Harga Tepung Tulang (Ikan, Sotong & Sapi) di Pasaran

Salah satu mengolah limbah tulang ikan adalah menjadikannya tepung yang biasa digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari membuat roti, biskuit, hingga pakan ternak.[1] Selain tulang ikan, ada juga yang menjual tepung tulang dari tulang sotong dan sapi. Harga tepung tulang atau bone meal di pasaran tergantung dari dan merknya.

Tepung tulang (sumber: 7springsfarm.com)
Tepung tulang (sumber: 7springsfarm.com)

Terbuat dari tulang hewan, seperti sotong, sapi, dan ikan, tepung tulang diketahui mengandung banyak kalsium. Memang, tulang hewan merupakan sumber kalsium yang tinggi dan baik untuk kesehatan. Untuk membuat tepung tulang tidaklah sulit karena Anda hanya memerlukan tulang hewan sebagai utamanya.

Bacaan Lainnya

Untuk peralatannya, Anda harus menyiapkan alat penumbuk yang terbuat dari batu. Beberapa orang lebih suka menggunakan grinder dan lesung. Sementara itu, jika Anda ingin yang lebih praktis, gunakan food processor atau blender berkekuatan tinggi. Untuk lebih rinci mengenai proses pembuatan tepung tulang, Anda bisa melihat langkah berikut.

Baca juga  Update InfoDaftar Harga Menu Paket A&W

Membuat Tepung Tulang

  • Siapkan tulang yang ingin dijadikan sebagai tepung, seperti tulang sotong, sapi, dan ikan. Cuci tulang hingga bersih menggunakan air mengalir. Untuk menghilangkan aroma amisnya, Anda bisa menggunakan air kapur sirih atau baking soda.
  • Letakkan tulang di atas nampan aluminium atau besi dan jemur hingga kering. Anda juga bisa membakarnya dengan oven bersuhu rendah hingga tulang berwarna putih dan agak retak.
  • Proses pembakaran atau penjemuran sangat penting untuk menghilangkan aroma tidak sedap sekaligus mengikis kadar air dalam tulang. Setelah itu, masukkan tulang ke dalam mangkuk untuk proses pendinginan.
  • Tulang yang sudah dingin dimasukkan ke dalam alat penumbuk dan dihancurkan hingga halus. Gunakan ayakan atau saringan untuk mendapatkan tepung yang halus. Sisa tulang atau tepung yang masih padat bisa dihancurkan lagi hingga halus.

Tepung tulang yang sudah jadi bisa langsung dikemas dan digunakan untuk berbagai macam keperluan. Selain dijual di situs e-commerce atau ditawarkan secara offline, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan tepung tulang murni.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Singapura

Kegunaan Tepung Tulang

Untuk tepung tulang yang terbuat dari ikan dan sapi, umumnya juga dijadikan sebagai untuk membuat aneka pangan. Ada yang mencampurkannya dengan tepung terigu, telur, dan untuk dijadikan mi. Beberapa orang juga mencampurnya dengan tepung gandum dan tepung kentang untuk diolah menjadi biskuit anak.

Kandungan kalsium yang tinggi pada tepung tulang diklaim bagus untuk mendukung pertumbuhan anak. Selain itu, kalsium sangat penting bagi tubuh untuk menjaga kepadatan tulang dan kesehatan gigi menjelang lanjut usia.

Tepung tulang (sumber:  buildasoil.com)
Tepung tulang (sumber: buildasoil.com)

Namun, ada juga yang memanfaatkan tepung tulang sapi dan ikan sebagai pakan ternak. Supaya aromanya lebih tajam, beberapa produsen pakan ternak juga mencampurkan tepung sotong yang terkenal amis. Semua jenis tepung akan dijadikan satu di dalam sebuah mesin dan dicampur lagi dengan jagung untuk membuat pelet.

Pelet tidak hanya diperuntukkan bagi hewan ternak seperti dan bebek, tetapi juga untuk hewan peliharaan seperti ikan. Ada juga yang menjadikan tepung ikan dan sotong sebagai untuk membuat camilan atau snack kucing dan anjing.

Kegunaan tepung tulang lainnya adalah sebagai umpan pancing. Biasanya, ini dijadikan umpan untuk menangkap ikan air tawar, seperti ikan mas, patin, dan lele. Nah, untuk Anda yang membutuhkan tepung tulang untuk berbagai keperluan, Anda bisa membelinya di pusat perbelanjaan terdekat atau situs jual beli online. Berikut referensi harga tepung tulang.

Baca juga  Info Terbaru Manfaat dan Harga Minyak Zaitun di Alfamart & Alfamidi

Harga Tepung Tulang

Varian/Merek Tepung Tulang Harga
Tepung Tulang Putih Umpan Pancing Rp8.000
Tepung Tulang Sotong 50 gram Rp12.000
Tepung Tulang Uda Solok 200 gr Rp15.000
Tepung Tulang Kristal Wangi 200gr Rp18.000
Tepung Tulang Sotong Super HML Rembang 500 gr Rp20.000
Tepung Tulang Dj Fishing Rp20.000
Tepung Tulang Sotong Pakan Reptil Kura Darat 165 gr Rp22.000
Tepung Tulang Sapi 500 gr Rp22.000
Tepung Tulang Sapi 1 kg Rp42.000

Harga tepung tulang di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs e-commerce. Perlu diingat, harga tepung tulang tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Wardani, Dian Puspita, Evi Liviawaty, Junianto. 2012. Fortifikasi Tepung Tulang Tuna sebagai Sumber Kalsium terhadap Tingkat Kesukaan Donat. Jurnal Perikanan dan Kelautan Unpad, VOl. 3(4): 41-50.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.