Update Harga Wood Filler (Semua Merk dan Kemasan)

Finishing merupakan tahapan yang penting, termasuk ketika membuat perabotan dari bahan dasar kayu. Nah, agar hasil yang diperoleh bisa maksimal, salah satu bahan yang dapat dipakai adalah wood filler. Ini adalah bahan yang berguna untuk menutup pori-pori serta cacat dari tekstur kayu. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk wood filler yang dapat dipilih dan rata-rata dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Wood filler (sumber: hb42.co.uk)
Wood filler (sumber: hb42.co.uk)

Fungsi Wood Filler

Dalam aplikasi komersial, penyempurnaan kualitas penampakan kayu umumnya dilakukan dengan perlakuan pemberian lapisan (coating) bahan finishing pada permukaannya, bertujuan untuk meningkatkan stabilitas dimensi kayu, melindungi permukaan kayu dari berbagai kotoran dan noda kimia atau cairan , serta meningkatkan keindahan struktur kayu tersebut.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, salah satu langkah penting dalam tahapan persiapan tersebut adalah pemberian bahan pengisi atau wood filler pada permukaan kayu setelah proses pengamplasan. Pemberian wood filler ini dimaksudkan untuk mengisi semua rongga halus pada struktur kayu, seperti rongga serat/trakeid, pembuluh, parenkim, jari-jari, dan saluran damar. Selain itu, juga dapat mencegah perembesan getah pada permukaan kayu serta memberikan hasil pewarnaan yang lebih merata.[2]

Selain wood filler, untuk tujuan yang mirip, terdapat juga wood putty. Meski sama-sama termasuk base coat, namun kedua bahan ini ternyata memiliki sejumlah perbedaan. Jika Anda menginginkan finishing warna natural dengan keindahan alami kayu yang masih nampak, maka bisa menggunakan wood filler. Namun, produk ini secara umum tidak efektif dipakai untuk mengatasi kerusakan tekstur kayu yang besar.

Sebaliknya, apabila Anda menginginkan hasil akhir warna yang solid dan close pore (pori-pori kayu tertutup), maka Anda bisa memakai wood putty. Wood putty bukan hanya akan menutup lubang dan kerusakan tekstur kayu, namun juga bisa menyembunyikan warna asli kayu. Bahan ini akan membentuk lapisan di atas permukaan kayu sehingga kerusakan dan warna kayu tertutupi dengan baik.

Tips Menggunakan Wood Filler

  • Jika Anda akan melapisi proyek Anda dengan wood stain, pastikan bahwa filler yang Anda gunakan termasuk jenis filler yang dapat dilapisi kembali dengan wood stain.
  • Untuk lubang atau gouge yang lebih besar, Anda perlu menggunakan serbuk kayu yang dicampur dengan filler. Wood filler akan mengeraskan campuran serbuk kayu sehingga lubang tertutup dengan baik.
  • Selain dari wood filler, Anda harus memutuskan jenis wood stain apa yang digunakan. Wood stain solvent akan sulit untuk dibersihkan dan juga mengeluarkan udara beracun. Sementara, wood stain berbasis air akan sangat mudah digunakan dan tidak menguap mengeluarkan banyak logam berat.
  • Semua wood filler, apakah solvent atau berbasis air, tidak sama. Carilah adhesi yang baik. Filler yang baik tidak akan mengecil saat kering atau keluar dari lubang kayu yang diperbaiki. Ketika diampelas, filler yang baik hanya akan menghasilkan sedikit debu karena benar-benar mengisi lubang.
  • Wood filler sangat bagus digunakan pada jenis kayu yang memiliki pori-pori besar, seperti pohon oak, ash, poplar, rosewood, hickory, dan walnut. Kayu keras ini akan menyerap wood stain dan pernis tidak merata karena pori-pori cenderung menyedot banyak, sedangkan sisa permukaan tidak.

Saat ini, tidak sulit mendapatkan wood filler. Anda bisa membeli bahan ini di berbagai toko bangunan. Bahkan, tidak sedikit pula pedagang yang menawarkan produk mereka di sejumlah lapak jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, namun umumnya relatif terjangkau. Berikut kami sajikan referensi harga wood filler di pasaran.

Ilustrasi: penggunaan wood filler (sumber: acehardware)
Ilustrasi: penggunaan wood filler (sumber: acehardware)

Harga Wood Filler

Merk Wood Filler Harga
Wood Filler Maskot 1 kg Rp16.000
Cap Singa Wood Filler 900 gr Rp25.000
Cap Bintang Wood Filler 1 kg Rp27.000
Biovarnish Wood Filler 700 gr : Rp28.500
1,5 kg : Rp52.500
Fen Lie Wood Filler 1 kg Rp30.000
Luxor Wood Filler 1 kg : Rp33.000 – Rp45.000
5 kg : Rp188.000
   Cap Menara & Menara Wood Filler 1 kg Rp34.000
Impra Aqua Wood Filler 1 kg Rp34.200
PASTIGLOSS Wood Filler 1 kg Rp37.900
Cap Jempol Wood Filler 1 kg Rp38.000
Maxi Wood Filler 1 kg Rp40.000
Nippon Paint Melamic Wood Filler 1 kg Rp42.500
Milan Wood Filler WF-100 1 kg Rp45.000
Belazo Wood Filler 1 kg Rp47.000
Mowilex Wood Filler 1 kg Rp47.950
Belazo Wood Filler 1 kg Rp46.000
Impra Wood Filler 1 kg : Rp51.500
5 kg : Rp240.000
30 kg : Rp1.050.000

Informasi harga wood filler di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga wood filler tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan sebelumnya, harganya ada yang turun dan ada yang naik. Impra Wood Filler misalnya, awalnya dijual Rp47 ribu per kg dan sekarang naik menjadi Rp51 ribuan per kg. Sebaliknya, harga Nippon Paint Melamic Wood Filler 1 kg  turun dari Rp49 ribu menjadi Rp42 ribuan.

[1] Balfas, Jamal, Efrida Basri, Adi Santoso. 2018. Efektivitas Wood Filler pada Tiga Jenis Kayu. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 36(2): 113-128.

[2] Ellis, J.L. 2011. Comparison of two wood filler types with respect to relative shrinkage across variations in temperature, in humidity, and within wood species. Los Angeles: Western Carolina University.

Pos terkait