Harga Bellyra Marching Band

Mungkin Anda sudah familiar dengan seperti gitar, drum, atau keyboard. Lalu, bagaimana dengan bellyra? Ini adalah salah satu instrumen musik yang biasanya dipakai dan penting dalam sebuah marching band. Dimainkan dengan cara dipukul, mencari bellyra tidaklah sulit karena sudah tersedia secara luas dengan harga mulai ratusan ribu rupiah.

Seperti diketahui, musik telah menjadi bagian penting banyak orang. Bahkan, tidak sedikit yang menggantungkan hidup mereka dengan bermain musik. Dapat diartikan sebagai bunyi yang diterima oleh individu dengan cara yang berbeda berdasarkan sejarah, , budaya, dan selera individu, musik dinilai sangat penting untuk dikenal setiap individu, karena musik adalah bagian integral dari kehidupan.[1]

Bacaan Lainnya

Keberadaan musik tidak terpisahkan dalam berbagai setting kehidupan manusia. Fungsi musik pun beragam, seperti memberikan kenikmatan estetis, memberikan relaksasi atau , sebagai media ekspresi diri, respons fisik, media penyembuhan, memelihara stabilitas budaya, serta dapat sebagai media pendidikan dan pembelajaran.[2]

Untuk menikmati musik, cara paling mudah tentu saja mendengarkan lagu lewat radio, saluran seperti YouTube, atau datang langsung ke suatu pertunjukan musik. Namun, apabila Anda ingin merasakan langsung bagaimana musik tersebut, maka terjun langsung bermain instrumen musik bisa Anda coba.

Marching Band (pengrajindrumband.com)
Marching Band (pengrajindrumband.com)

Apa Itu Marching Band?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memainkan musik. Anda bisa bernyanyi solo, membentuk sebuah band bersama kolega, atau bergabung dengan marching band. Khusus yang terakhir, ini merupakan sekelompok musisi instrumental yang tampil sambil berbaris, seringkali untuk hiburan atau kompetisi. Instrumentasi biasanya mencakup instrumen kuningan, musik tiup kayu, dan perkusi.

Instrumen musik yang digunakan dalam marching band memang sangat bervariasi, karena jumlah personelnya cukup banyak, bahkan ada yang lebih dari 500 anggota. Sejumlah band menghilangkan beberapa atau semua alat musik tiup kayu, tetapi tidak jarang kita melihat piccolo, seruling, klarinet, saksofon alto, dan saksofon tenor. Sementara itu, perkusi marching (sering disebut sebagai drumline) biasanya mencakup snare drum, tenor drum, bass drum, dan simbal, bertanggung jawab untuk menjaga tempo.

Cara Memainkan Bellyra

Selain instrumen tiup dan perkusi, ada juga instrumen pit atau percussion in tone (instrumen yang bernada). Nah, biasanya instrumen pit yang dipakai adalah bellyra. Ini adalah instrumen musik yang terbuat dari batangan logam aluminium (biasanya berwarna emas atau perak) dan dimainkan dengan cara dipukul.

Bellyra ini sering pula disebut marching bell. Namun, kedua alat musik tersebut memiliki sejumlah perbedaan yang mendasar. Cara penggunaan bellyra adalah dengan sabuk yang dikaitkan di badan, tangan kiri memegang bellyra, sedangkan tangan kanan untuk memegang alat pemukul. Sementara itu, marching bell memakai harmess yang digantungkan ke punggung, dibawa dengan posisi horizontal. Tangan kanan dan kiri memegang stik, tetapi ada juga yang memakai stand.

Perbedaan lainnya bellyra dan marching bell adalah bentuknya. Bellyra berbentuk cukup unik, seperti bunga tulip. Kerangka bellyra ada dua macam, ada yang memakai aluminium dan ada yang menggunakan besi. Sementara itu, marching bell cepert seperti papan atau gambang pada alat musik gamelan, dengan kerangka yang terbuat dari material kayu.

Cara bermain bellyra dan marching bell hampir sama dengan piano atau keyboard. Hanya saja, memainkan bellyra/marching bell memerlukan alat khusus. Anda bisa memainkan piano dengan menggunakan jari-jari, sedangkan perlu alat khusus untuk memainkan bellyra/marching bell. Alat yang digunakan untuk memukul biasanya berwarna putih dan terbuat dari mika. Alat musik ini pada akhirnya berbentuk bulat.

Harga Bellyra (YouTube/@Sdnbumiayu05)
Harga Bellyra (YouTube/@Sdnbumiayu05)

Memainkan bellyra cukup mudah. Seperti piano atau keyboard, Anda cukup mengikuti not lagu yang ada. Namun, ada hal unik dalam cara memainkan alat ini. Artinya, jika ingin membunyikan nada “do” dan “fa”, terdapat deretan besi berwarna emas, dan selebihnya pada deretan besi berwarna perak. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, mungkin akan lebih baik jika Anda bertanya pada yang lebih ahli.

Meski mudah, tetapi dibutuhkan sedikit bakat untuk memahami cara memainkan bellyra atau marching bells dan menghapal nada-nada dari sekian banyak lagu yang disiapkan untuk dimainkan oleh pasukan marching band. Alat ini juga memiliki berat sekitar 5 kg. Biasanya, pemain bellyra sering mengalami lebam-lebam pada bagian paha dan lengan kiri yang menjadi tempat alat berat tersebut.

Harga Bellyra

Varian Bellyra Harga
Bellyra 16 Bar TK Rp189.000 – Rp245.000
Bellyra 27 Bar SD/SMP Rp500.000
Bellyra 30 Bar SMA Rp983.000
Bellyra Harrier 29 Bar Rp1.542.660
Bellyra RL694 Profesional Rp2.189.000
Bellyra Isuzu JB4027 27 Bar Rp2.500.000
Bellyra Royale RBL25 Rp6.750.000
Bellyra Musser M2044 Rp33.500.000 – Rp45.000.000

Daftar harga bellyra di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat musik dan sejumlah situs jual beli online, berlaku untuk pembelian satu set. Perlu Anda ketahui bahwa harga bellyra tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meski produk yang ditawarkan sama.

[1] Halimah, Leli. 2019. Musik dalam Pembelajaran. Eduhumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus UPI di Cibiru, Vol. 2(2): 1-9.

[2] Raharjo, Eko. 2007. Musik sebagai Media Terapi. Harmonia, Vol. 8(3).

Pos terkait