Harga Tahu Tuna Pacitan (Dewa Ruci) per Plastik

Tahu tuna merupakan produk olahan ikan tuna yang bergizi tinggi dan biasanya tidak hanya dijadikan camilan, tetapi juga lauk.[1] Salah satu agroindustri tahu tuna yang terbilang cukup terkenal adalah Tahu Tuna Pacitan atau lebih dikenal dengan Dewa Ruci Frozen Food, karena rasanya yang lezat dengan harga relatif terjangkau.

Proses Pembuatan Tahu Tuna Pacitan

Tahu tuna pacitan/Tahu Tuna Dewaruci (sumber: tahutunapacitan.com)
Tahu tuna pacitan/Tahu Tuna Dewaruci (sumber: tahutunapacitan.com)

Dilansir dari website resminya, Tahu Tuna Pacitan memiliki banyak produk olahan ikan tuna, mulai dari baso, pangsit, lumpia, nuget, kaki naga, otak-otak, dan stik. Namun, yang terbilang paling laris adalah produk utamanya, yakni tahu tuna. Ini merupakan tahu dengan isian daging ikan tuna yang sudah diolah dengan aneka bumbu.

Bacaan Lainnya

Termasuk oleh-oleh khas Pacitan, tahu tuna Dewa Ruci Frozen Food ini diklaim terbuat dari ikan tuna segar yang ditangkap langsung oleh para nelayan lokal. Selain itu, makanan beku ini tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, dan pengenyal. Tak heran jika makanan ini disebut sebagai camilan yang bergizi dan aman untuk dikonsumsi.

Proses pembuatan tahu tuna tersebut tidak seperti produk rumahan lainnya yang masih jadul, tetapi sudah menggunakan alat-alat canggih. Untuk mencampur adonannya saja, menggunakan alat pengaduk khusus yang mirip dengan mixer kue. Bahan-bahan seperti daging ikan giling, tepung tapioka, telur, dan bumbu rempah-rempah akan diaduk hingga rata.

Adonan isian yang sudah jadi harus segera dimasukkan ke dalam wadah khusus sebelum diolah lebih lanjut. Ini bertujuan agar adonan tidak mudah kering dan tercemar bakteri. Setelah itu, adonan dimasukkan ke dalam tahu dan dikukus. Lamanya pengukusan tergantung dari jumlah tahu yang dimasukkan ke dalam alat pengukus.

Tahu tuna yang sudah matang kemudian didinginkan dan dimasukkan ke dalam plastik untuk dikemas. Pengemasan produk terbilang cukup steril, karena menggunakan mesin. Supaya tahu tidak mudah rusak, plastiknya akan di-vakum dan dibekukan di dalam lemari pendingin hingga mengeras. Setelah itu, produk baru bisa diedarkan ke distributor Tahu Tuna Pacitan.

Tergolong produk basah, tahu tuna yang tidak mengandung pengawet cepat basi, apalagi jika penyimpanannya kurang tepat.[2] Sebaiknya, setelah Anda membeli produk Tahu Tuna Pacitan, simpan di dalam lemari pendingin atau freezer. Ini akan membantu memperlambat proses pembusukan dan membuat tahu tuna menjadi lebih awet.

Review Tahu Tuna Pacitan

Tampaknya, sudah banyak orang yang membeli tahu tuna Dewa Ruci Frozen Food. Menurut salah satu konsumen, tahu tuna tersebut memiliki tekstur yang lembut di dalam dan renyah di luar. Rasa makanan ini juga lezat dan cenderung asin, cocok untuk dijadikan lauk dengan nasi hangat dan kerupuk.

Tahu tuna pacitan/Tahu Tuna Dewaruci (sumber: tahutunapacitan.com)
Tahu tuna pacitan/Tahu Tuna Dewaruci (sumber: tahutunapacitan.com)

Untuk memasak tahu tuna juga terbilang praktis dan cepat, karena Anda hanya perlu menggorengnya. Sebelumnya, siapkan minyak dan wajan terlebih dahulu. Panaskan wajan di atas api sedang dan masukkan tahu tuna. Goreng hingga kecokelatan dan angkat, lalu tiriskan. Tahu tuna goreng siap dihidangkan dan akan lebih enak lagi jika dicocol dengan sambal, , dan kecap.

Nah, untuk Anda yang ingin mendapatkan tekstur yang garing dan renyah, Anda bisa melapisi tahu tuna dengan tepung atau telur. Selain itu, Anda bisa menjadikannya camilan dengan cara memotongnya kecil-kecil lalu menaburinya dengan tepung dan menggorengnya. Setelah itu, tambahkan bumbu bubuk aneka rasa, seperti kaldu, BBQ, jagung, dan keju.

Beberapa orang juga memasaknya dengan cara direbus. Untuk rebusan, Anda hanya perlu memasukkan tahu tuna ke dalam panci berisi air panas yang mendidih. Tambahkan bawang putih, bawang merah, potongan daun bawang, potongan daun seledri, dan irisan tomat. Selain itu, Anda bisa menambahkan sedikit kaldu bubuk. Sebagai topping, tambahkan juga baso tuna dan telur rebus. Rebusan seperti ini terbilang cocok dihidangkan saat cuaca sedang .

Harga Tahu Tuna Pacitan

Berdasarkan website resminya, tahu tuna Dewa Ruci Frozen Food dijual dalam kemasan plastik isi 10 biji dengan harga Rp7 ribu. Sementara itu, di situs jual beli online, produk tersebut dijual dengan harga mulai Rp11 ribu hingga Rp13 ribu. Sebagai alternatif, Anda juga bisa membeli tahu tuna khas Pacitan di Gerai Tahu Tuna Pak Ran yang dijual dengan harga mulai Rp11 ribu hingga Rp17 ribuan per bungkus isi 10.

[1] Kartikasari, Ratih Dwi, Joko Sutrisno, Nuning Setyowati. 2016. Strategi Pemasaran Tahu Tuna di Kabupaten Pacitan. AGRISTA Sebelas Maret Surakarta, Vol. 4(2): 20-30.

[2] ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *