Harga Stik PS2 dan PS3 Tanpa Kabel (Original & KW)

Siapa yang tidak familiar dengan PlayStation atau biasa disingkat PS? buatan Sony Interactive Entertainment tersebut bisa dibilang sebagai konsol game paling populer di dunia. Meski sekarang sudah hadir generasi kelima, PS2 dan PS3 ternyata tetap diminati, salah satunya karena punya relatif lebih murah. Bahkan kini, kedua tersebut sudah bisa dimainkan menggunakan stik tanpa kabel.

Stik PS Tanpa Kabel (sumber: pageone)

Stik PS Tanpa Kabel (sumber: pageone)

Specs PlayStation 2

Untuk model PS2, ini adalah konsol video game rumahan penerus PlayStation, dan merupakan generasi kedua dalam jajaran konsol PlayStation. PS2 pertama kali dirilis pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang, lalu 26 Oktober 2000 di Amerika Utara, 24 November 2000 di Eropa, dan 17 November 2000 di Australia. Kala itu, konsol game ini bersaing dengan Dreamcast buatan Sega, Xbox milik Microsoft, dan GameCube karya Nintendo di konsol video generasi keenam.

Perusahaan asal Jepang pertama kali mengumumkan generasi PlayStation 2 pada tahun 1999. Konsol ini merupakan konsol PS pertama yang menawarkan kompatibilitas mundur untuk pengendali Dual Shock pendahulunya, dan juga untuk permainannya. PlayStation 2 dikatakan sebagai konsol video game terlaris sepanjang masa, terjual lebih dari 155 juta unit di seluruh dunia, dengan 150 juta dikonfirmasi oleh Sony pada tahun 2011. 

Konsol PS2 sendiri telah mengalami banyak revisi, yang melibatkan perubahan eksternal yang substansial. Konsol PS2 terutama dibedakan menjadi model yang menampilkan desain casing yang “gemuk” dan model “slim” yang pertama kali diluncurkan tahun 2004. Pada tahun 2010, Sony Bravia KDL-22PX300 tersedia bagi konsumen, yang merupakan televisi HD-Ready 22, yang menggabungkan PlayStation 2 built-in.

Ilustrasi Bermain Game Playstation (sumber: independent.co0

Ilustrasi Game Playstation (sumber: independent.co0

Warna standar PS2 adalah hitam matte. Beberapa variasi warna lalu diproduksi dalam jumlah dan di daerah yang berbeda, termasuk ceramic white, light yellow, metallic blue (aqua), metallic silver, navy (star blue), opaque blue (astral blue), opaque black (midnight black), pearl white, sakura purple, satin gold, satin silver, snow white, super red, transparent blue (ocean blue), dan pink yang merupakan limited edition.

Lebih dari 3.874 judul game telah dirilis untuk PS2 sejak pertama kali diluncurkan, dan lebih dari 1,5 miliar kopi telah terjual. Sony kemudian membuat beberapa revisi ringan dari konsol yang dikenal sebagai model Slim-line pada tahun 2004 dan juga pada tahun 2006. Di tahun 2006, pabrikan Negeri Sakura mengumumkan dan meluncurkan pengganti PS2, yaitu PlayStation 3.

Meski generasi terbaru telah dirilis, namun PlayStation 2 tetap populer dengan baik ke generasi ketujuh dan terus diproduksi hingga tanggal 4 Januari 2013. Sony kala itu mengumumkan bahwa produksi PS2 telah dihentikan setelah perjalanan selama kurang lebih 13 tahun (salah satu yang terpanjang dalam sejarah konsol video game).

Specs PlayStation 3

PlayStation 3 pertama kali dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006 tepat pukul tujuh waktu setempat. Selang enam hari kemudian, atau tanggal 17 November 2006, perangkat ini diluncurkan di pasar Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), Hong Kong dan Taiwan, dan 1 atau 7 Maret 2007 di Eropa dan Australasia, serta wilayah PAL lainnya. 

Sony sendiri secara resmi meluncurkan PlayStation 3 ke publik pada tanggal 16 Mei 2000 di ajang E3 2005, bersamaan dengan desain prototipe berbentuk bumerang dari pengontrol Sixaxis. Versi fungsional sistem tidak hadir di sana, maupun di Tokyo Game Show pada bulan September 2005, meskipun demonstrasi (seperti “Metal Gear Solid 4: Guns of the Patriots”) diadakan di kedua acara tersebut. 

Prototipe awal yang ditunjukkan pada bulan Mei 2005 menampilkan dua port HDMI, tiga port Ethernet dan enam port USB. Namun, ketika sistem itu ditampilkan lagi setahun kemudian di perhelatan E3 2006, bagian itu dikurangi menjadi satu port HDMI, satu port Ethernet, dan empat port USB, mungkin untuk memotong biaya.

Stik Playstation (sumber: nytimes)

Stik Playstation (sumber: nytimes)

Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation 3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan, prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu, GPU dibuat sendiri oleh Sony yang bekerja sama dengan NVIDIA.

Jika dilihat berdasarkan bentuk atau desain konsol, PlayStation 3 secara garis besar dapat dibedakan ke dalam tiga jenis, yaitu model Fat, Slim, dan Super Slim. PS3 model Fat merupakan generasi PS3 pertama yang dirilis oleh Sony. Setelah meluncurkan model Fat, Sony merilis model “ramping” dengan secara resmi mengumumkan model S3 CECH-2000 pada tanggal 18 Agustus 2009. Pada bulan September 2012 di Tokyo Game Show, Sony mengumumkan bahwa desain ulang PS3 baru yang lebih ramping (CECH-4000).

Nah, untuk memainkan game, baik di PS2 maupun PS3, pengguna memerlukan stik. Awalnya, stik untuk konsol game ini dilengkapi dengan kabel dengan tertentu, sehingga ruang lebih terbatas. Seiring waktu, sekarang telah hadir stik PS2 dan PS3 nirkabel atau tanpa kabel. Berikut kisaran harga stik PS2 dan PS3 tanpa kabel di pasaran dalam negeri.

Harga Stik PS Tanpa Kabel

Varian Stik PSHarga
Stik PS2 Tanpa KabelRp95.000 – Rp172.500
Stik PS3 Tanpa KabelRp160.000 – Rp237.500

Selain versi , banyak juga pedagang yang menawarkan stik PS2 tanpa kabel KW dengan harga lebih murah, yakni berkisar Rp75 ribuan. Sementara, harga stik PS3 tanpa kabel KW berkisar Rp100 ribuan. Harga tersebut tentunya tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Untuk informasi lebih detail, bisa datang langsung ke toko game terdekat di kota Anda.

Baca juga  Syarat Pengajuan dan Info Terbaru Biaya EDC BRI
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Stik PS2 dan PS3 Tanpa Kabel (Original & KW)"