Manfaat dan Harga Susu Peptisol (Indomaret, Apotek, Official Store)

Selain untuk menunjang pertumbuhan (terutama pada bayi dan anak-anak), memperkuat tulang, atau nutrisi penunjang diet, ternyata ada juga susu yang sengaja ditujukan untuk kebutuhan khusus, seperti pasien medis yang mengalami nutrisi atau mereka yang baru saja melakukan rawat inap guna mengembalikan kembali kondisi tubuh. Dari sekian merk yang beredar, salah satu yang sudah cukup terkenal adalah Peptisol. Pasalnya, selain punya harga relatif terjangkau, produk ini juga mudah didapatkan di apotek, minimarket seperti Indomaret, atau lewat situs e-commerce.

Ilustrasi: minum susu (sumber: istockphoto)
Ilustrasi: minum susu (sumber: istockphoto)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan susu. Susu adalah salah satu pangan asal ternak yang memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti protein, , mineral, dan beberapa vitamin.[1] Konsumsi susu sering dikaitkan dengan kesehatan. Misalnya, konsumsi susu tinggi protein dikatakan dapat menurunkan prevalensi gangguan metabolik atau mempertahankan kesehatan metabolik.[2] Tidak cuma itu, konsumsi susu yang mengandung protein diklaim dapat menstimulasi sekresi insulin, yang punya efek langsung dan tidak langsung pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.[3]

Bacaan Lainnya

Tidak cuma untuk mereka yang sehat dan ingin mempertahankan bentuk tubuh, banyak juga susu yang ditujukan untuk sejumlah kebutuhan khusus, seperti kontrol diet pada masa pemulihan dari sakit atau mereka yang ingin memulihkan kondisi setelah mendapatkan perawatan inap di rumah sakit. Nah, dari sekian banyak merk ‘susu khusus’ ini, salah satu yang mungkin sudah cukup familiar adalah Peptisol.

Indikasi Susu Peptisol

Dikutip dari berbagai sumber, Peptisol Susu Pangan, demikian banyak yang menyebutnya, adalah untuk pasien dengan keadaan medis tertentu, seperti pasien yang mengalami malnutrisi (kekurangan gizi) dan pasien yang baru saja melakukan perawatan inap. Susu bubuk ini dikatakan sudah diperkaya dengan protein berkualitas yang sangat dibutuhkan pasien setelah mengalami kondisi medis, seperti stroke, trauma, atau pembedahan luka bakar yang parah.

Olahan pangan medis khusus untuk kontrol diet pada masa pemulihan dari sakit dengan protein tinggi terutama baik sekali untuk pasien pasca-operasi. Manfaat lainnya yang ditawarkan Peptisol adalah untuk meningkatkan berat janin bagi hamil, pembentukan massa otot, kontrol berat badan, atau kondisi kesehatan lainnya yang membutuhkan dukungan protein tinggi.

Komposisi Susu Peptisol

Per saji susu Peptisol, menurut klaim Kalbe, mengandung 3 gr lemak, 14 gr protein, 43 gr karbohidrat, 130 mg natrium, 100 mg kalium, vitamin A 30% AKG, vitamin C 10% AKG, vitamin D3 8% AKG, 10% AKG, vitamin B1 25% AKG, vitamin B2 25% AKG, vitamin B3 20% AKG, vitamin B6 30% AKG, vitamin B12 10% AKG, asam folat 8% AKG, kalsium 15% AKG, besi 6% AKG, fosfor 20% AKG, magnesium 25% AKG, seng 20% AKG, yodium 15% AKG, dan 150 mg klorida.

Susu Peptisol

  • Dewasa: 2 sampai 6 kali sehari 1 sachet (63 gr).
  • Hanya digunakan sesuai petunjuk dokter atau ahli gizi dan bervariasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.
Susu Peptisol (sumber: carousell)
Susu Peptisol (sumber: carousell)

Aturan Penyajian Susu Peptisol

Ambil tiap satu sachet (63 gr) saat penyajian, lalu dilarutkan dalam 200 ml air hangat untuk menghasilkan 250 kkal. Ikuti petunjuk dokter dalam pemberian melalui sonde (osmolaritas kurang lebih 478 mOsmol/kg air). Karena ini merupakan pangan olahan keperluan medis khusus berprotein tinggi yang digunakan pada masa pemulihan dari sakit saat asupan nutrisi tidak dapat dipenuhi oleh makanan biasa, penggunaan produk harus dengan rekomendasi dokter.

Apabila Anda membutuhkan susu Peptisol, entah untuk mengembalikan kondisi tubuh selepas operasi atau keperluan lainnya, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai apotek, minimarket, atau sejumlah situs e-commerce. Berikut informasi harga susu Peptisol saat ini.

Harga Susu Peptisol

Lokasi Pembelian Harga
Indomaret Rp70.900
Kalbe Official Store Rp81.675 – Rp82.500
Apotek K24 Rp88.034

Harga susu Peptisol di atas kami rangkum dari website resmi masing-masing lokasi pembelian. Susu Peptisol hanya tersedia dalam kemasan atau kotak berisi 189 gram, tetapi ditawarkan dalam dua rasa, yakni vanilla dan cokelat. Perlu Anda catat bahwa harga susu Peptisol tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Suwito, Widodo dan Andriani. 2012. Teknologi Penanganan Susu yang Baik dengan Mencermati Profil Mikroba Susu Sapi di Berbagai Daerah. Jurnal Pascapanen, Vol. 9(1): 35-44.

[2] McGregor, R. A. & Sally D. Poppit. 2013. Milk Protein for Improved Metabolic Health: A Review of the Evidence. Nutr. Metab, Vol. 10(43): 1-13.

[3] Harna, et al. 2018. Pengaruh Pemberian Susu Tinggi Protein terhadap Tingkat Nafsu Makan dan Kadar Glukosa Postprandial. Jurnal MKMI, Vol. 14(4): 329-338.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *