Update Harga Tabung Gas Kosong 3 Kg & 12 Kg (Baru dan Bekas)

Umumnya, masyarakat di Indonesia saat ini sudah beralih dari minyak tanah ke gas untuk kebutuhan memasak di dapur. Di Tanah Air sendiri, selain kemasan 3 kg, tabung gas sekarang juga tersedia dalam ukuran 12 kg. Nah, jika Anda sedang membutuhkan tabung gas kosong, harganya saat ini berkisar ratusan ribu rupiah untuk produk baru.

Tabung gas LPG kosong (sumber: lightcastlebd.com)

Tabung gas LPG kosong (sumber: lightcastlebd.com)

LPG merupakan gas hidrokarbon produksi dari kilang minyak dan kilang gas dengan komponen utama gas propane (C3H8) dan butane (C4H10). Di Indonesia, LPG digunakan terutama sebagai bakar untuk memasak. Konsumen LPG bervariasi, mulai dari rumah tangga, kalangan komersial (restoran, hotel), hingga industri. Di kalangan industri, LPG digunakan sebagai bakar pada industri makanan, keramik, gelas, serta bakar forklift. Selain itu, LPG juga dapat digunakan sebagai baku pada industri aerosol serta refrigerant ramah lingkungan.

Dibandingkan dengan bahan bakar lain, penggunaan LPG diklaim lebih menguntungkan, karena beberapa alasan, di antaranya:

  • Hasil pembakaran LPG lebih bersih dengan tingkat emisi yang rendah.
  • Pembakaran LPG menghasilkan nilai kalori yang tinggi dan stabil.
  • LPG dapat didistribusikan ke daerah manapun menggunakan skid tank ataupun tongkang, hingga ke daerah yang jauh dari supply point. Pada tekanan atmosfer, LPG memang berbentuk gas, tetapi untuk kemudahan distribusinya, bentuk LPG diubah menjadi cair dengan memberi tekanan. Dengan bentuk cair ini, LPG menjadi lebih mudah didistribusikan dalam tabung ataupun tangki.
  • Cocok untuk produk yang sensitif dalam hal bau. Hasil pembakaran LPG tidak meninggalkan bau, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan bakar ataupun bahan baku untuk industri yang produknya sensitif terhadap bau.
  • Karena hasil pembakaran LPG yang bersih, penggunaan gas ini akan ikut menunjang tuntutan dunia akan penggunaan bahan bakar yang ramah terhadap lingkungan.
  • Penggunaan LPG yang hemat serta rendahnya maintenance peralatan dapat mengurangi yang harus dikeluarkan untuk bahan bakar dan maintenance peralatan.

Masyarakat umum berpendapat bahwa LPG sama dengan LNG atau CNG. Padahal, ketiga komoditas ini memiliki karakter yang berbeda, yang sangat memengaruhi bagaimana pemanfaatan masing-masing gas tersebut. LPG dan LNG meski sama-sama gas yang dicairkan untuk memudahkan distribusi, tetapi memiliki komponen yang berbeda. Komponen LPG didominasi oleh propana dan butana, selain jeni gas ini memiliki massa yang lebih besar dibandingkan LNG. Dalam tabung, LPG berbentuk zat cair, namun pada suhu dan tekanan normal, LPG yang keluar dari tabung akan langsung berubah menjadi gas.

Sementara, LNG atau liquefied natural gas merupakan gas yang didominasi oleh metana dan etana yang didinginkan hingga menjadi cair. Pengembangan dan pemanfaatan LNG memerlukan infrastruktur yang lebih kompleks. Dari sisi hulu, pengembangan LNG tidak hanya memerlukan fasilitas produksi biasa, tetapi memerlukan kilang yang mampu mencairkan gas tersebut sampai suhu minus 150-200 derajat Celcius.

Adapun CNG, atau compressed natural gas, adalah gas yang sama dengan LNG, hanya saja pada CNG, gas metana dikompresi namun tidak sampai mencair. Produksi dan penyimpanan CNG lebih murah dibandingkan dengan LNG. Namun, CNG membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar serta tekanan yang sangat tinggi, sehingga distribusi tidak bisa untuk jarak yang terlalu jauh.

Gas LPG 3 Kg

Tabung gas 3 kg (sumber: global-news.co.id)

Seperti dijelaskan sebelumnya, di Indonesia, masyarakat banyak yang menggunakan gas LPG dengan ukuran 3 kg. Selain punya bentuk yang relatif kecil, sehingga ringkas dan mudah diletakkan di dapur, gas LPG 3 kg ini juga relatif lebih terjangkau dibandingkan gas LPG 12 kg sehingga menjadi varian yang paling laris diburu masyarakat.

Menurut kabar terbaru, selain subsidi, Pertamina juga meluncurkan LPG 3 kg non-subsidi. Secara tampilan, LPG 3 kg non-subsidi ini memiliki sedikit perbedaan dengan varian subsidi. Jika gas LPG 3 kg subsidi umumnya memiliki tabung berwarna hijau, maka model non-subsidi punya warna yang berbeda. Selain itu, juga tidak ada lagi pencantuman tulisan khusus untuk masyarakat miskin dalam tabung LPG non-subsidi.

Karena merupakan produk non-subsidi, harga gas LPG 3 kg terbaru ini tentunya lebih mahal dibandingkan model subsidi. Jika gas LPG 3 kg subsidi sekarang dijual di kisaran harga Rp17 ribu sampai Rp20 ribuan per tabung, maka harga gas LPG 3 kg non-subsidi berada di rentang Rp40 ribuan per tabung. Gas LPG itu sendiri sudah mulai ditawarkan ke masyarakat pada bulan Juli 2018 lalu.

Gas LPG 12 Kg

LPG, elpiji, kemasan, tabung, gas, dapur, Indonesia, Pertamina, produk, harga, Bright Gas, warna, kosong, kondisi, baru, bekas, minyak, ukuran

Tabung gas elpiji 12 kg (sumber: dekandidat.com)

Nah, untuk gas LPG 12 kg, memiliki ukuran tabung yang lebih besar dibandingkan gas LPG 3 kg. Umumnya, berwarna biru, tabung gas LPG 12 kg ini memiliki bentuk yang bulat dan memanjang. Selain itu, karena punya kapasitas lebih banyak, maka gas LPG 12 kg tentunya memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan model di bawahnya.

Pada tahun 2013 lalu, Pertamina meluncurkan produk LPG 12 kg dengan Bright Gas. Elpiji 12 kg versi terbaru ini diklaim memiliki beberapa keunggulan dibandingkan elpiji 12 kg konvensional yang memiliki tabung berwarna biru, antara lain memiliki teknologi Double Spindle Valve System (DSVS) dan juga fitur keamanan segel resmi Pertamina, empat varian warna yang menarik, serta yang lebih terjamin.

Bagi Anda yang membutuhkan tabung gas LPG kosong sebagai persediaan atau cadangan di rumah, tidak sulit untuk mendapatkannya. Anda bisa meluncur ke penyalur resmi atau menelusuri berbagai situs jual beli online. Berikut kami sajikan kisaran harga tabung gas LPG kosong, baik ukuran 3 kg maupun 12 kg.

Harga Tabung Gas Kosong

Ukuran Tabung GasHarga (Rp)
Gas LPG 3 Kg137.500 – 190.000
LPG Bright Gas Pink 3 kg150.000 – 160.000
Gas LPG 12 Kg240.000 – 384.600
LPG Bright Gas Pink 12 kg250.000 – 285.000

harga tabung gas LPG di atas merupakan produk baru. Jika Anda mencari produk bekas, harganya tentu jauh lebih murah. Di , harga tabung gas LPG 3 kg bekas saat ini berkisar Rp97 ribu sampai Rp172 ribuan. Sementara, harga tabung gas LPG 12 kg bekas sekarang berada di rentang Rp240.000 hingga Rp350.000 per tabung.

[Update: Dian]

Baca juga  Cara dan Biaya Pendaftaran STR Online (Baru dan Ulang)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Tabung Gas Kosong 3 Kg & 12 Kg (Baru dan Bekas)"