Update Harga Tiket Sleeper Bus Jakarta-Surabaya

No comment21176 views

Berbeda dengan pesawat terbang, perjalanan jauh menggunakan transportasi darat bisa memakan waktu seharian, bahkan berhari-hari. Hal ini tentu saja berpotensi membuat penumpang sangat lelah. Nah, untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang, sejumlah perusahaan meluncurkan sleeper bus untuk berbagai rute, seperti Jakarta-Surabaya atau Makassar-Toraja. Dengan fasilitas yang lebih mentereng, harga tiket bus ini memang lebih mahal dibandingkan dengan bus konvensional.

Dikutip dari Wikipedia, sleeper bus di AS lebih dikenal dengan nama entertainer coach, sedangkan masyarakat Eropa menyebutnya sebagai nightliner. Di kedua wilayah itu, sleeper bus adalah bus yang disesuaikan, yang sering digunakan untuk mengangkut band dan kru teknisi dalam rangka pertunjukan antar-kota. Istilah lain yang digunakan untuk transportasi ini adalah band bus, crew bus, entertainer bus, NightRider, sleeper coach, dan tour bus.

Ilustrasi: Salah Satu Armada Sleeper Bus (credit: Kompas)

Ilustrasi: Salah Satu Armada Sleeper Bus (credit: Kompas)

Di Benua Biru, sleeper bus adalah bus berukuran penuh, tetapi dirancang secara internal untuk hanya membawa sekitar 8 hingga 18 penumpang. Di dalam bus ini, ada berbagai fasilitas yang mentereng, termasuk dapur lengkap, lounge yang nyaman, dan tempat tidur susun, yang memungkinkan penumpang makan, bersantai, atau tidur selama perjalanan dari konser yang satu ke konser yang berikutnya.

Kendaraan sleeper bus ini biasanya membawa kaca atau jendela yang hitam, yang memungkinkan penumpang melihat keluar, tetapi mencegah penggemar untuk mengintip dari . Bus ini dilengkapi dengan fasilitas yang baik karena kenyamanan penumpang adalah tujuan utama. Pemutar DVD, layar lebar, dan konsol game menjadi standar fitur , sedangkan beberapa kendaraan telah didukung pemutar DVD pribadi dan layar di setiap tempat tidur.

Baik di Inggris maupun AS, banyak sleeper bus yang sekarang didukung dengan TV dan permainan video di setiap tempat tidur, akses internet 3G, mesin pembuat kopi, busa dengan ukuran lebar, penyejuk udara yang layak, dan lain-lain. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian beberapa perusahaan menggunakan sleeper bus ini sebagai hotel berjalan, yang bisa dijadikan tempat bermalam turis ketika berkunjung ke lokasi yang kebetulan tidak menyediakan hotel.

Berbeda dengan di Inggris dan di AS, di China, sleeper bus adalah sarana transportasi jarak jauh yang umum digunakan masyarakat setempat. Harga atau tarif tiket kendaraan ini sedikit lebih mahal daripada kereta api, tetapi juga sedikit lebih cepat, dan tiket tersedia lebih banyak. Sayangnya, ada sejumlah kecelakaan fatal yang melibatkan bus-bus ini di Tirai Bambu.

Sementara, di India, bus ini digunakan untuk perjalanan antar-kota dan dioperasikan oleh perusahaan bus pemerintah dan swasta. Bus dioperasikan antara kota-kota selama 6 jam sampai 10 jam melalui jalan darat. Pengoperasian biasanya dimulai pada sore hari, sehingga sebagian besar perjalanan dilakukan pada malam hari. Layanan ini adalah alternatif yang baik apabila masyarakat kehabisan tiket kereta api. Selain itu, sleeper bus di Negeri Sungai Gangga juga nyaman karena jarang diisi melebihi kapasitas.

Varian Sleeper Bus di

Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Sleeper bus di Indonesia mulai populer pada tahun 2016 lalu. Bus milik perusahaan jasa transportasi PO Brilian disebut-sebut sebagai sleeper bus pertama yang beroperasi di Tanah Air. Saat pertama kali meluncur, bus tersebut mengoperasikan rute Jakarta-Purwokerto-Purbalingga.

Seperti sleeper bus di luar negeri, sleeper bus milik PO Brilian ini juga telah disokong dengan sejumlah fasilitas yang keren. Ketika naik bus ini, penumpang akan mendapatkan fasilitas AC, personal entertainment (LCD TV di masing-masing ruangan), selimut (selalu baru di setiap perjalanan), sandal pribadi, servis makan, loker sepatu, dan air mineral.

Ilustrasi: Fasilitas Sleeper Bus (credit: Youtube/Andriawan Pratikto)

Ilustrasi: Fasilitas Sleeper Bus (credit: Youtube/Andriawan Pratikto)

Di samping PO Brilian, perusahaan lain yang juga sempat meluncurkan sleeper bus adalah PO Harapan Jaya. Perusahaan menggunakan bus terbaru Avante di atas sasi Scania K360IB yang terkenal nyaman. Selain AC, toilet, dan audio, bus ini juga telah dilengkapi dengan bantal dan selimut untuk tidur selama perjalanan. Penumpang pun bisa menikmati akses Wi-Fi secara gratis sehingga dapat berselancar di dunia maya dengan mudah dan tenang.

Ada yang unik dari bus ini. Tidak hanya dibekali akses Wi-Fi, pihak perusahaan juga telah melengkapi armada mereka dengan layanan telepon gratis yang bisa digunakan penumpang untuk menghubungi kerabat, baik yang akan didatangi atau yang berada di rumah. Untuk menggunakan layanan telepon gratis ini, penumpang hanya perlu menuju bagian depan bus, kemudian ke dashboard yang terletak tepat di samping kemudi.

Jika sleeper bus umumnya telah didukung dengan kursi pijat dan mini bar, maka sleeper bus dari PO Harapan Jaya ini menawarkan lebih. Untuk Luxury Class, ada sebuah mini bar yang telah dilengkapi dengan dispenser untuk membuat kopi, teh, atau menyeduh mie instan. Sementara, kursi pijat bisa ditemukan di bagian belakang bus, dekat dengan ruangan merokok.

Meski pamornya saat ini sedang menurun, namun sleeper bus masih bisa Anda temukan. Di Kota Makassar misalnya, tersedia sleeper bus yang dioperasikan PO Bintang Prima. Sleeper bus ini melayani rute Makassar-Mamuju dan Makassar-Toraja. Perusahaan menyediakan dua pilihan model, yaitu 16 kursi tidur dan delapan kursi tidur yang bisa disetel sedemikian rupa untuk kenyamanan.

Lalu, berapa harga tiket sleeper bus untuk rute Jakarta-Surabaya? Menurut penelusuran yang dilakukan penulis, pada tahun lalu, belum ada perusahaan yang mengoperasikan sleeper bus untuk rute Jakarta-Surabaya. Rute ini masih dilayani bus kelas eksekutif Pahala Kencana, Kramat Djati, Tiara Mas, dan PO . Harga tiket bus jurusan Jakarta-Surabaya kala itu berada di kisaran Rp230.000 hingga Rp290.000 per kursi. Sementara, pada tahun 2020, tarif bus dipatok Rp220 ribu sampai Rp300 ribuan per kursi. Kemudian, pada tahun 2021, harga tiket dilepas Rp225 ribu hingga Rp370 ribuan.

Setelah dinantikan, mulai Desember 2019, PO Sinar Jaya meluncurkan bus Suite Class Full Sleeper yang melayani trayek Jakarta-Surabaya lewat Tol Trans Jawa. Pada musim Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, tarif tiket bus tersebut dipatok Rp425 ribu untuk Suite Class dan Rp450 ribu untuk kelas VIP Suite Class. Lalu, menurut informasi terbaru, PO Harapan Jaya dan Rosalia saat ini juga sudah menyediakan sleeper bus relasi Jakarta-Surabaya. Berikut informasi terbaru harga tiket sleeper bus rute tersebut.

Tarif Tiket Sleeper Bus - travel.kompas.com

Tarif Tiket Sleeper Bus - travel.kompas.com

Harga Tiket Sleeper Bus Jakarta-Surabaya

Nama Sleeper BusHarga Tiket
PO Sinar JayaRp430.000
PO Rosalia IndahRp450.000
PO Harapan JayaRp500.000

Harga tiket sleeper bus di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa tarif tiket sleeper bus tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika Anda kesulitan mendapatkan tiket bus Jakarta-Surabaya, Anda bisa naik bus Harapan Jaya rute Jakarta-Blitar dengan harga tiket Rp490.000 atau bus Rosalia Indah relasi Bogor-Malang dengan harga tiket Rp510.000.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terbaru Tarif Uber Motor (Grab)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Tiket Sleeper Bus Jakarta-Surabaya"