Info Terkini Harga Tali Kur untuk Tas di Pasaran

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan tali kur. Tali yang kerap digunakan saat Pramuka ini rupanya punya beragam kegunaan. Selain untuk keperluan Pramuka, tali kur pun kerap digunakan untuk membuat aneka kerajinan tangan termasuk tas. Teknik membuat tas dari tali kur hampir menyerupai seni menganyam atau merajut. Bedanya, jika merajut menggunakan benang rajut, maka kerajinan satu ini memakai bahan dasar dari tali kur yang mudah ditemui di mana saja dengan harga terjangkau.

Ilustrasi: kerajinan tas dari tali kur (sumber: pinterest)
Ilustrasi: kerajinan tas dari tali kur (sumber: pinterest)

Tali kur atau sering disebut tali koor banyak dipakai orang untuk hiasan baju atau tali sepatu, bahkan tali lipri untuk pramuka. Tali kur juga banyak jenisnya, ada yang sering disebut benang satu dan benang dua, tapi dalam membuat tas biasa menggunakan tali kur benang 1. Lebih kecil dan enak dianyam. Harganya pun variatif dari yang per roll/per bungkus Rp5.500, per setengah kilo Rp39.000, sampai Rp63.000. Warnanya tersedia sampai 24, hampir semua warna ada, mencarinya di toko-toko yang menjual aksesoris atau toko benang biasanya ada.[1]

Bacaan Lainnya
Baca juga  Update Harga Air Milagros 1 Dus

Tali kur biasanya terbuat dari nylon atau filament. Karena seratnya cukup ringan, tali kur ini mudah sekali dibentuk atau dianyam menjadi kerajinan (handycraft) berupa tas, dompet, gantungan vas bunga, atau lain sebagainya. Sayangnya tali kur tidak bisa menahan beban yang cukup kuat seperti tali paracord. Sehingga tali kur hanya bisa dipakai untuk hiasan saja, tidak bisa digunakan untuk aktivitas outdoor seperti tali paracord.

Tali kur saat ini sudah banyak tersedia di toko pernak-pernik alat rajut atau alat menjahit. Ada banyak pilihan ukuran dari tali kur, mulai dari yang paling tipis 1 mm, 1,5 mm, 2 mm, 3 mm, 4 mm, 5 mm, 6 mm, dan yang paling tebal ukuran 8 mm.

Tali kur biasanya dijual per meter atau ada juga yang sudah dikemas dalam plastik sesuai dengan pengelompokan ukuran tebal talinya dan dijual menurut berat tali kur dalam kemasan plastik tersebut. Harganya pun cukup bervariasi, untuk meteran biasanya dijual mulai Rp1.000-an per meter, sedangkan untuk ukuran kiloan tali kur biasanya dijual mulai dari harga Rp30 ribuan hingga Rp50 ribuan, tergantung dari tebal talinya. Berikut informasi harga tali kur dalam berbagai ukuran untuk tas atau macrame.

Baca juga  Update Harga Alat Cetak Batako Pres Manual

Daftar Harga Tali Kur untuk Tas

Tali kur (sumber: tokopedia)
Tali kur (sumber: tokopedia)
Nama Produk Harga (Rp)
Tali kur 5 mm eceran per meter 3.750
Tali kur 3 mm bahan benang poly per roll 25 meter 8.000
Tali kur POY 6mm hitam 1000 gram 32.000
Tali kur cord 1 mm 90 meter 35.900
Tali kur 5 mm 900 gram 43.000
Tali kur 1,5 mm 48.800
Tali kur macrame 4 mm premium 1 kg 50.000
Tali kur 3 mm 1 kg 52.000
Tali kur nylon 3 mm 59.999
Tali kur 1 rope merk Sifa 400 gr 62.500
Tali kur 3 mm 700 gr blink Newkoor rope 67.000
Tali kur 2 rope Sifa 400 gram 68.200

Jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, harga tali kur untuk tas pada 2021 ada yang mengalami perubahan. Misalnya Tali kur 3 mm 700 gr blink Newkoor rope yang turun drastis dari Rp110 ribu, kini hanya Rp67 ribu saja. Namun, produk Tali kur 1,5 mm harganya naik dari Rp35.900 jadi Rp48 ribuan.

Baca juga  Info Harga Besek Bambu Aneka Ukuran

Informasi harga tali kur untuk tas di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga tali kur untuk tas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga tali kur untuk tas di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual. Anda bisa mencari tali kur untuk tas di toko benang jahit atau toko aksesoris terdekat yang ada di kota tempat tinggal Anda.

Pembuatan tas atau aneka kerajinan tangan lainnya dari tali kur memang memerlukan kesabaran dan juga ketelitian. Jika Anda ingin mulai mempraktikkannya di rumah, Anda bisa belajar membuat pola yang paling mudah terlebih dahulu dengan satu warna tali kur. Jika sudah mulai lancar dan mahir, Anda bisa memadukan beberapa warna tali kur sekaligus. Anda juga dapat mencari referensi model tas dari tali kur yang mudah diakses secara bebas di blog atau bahkan situs berbagi video YouTube.

[1]Sispayani, D. 2019. Bag Macrame: Tutorial Cara Membuat TasMacrame Dengan Bahan Tali Kur, Mudah Diikuti. Jakarta: Homindonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.