Update Cara Membuat & Harga Tahu Susu di Pasaran

Anda pasti sudah tak asing dengan tahu. Ya, makanan ini kerap dijadikan lauk pendamping nasi. Tahu yang beredar di Indonesia ada banyak macamnya, mulai dari tahu kedelai, tahu sumedang, hingga tahu susu. Karena termasuk makanan pokok yang bahan pembuatannya mudah didapat, harga tahu di pasaran pun relatif terjangkau.

Tahu
Tahu

Selain tempe, tahu adalah lauk yang sangat populer di Indonesia. Tahu adalah salah satu bahan makanan yang konon berasal dari China. Kata “tahu” diambil dari kata “doufu” yang artinya adalah kedelai yang terfermentasi. Produk ini secara umum dibuat dengan cara menambahkan zat penggumpal yang dibuat dari rendaman tahu selama lebih dari 24 jam.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Tahu Susu?

Sementara itu, tahu susu merupakan makanan khas dari salah satu sentra peternakan sapi perah di Indonesia, yaitu di daerah Lembang, Bandung, Jawa Barat. Bentuk dasar dari tahu susu berupa gumpalan yang kandungan airnya dikeluarkan. Penampilan tahu susu mirip dengan tahu sumedang, tetapi dengan tekstur lebih padat dan lebih gurih.

Pembuatan tahu susu lebih sederhana dibandingkan dengan pembuatan tahu dari kacang kedelai. Hal ini disebabkan bahan dasar pembuatan tahu susu sudah berupa cairan, sedangkan kedelai harus diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan cairannya. Bahan penggumpal yang biasa digunakan dalam pembuatan tahu kedelai dapat pula digunakan dalam pembuatan tahu susu. Tahu susu dapat diolah menjadi berbagai masakan khas tahu, seperti batagor, kupat tahu susu, gorengan tahu, dan siomay tahu susu.[1]

Hal yang menjadi khas tahu susu Bandung adalah bahan yang dicampurkan ketika pembuatan tahu. Tahu susu khas Bandung kabarnya terbuat dari campuran kacang kedelai, susu sapi murni, mentega, garam, kunyit, bawang putih, air, dan biang tahu. Dalam proses pembuatannya, kacang kedelai direndam selama empat jam, kemudian dicuci dan digiling sampai lembut. Setelah itu, direbus sekitar satu jam.

Kacang kedelai disaring dan dipisahkan dari ampasnya. Jika sudah, baru ditambahkan susu murni, mentega, garam, dan air biang tahu, lalu dimasukkan dalam cetakan dan di-press. Tahu susu dipotong sesuai ukuran yang dikehendaki dan didinginkan. Untuk menyantapnya pun tinggal digoreng saja.

Di Bandung sana, ada dua jenis tahu susu, yakni yang berwarna kuning dan putih. Perbedaannya hanya dari pemakaian kunyit, untuk rasanya secara umum sama. Tak hanya dari Lembang, tahu susu dari Boyolali juga terkenal. Boyolali merupakan kota yang terkenal dengan ternak sapi perah. Karena itu, produktivitas susu sapi segar di Boyolali cukup tinggi. Ada sejumlah makanan khas Boyolali yang terbuat dari susu, termasuk tahu susu.

Seperti halnya di Lembang, tahu susu khas Boyolali juga terbuat dari susu. Namun, bahan pokok yang digunakan adalah susu sapi pertama yang baru melahirkan. Sapi yang baru melahirkan umumnya mengeluarkan susu yang kurang laku dijual karena warnanya menguning dan baunya pun amis. Namun rupanya, kandungan gizi yang ada dalam susu sapi tersebut sangat tinggi. Supaya tidak terbuang sia-sia, masyarakat Boyolali pun mengolah kembali susu tersebut menjadi camilan tahu susu yang bergizi dan berasa lezat.

Ilustrasi olahan tahu susu (sumber: wikimedioc.com)

Kombinasi antara tahu dan susu menawarkan cita gurih yang enak dan aroma susu yang kental. Tekstur tahu susu pun lebih lembut dari tahu kedelai biasa. Di samping itu, tahu susu khas Boyolali juga diklaim sehat dan aman, karena tak ada campuran senyawa lain dalam proses pembuatannya. Bahkan kabarnya, tahu susu dapat menjadi obat untuk para penderita penyakit hipertensi.

Lantaran umumnya proses pembuatan tahu susu dilakukan secara tradisional dan tanpa bahan pengawet, produk tersebut hanya dapat bertahan sekitar dua hari saja jika diletakkan pada suhu ruangan. Namun, tahu susu dapat bertahan maksimal hingga seminggu apabila Anda simpan di dalam lemari es atau kulkas.

Cara menggoreng tahu susu juga tidak terlalu sulit. Tahu susu umumnya disarankan untuk digoreng dalam minyak yang panas dan banyak, sehingga tahu dapat tenggelam dalam minyak ketika digoreng. Setelah warna berubah menjadi kecokelatan, segera angkat dan sajikan selagi hangat. Saat menggoreng tahu susu, sebaiknya tidak terlalu sering dibolak-balik supaya teksturnya tidak hancur. Setelah digoreng, permukaan tahu susu akan berubah kering dan renyah, sedangkan bagian dalamnya terasa lembut, gurih, dan enak.

Selain disantap dengan cara digoreng terlebih dahulu, tahu susu khas Lembang ternyata juga bisa dikonsumsi dengan cara dikukus. Tahu susu khas Lembang rupanya dibuat dengan cara direbus sebanyak dua kali, sehingga diklaim relatif aman untuk langsung dikonsumsi. Jadi, apabila dikonsumsi dengan cara dikukus, maka asli dari tahu susu tersebut akan keluar.

Cara Membuat Tahu Susu

Anda juga bisa membuat sendiri tahu susu di rumah. Cara pembuatan tahu susu pun cukup mudah. Anda bisa mencampurkan susu sapi yang telah diperah dengan bumbu-bumbu tradisional seperti bawang putih, ketumbar, dan garam yang telah dihaluskan. Campurkan semua bumbu dan aduk sampai merata.

Apabila adonan sudah tercampur rata, tuangkan adonan dalam cetakan dan kukus sampai matang. Setelah dikukus, susu tersebut akan berbentuk seperti tahu pada umumnya. Kemudian, Anda bisa memotong tahu susu sesuai selera dan menyantapnya dengan cara digoreng terlebih dahulu atau bisa dengan dikukus.

Jika membuat tahu susu sendiri Anda terlalu merepotkan, tidak ada salahnya membeli tahu susu yang sudah jadi. Tahu susu yang dijual di pasaran harganya pun relatif terjangkau. Hadir dalam berbagai merk dan kemasan, berikut kami sajikan informasi kisaran harga tahu susu yang kami rangkum dari berbagai sumber pada 2022.

Tahu susu (sumber: detik)

Harga Tahu Susu

Merk/Kemasan Tahu Susu Harga (Rp)
Tahu Susu Khanza 3.700
Tahu Susu Pack Curah 6.000
Tahu Susu Chubbae 6.500
Tahu Susu CJR 8.000
Tahu Susu Lembang (6 pcs) 8.500
Tahu Susu Mamitha 10.000
Tahu Susu Kuning Cibuntu 10.000
Tahu Susu Lembang Utis (10 pcs) 12.000
Tahu Susu Spesial PS 14.000
Tahu Susu Bilyatimi 14.000
Tahu Susu NJ Food Bandung 15.000
Tahu Susu Keju (Tasuke) 50 potong 15.800
Tahu Susu Original Epi 16.000
Tahu Susu Neng Farrah 18.000
Tahu Susu Mbokdah 18.000
Tahu Susu Ratu Khas Jombang isi 50 pcs 18.213
Tahu Susu Gloria 20.000
Tahu Susu Khas Jombang (50 pcs) 22.000
Tahu Susu Mentah (16 pcs) 24.000
Tahu Susu Mami Food Jombang 25.000
Tahu Susu Bandung Matang (16 pcs) 32.000

Harga tahu susu di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun 2020, harganya tahun 2021 dan 2022 ada yang tetap, tetapi tidak sedikit yang naik. Tahu susuKhanza misalnya, masih ditawarkan dengan harga Rp3.700 sampai saat ini. Harga tahu susu Gloria juga masih tetap Rp20.000. Sementara, harga tahu susu Bandung matang isi 16 sedikit naik dari Rp30 ribu menjadi Rp32 ribuan.

[Update: Dian]

[1]Syarif, E. K., dkk. 2011. Buku Pintar Beternak & Bisnis Sapi Perah (Ed. Tinton). Jakarta: AgroMedia Pustaka.

Pos terkait