Specs dan Update Harga Jam Tangan TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17

Selain terkenal akan produk cokelatnya, Swiss juga populer sebagai negara penghasil jam tangan atau arloji berkualitas. Ada banyak merk jam tangan yang berasal dari negara di Pegunungan Alpen ini, salah satunya TAG Heuer. Sudah berdiri sejak tahun 1860 silam, TAG Heuer telah meluncurkan banyak produk jam tangan, termasuk model Grand Carrera Calibre 17 yang dijual dengan harga mencapai jutaan rupiah untuk produk original atau asli.

TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 (sumber: pinterest)
TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 (sumber: pinterest)

Sejarah TAG Heuer

Sebelum membahas mengenai Grand Carrera Calibre 17, tidak ada salahnya jika kita mengupas sedikit mengenai produsennya. TAG Heuer adalah perusahaan manufaktur mewah asal Swiss yang mendesain, memproduksi, dan memasarkan jam tangan dan aksesoris mode, serta kacamata dan ponsel yang diproduksi di bawah lisensi oleh perusahaan lain dan membawa TAG Heuer sebagai nama merk.

Bacaan Lainnya

Sejarah perusahaan ini dimulai sebagai Uhren Manufaktur Heuer AG, didirikan pada 1860 oleh Edouard Heuer di St-Imier, Swiss. Pada tahun 1985, TAG Group membeli saham mayoritas di perusahaan, membentuk TAG Heuer. Lalu, pada tahun 1999, konglomerat barang mewah Prancis, LVMH, membeli hampir 100 persen perusahaan asal Swiss itu. 

Pada 1882, Edouard Heuer mematenkan chronograph pertamanya dan pada tahun 1887 mematenkan ‘pinion berosilasi’ yang masih digunakan oleh pembuat jam utama chronograph mekanik. Kemudian, pada tahun 1911, Heuer menerima paten untuk ‘Time of Trip’, chronograph dasbor pertama. Didesain untuk digunakan pada mobil dan pesawat terbang, dua tangan besar yang dipasang dari pinion tengah menunjukkan waktu, seperti pada jam tradisional, dengan sepasang kecil tangan, yang dipasang di bagian atas dial (posisi jam 12) menunjukkan durasi perjalanan (hingga 12 jam). 

Heuer lantas memperkenalkan chronograph pergelangan tangan pertama pada tahun 1914. Mahkota berada pada posisi jam 12, karena chronograph pergelangan tangan pertama ini diadaptasi dari chronograph saku. Selang dua tahun kemudian, putra Edward Heuer, Charles-Auguste, memperkenalkan ‘Mikrograph’, sebuah stopwatch pertama yang akurat hingga 1/100 detik. Model ini segera diikuti oleh ‘Semikrograph’, sebuah stopwatch yang menawarkan akurasi 1/50, serta fungsi sepersekian detik (yang memungkinkan pengguna untuk menentukan interval antara dua kontestan atau acara). 

Dua dekade berikutnya, tepatnya 1933, produsen memperkenalkan ‘Autavia’, penghitung waktu yang digunakan untuk mobil dan pesawat terbang. Lalu, selama periode 1935 hingga 1940-an, Heuer membuat chronograph untuk pilot di Luftwaffe, yang dikenal sebagai chronograph ‘Flieger’ (pilot). Versi sebelumnya merupakan casing berengsel dan satu pendorong (untuk start/stop/reset), sedangkan versi selanjutnya memiliki case snapback dan menambahkan pendorong kedua (untuk time-in dan time-out).

Di periode 1940-an, Heuer makin memperluas lini chronograph mereka dengan memasukkan model dua dan tiga register, serta chronograph tiga register yang mencakup fungsi kalender penuh. Kemudian, di awal 1950-an, perusahaan ini memproduksi jam tangan untuk pengecer asal Amerika, Abercrombie & Fitch, yakni ‘Seafarer’ dan ‘Auto-Graph’, yang dijual dengan merk Heuer.

Dari tahun 1950 hingga 1970-an, Heuer adalah brand jam tangan populer di kalangan pembalap mobil, baik profesional maupun amatir. Merk ini adalah produsen stopwatch dan peralatan waktu terkemuka, berdasarkan volume penjualannya, jadi wajar jika pembalap, kru, dan sponsor acara mereka mulai memakai chronograph Heuer. Versi khusus chronograph Heuer salah satunya diproduksi dengan logo Indianapolis Motor Speedway, serta nama atau logo tim balap atau sponsor (misalnya Shelby Cobra, MG, dan Champion Spark Plugs).

TAG Heuer lantas terbentuk pada tahun 1985 ketika TAG (Techniques d’Avant Garde), produsen barang-barang teknologi tinggi seperti turbocharger keramik untuk mobil-mobil F1, dan pengusaha Inggris, Ron Dennis, mengakuisisi Heuer. Pada tahun 1999, TAG Heuer menerima tawaran dari LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton S.A sebesar USD 739 juta untuk 50,1 persen saham.

Spesifikasi TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17

Seperti disampaikan di atas, sudah ada banyak jam tangan yang telah diproduksi TAG Heuer dan diedarkan ke seluruh dunia. Nah, salah satu model yang saat ini masih diminati adalah Grand Carrera Calibre 17. Ini adalah perpaduan sempurna antara olahraga dan kemewahan, yang mewakili warisan balap motor yang unik. Masih mengusung kesederhanaan desain dari ikon Carrera, jam tangan ini menampilkan cakram Rotating System yang inovatif untuk menunjukkan waktu dengan cara yang baru.

Alih-alih sub-cepat seperti biasa, Grand Carrera Calibre 17 ini menggabungkan cakram Sistem Berputar (RS), yang langsung terinspirasi dari desain mesin mobil balap GT. Dihiasi dengan bingkai setengah lingkaran, dipoles, cakram-cakram ini memberikan keterbacaan yang optimal dan memberi para desainer fleksibilitas yang lebih besar.

TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 (sumber: analogshift.com)
TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 (sumber: analogshift.com)

Chronograph Grand Carrera Calibre 17 RS memiliki dua sub-dial, detik kecil pada jam 3 dan penghitung menit pada posisi jam 9. Case maskulin 43 mm terbuat dari baja yang disikat halus (kecuali edisi terbatas dengan warna emas merah muda). Ini cocok dengan bezel yang juga disikat halus dan dipoles dengan skala tachymeter dan tali buaya atau gelang baja.

Seperti namanya, arloji ini ditenagai oleh gerakan otomatis Calibre 17 RS (ETA 2894-2), dengan dua sistem berputar. Officially Certified Chronometer ini berdenyut dengan 28.000 getaran per jam (4 Hertz). Watch dial hadir dalam dua variasi, hitam dan , yang mewakili keanggunan klasik autentik dari merk Heuer yang sudah melegenda. 

Mengusung spesifikasi kelas atas dan termasuk seri yang premium, tidak mengherankan jika produk ini telah mendapatkan banyak review positif dari konsumen. Bahkan, jam tangan TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 yang asli dijual dengan harga selangit. Lalu, berapa harga jam tangan Tag Heuer Grand Carrera Calibre 17 saat ini?

Harga TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17

Tipe TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 Kisaran Harga
TAG Heuer Grand Carrera

Chronograph Calibre 17 2009

USD3.509 setara Rp54.835.318
TAG Heuer Grand Carrera

Calibre 17 2010

USD3.659 setara Rp57.175.351
TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 RS2 Limited Edition Chronometer 2013 Rp79.873.838

Informasi harga jam tangan TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 di atas kami rangkum dari situs jual beli online di luar negeri. Perlu diketahui, 1 USD setara dengan Rp15.624. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga jam tangan TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 saat ini cenderung naik. Misalnya, TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 RS2 edisi 2013 yang semula ditawarkan seharga Rp50,8 juta, sekarang naik menjadi Rp79,8 juta. 

Sementara itu, di pasaran dalam negeri, memang terbilang sulit mendapatkan produk baru TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17. Namun, tidak ada salahnya membeli produk bekas. Di Tokopedia misalnya, TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 RS2 second tahun produksi saat ini ditawarkan senilai Rp45 juta. Ada pula yang menjual Tag Heuer Grand Carrera Calibre 17 Authentic berkisar dengan harga Rp24,5 juta.

Sebelum membeli produk, pastikan jam tangan TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 milik Anda adalah produk original. Pasalnya, tak sedikit produk KW beredar di pasaran dengan harga murah. Bahkan, Anda dapat menemukan jam tangan TAG Heuer Grand Carrera Calibre 17 yang hanya dijual Rp1,2 juta. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati saat membeli dan jangan terkecoh pada produk yang murah.

[Update: Ditta]

Pos terkait