Update Harga Vacuum Sealer Mini Portable dan Cara Pakainya

Bagi mereka yang bergelut dalam bisnis kuliner, mungkin sudah tidak asing lagi dengan vacuum sealer. Ini adalah perangkat atau alat yang berguna untuk membuat makanan lebih awet atau tahan lama ketika dikemas. Di pasaran sendiri, sudah ada beragam tipe vacuum sealer, termasuk yang mini dan portable, dengan harga di kisaran harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Vacuum Sealer Mini Portable (sumber: Ali Express)
Vacuum Sealer Mini Portable (sumber: Ali Express)

Kemasan pada makanan merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan jika Anda ingin bergelut di bidang kuliner. Pasalnya, kemasan makanan yang Anda pasarkan tidak hanya berpengaruh pada nilai estetika, melainkan juga berpengaruh pada kebersihan serta ketahanan dari produk makanan yang Anda jual. Jadi, β€˜don’t judge a book by its cover’ tidak berlaku lagi untuk para pegiat kuliner, dan Anda harus mulai memikirkan kemasan yang tidak hanya menarik hati konsumen, tetapi juga yang cukup bagus agar makanan tetap awet dan .

Bacaan Lainnya

Menurut Ramesia.com, salah satu usaha kuliner yang mungkin perlu lebih cermat dalam hal kemasan ialah usaha makanan beku, seperti sosis, nugget, otak-otak, bakso, dan sebagainya. Dengan packing kedap udara, maka akan menjaga isinya tetap fresh lebih lama dan juga tentunya lebih higienis. Nah, dengan menggunakan alat bernama vacuum sealer, kemasan seperti itu akan mudah untuk diperoleh, bahkan untuk usaha skala rumahan sekalipun.

Apa Itu Vacuum Sealer?

Masih menurut sumber yang sama, vacuum sealer dikatakan sebagai mesin yang digunakan untuk menghampakan udara, ketika udara yang dihampakan akan menyebabkan proses dioksidasi. oksigen akan ditekan sedemikian rupa sehingga bakteri akan berkembang biak lebih lama dibandingkan dengan proses oksidasi alami.

Bakteri akan berkembang tanpa proses suhu yang menyebabkan proses pembusukan berjalan lebih lama berkali-kali dari biasanya. Bila makanan akan mulai membusuk 4 hari, maka dengan menggunakan mesin ini, makanan yang di-vakum akan lebih awet sekitar 15-20 hari, tetapi semua tergantung dengan jenis makanan apa yang akan di-vakum.

Sementara itu, sumber yang lain menyebutkan, vacuum sealer adalah mesin yang dipakai untuk menghampakan udara di dalam kemasan sehingga isi kemasan menjadi lebih steril dan lebih awet. Perangkat ini sangat cocok digunakan untuk mengemas frozen food, buah, sayuran, dan lain-lain. Dengan alat press plastik ini, Anda bisa mengontrol kualitas makanan yang Anda simpan dengan cara yang lebih baik.

Layaknya perangkat pada umumnya, vacuum sealer juga tidak hanya terdiri dari satu varian. Ada beragam jenis vacuum sealer yang telah beredar di pasaran, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa jenis atau tipe vacuum sealer yang cocok untuk membuat makanan Anda menjadi tetap bersih dan lebih tahan lama.

Vacuum Sealer Mini Portable - id.aliexpress.com
Vacuum Sealer Mini Portable – id.aliexpress.com

Tipe Vacuum Sealer Mini

  • Vacuum sealer DZ-280A. Model ini diklaim sangat cocok dan bisa diandalkan untuk mereka yang menekuni bisnis kuliner dalam skala rumah tangga atau UKM (usaha kecil dan menengah). Panjang kemasan plastik yang bisa direkatkan di vacuum sealer ini hingga 28 meter dengan ketebalan maksimal 8 dan berat bersih 2,4 kg.
  • Vacuum sealer DZ-300A. Sekilas mirip dengan model DZ-280A, namun mesin ini diklaim memiliki kemampuan lain. Vacuum sealer DZ-300A memiliki tabung yang berguna sebagai penyedot cairan selama proses pemvakuman.
  • Vacuum sealer DZ-260T portable. Meskipun kecil, tidak memakan banyak tempat, dan mudah dibawa-bawa, namun vacuum sealer ini ternyata memiliki harga yang lumayan tinggi. Namun, harga yang mahal itu terasa wajar mengingat mesin portable itu bisa merekat kemasan dengan panjang hingga 260 mm, ketebalan 10 mm, dan berat bersih sampai 35 kg.
  • Vacuum sealer DX-400/ZT portable. Mesin ini juga memiliki dimensi yang kecil dengan harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan varian DZ-260T. Kelebihan vacuum sealer ini adalah menggunakan sistem pompa vakum.
  • Coffee Vacuum Machine DZ-280/C. Seperti namanya, mesin vacuum sealer ini memang dapat membungkus kopi. Selain kopi, juga dapat dimanfaatkan untuk membungkus teh dan jagung kering. Jika kebanyakan mesin sejenis mengemas plastik atau aluminium foil dengan posisi horizontal atau mendatar, maka mesin ini melakukannya dengan posisi vertikal atau tegak.
  • Vacuum sealer DZ-400/2E1 dan DZ-500/2E. Mesin ini dikatakan mampu mengemas dengan panjang hingga 40 cm, ketebalan 10 mm, dan berat bersih mencapai 110 kg. Karena itu, tidak mengherankan jika model ini banyak diandalkan dan menjadi varian paling laris di pasaran.
  • Vacuum sealer DZ-800/2L dan I-1100/2L. Kedua model ini dikatakan mampu mengemas paket plastik dengan ukuran super besar alias jumbo. Untuk tipe DZ-800/2L, disebutkan mampu membuat kemasan hingga berukuran 580 x 680 mm. Sementara itu, tipe I-1100/2L diklaim dapat mengemas hingga ukuran 570 x 680 mm.

Untuk mereka yang ingin kepraktisan, model vacuum sealer mini portable memang menjadi opsi yang lebih menarik. Untungnya, di pasaran saat ini, sudah banyak toko yang menjual perangkat tersebut. Pada 2019 lalu, vacuum sealer Reseal & Save saat itu dijual mulai harga Rp65 ribu. Kemudian pada 2020, harganya naik menjadi Rp70 ribu dan terpantau masih sama hingga 2021. Berikut perbandingan harga vacuum sealer portable antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Vacuum sealer, makanan, kemasan, plastik, harga, mini, portable, jenis, tipe, merek, pasaran, frozen food, mesin, proses, bakteri, situs, online, Indonesia
Penggunaan vacuum sealer untuk kemasan makanan (sumber: dhgate.com)

Harga Vacuum Sealer Portable

Merk/Tipe Vacuum SealerHarga SebelumnyaHarga Sekarang
Super SealerRp57.000Rp57.000
Reseal & Save Vacuum SealerRp70.000Rp70.000
FreshpackPro QH-02 Xin Bao Long Portable FoodRp299.000Rp385.000
Xin Bao Long Vacuum Sealer Mini QH-16Rp335.000 – Rp713.000Rp450.000 – Rp499.500
Bonkyo Portable Food Vacuum Sealer VM 5 BlackRp489.000Rp479.900
Kris Vacuum Sealer MiniRp610.000Rp539.910
Sinbo DZ-280DRp600.000Rp722.500
Ronegye E2900-MS Portable Food Vacuum SealerRp750.000Rp880.000
Household DZ-280ARp780.000Rp941.000
Household DZ-280/SERp921.000Rp1.149.000
Powerpack DZ-280ARp1.100.000Rp1.100.000
Powerpack DZ-280/SERp1.499.000Rp1.171.312

Daftar harga vacuum sealer mini portable di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan rumah tangga dan sejumlah situs jual beli online di Indonesia. Berdasarkan tabel tersebut, harga vacuum sealer mini portable di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Perlu diingat, harga produk tersebut tentu saja tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara Pakai Vacuum Sealer Portable

  • Pertama, siapkan dan cek mesin, kemudian hubungkan kabel pengalir daya ke stop kontak.
  • Hidupkan mesin dengan menekan tombol ON.
  • Sambil menunggu vacuum sealer portable siap dioperasikan, siapkan dahulu kemasan yang sudah diisi produk.
  • Apabila vacuum sealer portable sudah siap untuk dioperasikan, masukkan selang besi alat ke dalam plastik kemasan.
  • Setelah posisi plastik kemasan pas, injak pedal vacuum sealer portable untuk memulai proses vakum dan pengemasan.
  • Kompresor akan mengambil atau menyedot semua udara yang ada di dalam plastik kemasan.
  • Setelah plastik kemasan hampa, mesin otomatis akan mengemas plastik kemasan.

Beberapa model vacuum sealer memiliki pemberitahuan jika segel sudah selesai, seperti lampu indikator yang mati otomatis. Untuk info lebih lanjut, Anda juga bisa membaca buku pedoman yang biasanya tersedia pada produk.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *