakukan transaksi bisnis dengan nilai yang cukup besar, RTGS bisa menjadi pilihan. Misalnya, saat Anda diharuskan untuk melakukan transfer dengan nominal melebihi Rp100 juta, maka disarankan menggunakan RTGS. Dengan memakai transaksi ini, Anda tidak perlu melakukan tarik tunai untuk transfer uang ke rekening lain (tujuan).

Sementara, LLG dianggap berguna bagi Anda yang melakukan transfer antar-bank, baik dilakukan melalui mobile, internet banking, maupun teller bank. LLG sendiri merupakan suatu mekanisme dalam pembayaran yang mewajibkan sebuah bank untuk melakukan proses kliring terlebih dahulu. Lebih tepatnya, bank melakukan suatu tindakan pemeriksaan apakah saldo rekening Anda yang akan ditransfer benar-benar cukup atau tidak.

Prosedur transfer LLG hingga dana sampai ke rekening penerima bisa memakan waktu sekitar 2 hingga 3 hari kerja. Mengapa prosesnya memakan waktu relatif lebih lama? Hal ini dikarenakan bank pengirim harus mengirim ke Bank Indonesia (BI) terlebih dahulu. Setelah itu, BI akan melakukan pengiriman ke bank penerima. Sehingga, uang yang ditransfer tidak bisa langsung dikirim, tetapi harus melewati mekanisme bank to bank.

Penyebab lainnya adalah adanya proses kliring yang akan dilakukan sesuai dengan jadwal masing-masing bank, sehingga kurang fleksibel untuk memprosesnya. Meski demikian, proses transfer ini juga memiliki kelebihan. Kelebihan LLG dibandingkan dengan RTGS adalah biayanya yang cenderung lebih murah. 

[Update: Almas]

Baca juga  Syarat dan Update Biaya Administrasi BNI Tapenas
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Transfer via RTGS dan LLG di BCA (Bank Central Asia)"