Lokasi, Rute, Fasilitas, dan Harga Tiket Lembah Tumpang Terupdate

Untuk urusan wisata alam dan buatan yang kece, Malang bisa dikatakan sebagai salah satu gudangnya. Banyak orang pergi ke Kota Apel hanya untuk singgah atau mengeksplorasi keindahannya. Nah, salah satu destinasi wisata yang sedang populer dan tidak pernah sepi pengunjung adalah Lembah Tumpang. Pasalnya, spot ini merupakan salah satu tempat wisata perpaduan alam dan buatan yang eksotis dengan tiket yang masih masuk akal.

Lembah Tumpang (sumber: idntimes.com)
Lembah Tumpang (sumber: idntimes.com)

Lokasi Lembah Tumpang

Tempat wisata ini terletak di Desa Karang Jambe, Kec. Slamet, Kab. Tumpang, Malang, Jawa Timur. Dari pusat Kota Malang, untuk menuju lokasi, bisa melewati Sawojajar. Setelah Anda melewati Sawojajar, Anda bisa mengambil arah menuju Cemorokandang. Beberapa meter dari Cemorokandang, Anda akan menjumpai tugu perbatasan Pakis dan Tumpang. Dari tugu tersebut, Anda cukup belok kiri lurus hingga menjumpai pertigaan. Di pertigaan, Anda bisa mengambil jalan ke kanan dan lurus hingga menjumpai tanda jalan bertuliskan Lembah Tumpang.

Bacaan Lainnya

Mungkin mereka yang datang dari luar kota akan asing dengan rute tersebut. Jika Anda dari luar kota dan belum sepenuhnya mengetahui jalan, Anda bisa menggunakan peta kota dan kabupaten Malang atau menggunakan Google Maps. Jika Anda menggunakan Google Maps atau peta, mungkin rutenya akan sedikit berbeda. Ini juga tergantung dari panduan dan kejelian Anda ketika melihat peta atau arah navigasi Google Maps. Apabila Anda salah jalan, ada baiknya juga untuk bertanya kepada penduduk sekitar.

Baca juga  Update Harga & Spesifikasi Jam Tangan Seiko 5 Automatic 21 Jewels

Keindahan dan Fasilitas Lembah Tumpang

Lembah Tumpang sendiri adalah sebuah resort yang dijadikan sebagai tempat wisata. Tempat wisata ini, selain menjadi objek wisata hiburan, juga dijadikan sebagai spot wisata sejarah. Di sekitar area Lembah Tumpang hingga di dalam area, Anda akan menemukan banyak benda bernuansa kerajaan. Benda-benda tersebut berupa mirip candi dan aneka patung yang sengaja dibuat, ada juga yang asli, dan digunakan sebagai hiasan Lembah Tumpang.

Seolah berada di zaman Kerajaan Majapahit, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai macam spot foto unik. Mulai dari spot foto di antara banyak patung, foto di pelataran candi, hingga foto di area kolam. Perlu Anda ketahui juga, Lembah Tumpang menyediakan kolam renang outdoor dengan desain eksotis mirip kolam Kerajaan Majapahit zaman dahulu. Kolam renang tersebut dibagi menjadi dua, yaitu dan orang dewasa. Di setiap kolam renang, sudah dihiasi dengan tumbuhan pohon palem mini dan patung.

Bagi Anda yang ingin berfoto ala selebgram, juga bisa berfoto di antara patung dinosaurus di area sekitar kolam renang. Ada juga area foto yang menyediakan pemandangan dengan ornamen lampu-lampu taman dan gerbang patung yang eksotis. Tak heran banyak pengunjung yang senang menikmati pemandangan di sekitar tempat wisata tersebut.

Baca juga  Update Harga Kertas Nasi Putih Polos dan Cetak Berbagai Ukuran

Di setiap area yang ada di Lembah Tumpang, juga dikelilingi oleh berbagai jenis tumbuhan besar. Tumbuhan, seperti pohon palem, pinus, dan beringin, dapat dengan mudah Anda jumpai di sekitar tempat wisata. Tujuan dari ditanamnya pepohonan tersebut untuk membuat suasana tempat wisata menjadi lebih sejuk dan asri. Anda juga bisa menikmati keindahan taman yang ada di area Lembah Tumpang sambil bersantai atau piknik.

Lembah Tumpang (sumber: travelingyuk)
Lembah Tumpang (sumber: travelingyuk)

Fasilitas yang disediakan oleh Lembah Tumpang tidak hanya sekadar kolam renang, taman, atau spot foto saja, Anda juga bisa beristirahat sejenak di pendopo atau bale-bale yang ada di sekitar Lembah Tumpang. Anda pun bisa menikmati kelezatan menu makanan yang disediakan oleh warung atau restoran di sekitar Lembah Tumpang.

Jam Operasional Lembah Tumpang

Anda bisa mengunjungi Lembah Tumpang kapanpun, mulai dari hari Senin hingga Minggu. Sepanjang minggu, Lembah Tumpang akan buka pada pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Ada baiknya jika Anda liburan di waktu pagi hari, karena semakin siang, Lembah Tumpang akan semakin ramai pengunjung. Namun, jika Anda suka dengan suasana yang ramai, Anda bisa datang kapan saja Anda mau.

Tiket Lembah Tumpang

Untuk wisatawan yang hendak rekreasi ke tempat ini, akan dikenakan tiket masuk Lembah Tumpang Resort Malang sebesar Rp60.000 per orang (update tahun 2022) dan untuk pengunjung di bawah usia 4 tahun tidak perlu membayar tiket masuk. Tarif tiket masuk tersebut sudah termasuk fasilitas kolam renang dan masih belum mengalami perubahan dari tahun 2021 lalu. Kemudian, parkir motor biayanya Rp5 ribu dan parkir mobil ditarik karcis seharga Rp10 ribu. Jika Anda ingin menyewa ban, maka Anda akan dikenai biaya tambahan sebesar Rp10 ribu. Tahun 2019, tiket masuk Lembah Tumpang hanya Rp50 ribuan per orang.

Baca juga  Update Harga Ikan Kakatua Konsumsi dan Hias Berbagai Ukuran

Selain menyediakan fasilitas wisata, Lembah Tumpang Resort juga menawarkan cottage untuk menginap. Sayangnya, pihak pengelola belum bisa memberitahukan publish rate resminya. Namun, menurut penuturan beberapa pengunjung yang pernah menginap, tiap cottage dipatok dengan tarif sekitar Rp1.000.000 per malam. Yang terbaru, ada juga pengunjung yang mengungkapkan bahwa penginapan di Lembah Tumpang Resort berkisar Rp500 ribu untuk kapasitas 4 orang.

Pastikan Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai lokasi, rute perjalanan, hingga jam operasional dan tiket masuk, ketika akan berwisata ke manapun. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi kontak di bawah ini.

Lembah Tumpang Malang

Lokasi: Desa Karang Jambe, Kec. Slamet, Kab. Tumpang, Malang, Jawa Timur
No. Telepon: 0822 3141 1000

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.