Harga Surya 12 dan 16 (Pak, Slop, Kaleng)

Dari gempuran sejumlah merk baru, tetap menjadi salah satu rokok populer dan dikonsumsi banyak orang di Indonesia. Pasalnya, selain punya harga yang relatif terjangkau, tarikan produk tersebut dikatakan cukup mantap, tetapi dengan ‘rasa’ yang lebih halus. Selain per pak, Gudang sebagai produsen telah menyediakan rokok Surya dalam kemasan slop dan kaleng, biasanya untuk stok atau acara-acara yang mengundang banyak tamu.

Rokok Surya (sumber: bukalapak)
Rokok Surya (sumber: bukalapak)

Sudah banyak dokter, ahli kesehatan, bahkan sejumlah artikel yang menyebutkan bahwa merokok merupakan yang dapat mengganggu kesehatan, bahkan bisa mengakibatkan kematian. Namun, diakui atau tidak, jumlah perokok aktif di Indonesia masih tergolong tinggi. Walau bukan kebutuhan pokok, rokok digemari banyak orang dan termasuk convenience good atau barang yang sering dibeli terus-menerus oleh konsumen, tanpa banyak melakukan pertimbangan dalam proses pembeliannya.[1]

Bacaan Lainnya

Review Rokok Surya

Di Indonesia, ada begitu banyak merk rokok yang telah dirilis. Namun, dari sekian brand yang beredar, Surya tetap menjadi salah satu produk yang populer, tidak hanya di kalangan tukang, tetapi juga orang-orang seperti selebritas. Jadi, tidak mengherankan jika kemudian rokok buatan Gudang Garam tersebut tetap eksis hingga sekarang meskipun sudah hadir sejak dekade 1980-an silam.

Meskipun sudah hadir dalam beberapa varian, tetapi varian produk Surya yang paling terkenal adalah Surya 12 dan Surya 16. Secara tampilan, bungkus kedua rokok tersebut mirip, dengan dominasi warna cokelat tua dan outline berwarna emas. Hanya saja, seperti namanya, sebungkus Surya 12 berisi 12 batang rokok sehingga lebih nyaman di kantong, sedangkan Surya 16 berisi 16 batang rokok sehingga terkesan lebih lebar.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Pindah ke bagian dalam, inner frame yang ada berwarna emas, disertai adanya sekat pemisah pada bagian dalam yang rokok ini dapat disebutkan mengusung kemasan model internasional layaknya Dunhill International. Khusus untuk produk isi 16, terdapat dua ruang, yang masing-masing berisi 8 batang di kiri dan 8 batang di kanan. Foil produk juga terpisah di antara bagian kiri dan kanan, warna emas dan terdapat pattern diamond serta segitiga bertuliskan GG.

Dibandingkan Gudang Garam International, rokok Surya, baik isi 12 maupun 16, punya batang yang lebih panjang, dengan diameter sama dengan rokok SKM full flavor pada umumnya. Pada bagian burning area, terdapat cetakan logo Surya berwarna merah, logo Gudang Garam berwarna biru, dan tulisan Gudang Garam dengan warna merah. Bagian batasan tipping paper, ditemukan garis emas disertai dengan warna merah, yang memiliki efek shiny dan glossy. Tipping paper rokok Surya menggunakan motif yang cenderung abstrak.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Lalu, bagaimana dengan rasanya? Menurut sejumlah konsumen, rokok Surya 16 punya rasa manis yang kuat. Sementara itu, beberapa pengguna lainnya menyebutkan kalau Surya 16 memiliki keseimbangan rasa antara manis, pekak, dan pedas. Memang, ada rasa manis yang bisa ditemukan, tetapi tidak begitu kuat. Sementara itu, rasa pedasnya cukup terasa, dengan sensasi panas yang tertinggal dan melekat di tenggorokan saat mengisap rokok tersebut, tetapi tetap halus dan tanpa membuat tenggorokan gatal.

Sementara itu, untuk Surya 12, konon menawarkan sensasi manis yang cukup terasa, disertasi sensasi fruity dan lebih halus dibandingkan Surya 16. Memang ada rasa manis, tetapi tidak sekuat varian Gudang Garam lainnya. Namun, apabila Anda mengisap rokok tersebut sepintas lalu, sensasinya akan terasa sama dengan varian Surya 16.

Merupakan produk yang populer, tidak sulit mendapatkan rokok Surya, baik isi 12 maupun isi 16. Anda dapat membelinya di berbagai toko kelontong, minimarket seperti Indomaret dan Alfamart, swalayan besar, atau memesannya lewat sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut harga rokok Surya 12 dan Surya 16 saat ini di pasaran dalam negeri.

Ilustrasi: display produk rokok di minimarket (sumber: lifepal)
Ilustrasi: display produk rokok di minimarket (sumber: lifepal)

Harga Surya 12

Kemasan Surya 12 Harga
Surya 12 per pak Rp24.000 – Rp27.597
Surya 12 per slop Rp220.000 – Rp240.000
Surya 12 per kaleng Rp90.000 – Rp106.000
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Biasanya, satu slop rokok berisi 10 bungkus atau pack, sedangkan satu kaleng berisi 50 batang rokok. Harga rokok Surya 12 di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk minimarket dan sejumlah situs e-commerce. Perlu Anda catat bahwa harga rokok Surya 12 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga Surya 16

Kemasan Surya 16 Harga
Surya 16 per pak Rp28.000 – Rp32.000
Surya 16 per slop Rp299.000 – Rp310.000
Surya 16 per kaleng Rp90.000 – Rp106.000

Daftar harga rokok Surya 16 di atas juga sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk minimarket, toko kelontong, dan sejumlah situs e-commerce. Perlu Anda ingat bahwa harga rokok Surya 16 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda.

Sebagai informasi tambahan, meskipun merupakan produk yang laris dan digemari, tetap saja Anda tidak boleh terlalu banyak mengisap rokok, bahkan malah disarankan untuk berhenti total. Berdasarkan banyak penelitian, rokok dapat menyebabkan gangguan pernapasan, seperti batuk kering dan di paru-paru, bahkan berpotensi menimbulkan serangan jantung, stroke, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan.[2]

[1] Soetiarto, Farida. 1995. Mengenal Lebih Jauh Rokok Kretek. Media Litbangkes, Vol. V(4): 31-33.

[2] Sukmana, Teddie. 2009. Mengenal Rokok dan Bahayanya. Jakarta: PS Group.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *