Info Lengkap Perawatan Stetoskop Gea serta Harga di Pasaran

Salah satu peralatan medis yang begitu populer untuk memeriksa yakni . ini berperan penting sebagai media pemeriksaan suara di dalam tubuh. telah beredar di dalam berbagai merek dan harga, satu yang terbilang murah dikenal dengan merek Gea.

Stetoskop GEA (sumber: Bukalapak)

Stetoskop GEA (sumber: Bukalapak)

Alat medis akustik tersebut memiliki sistem kerja dengan menyalurkan suara dari bagian dada, melalui tabung kosong berisi-udara, ke telinga . Selain menyalurkan suara tertentu, stetoskop juga dapat menghilangkan suara yang lainnya. Bahan karet pada earpieces stetoskop lah yang berfungsi meredam suara dari luar.

Stetoskop terdiri dari earpieces, tubing, diafragma, dan bell. Earpieces ini yang terpasang di telinga dokter untuk mendengarkan suara organ dalam pasiennya. Suara tersebut kemudian disalurkan oleh tubing dari diafragma berupa membran tipis dan datar dari plastik di ujung kepala stetoskop. Jika diperhatikan bagian tubing mirip dengan selang. Pada bagian akhir stetoskop, yakni bell berfungsi untuk mendengarkan bunyi dengan frekuensi rendah. 

Untuk mendiagnosis penyakit tertentu, dokter selalu memulai dengan pemeriksaan suara jantung, pernapasan, dan bunyi perut melalui stetoskop itu. pencernaan pun dapat diketahui dari pemeriksaan melalui stetoskop. Suara perut yang bising menjadi indikatornya. Jenis dan intensitasnya dapat menjadi tolok ukur diagnosa tersebut.

Jenis-jenis Stetoskop Gea

Stetoskop bayi baru lahir

Seperti namanya, ukuran stetoskop ini begitu kecil sekitar 2 cm saja. Umumnya, stetoskop yang diperuntukkan bagi bayi terbuat dari bahan non lateks. Hal tersebut lantaran untuk menghindari reaksi alergi dan sensasi dingin ketika besi ujung kepala alat ini diletakkan ke dada bayi yang baru lahir.

Dengan ukuran yang kecil, alat ini akan bekerja efektif untuk mendengarkan suara organ dalam bayi secara akurat tanpa risiko tercampur suara lingkungan sekitar. Sehingga tak hanya diagnosa yang akurat, dokter dapat memeriksa bayi dalam waktu singkat.

Stetoskop bayi

Dari segi bahan, stetoskop ini sama, namun ukuran diameternya sedikit lebih besar sekitar 2,6 cm. Alat pediatrik ini digunakan untuk memeriksa bayi usia sekitar tiga bulan ke atas. Stetoskop ini kerap digunakan para praktisi dunia medis, begitu pula mahasiswa kedokteran sebagai bahan pembelajaran dan praktik untuk mempelajari jantung dan mendiagnosa penyakit tertentu pada bayi.

Stetoskop anak-anak

Alat ini terlihat seperti stetoskop biasa, namun untuk ujung kepalanya berukuran lebih kecil yang sesuai dipakai untuk mendiagnosa anak-anak. Warna stetoskop ini juga berbeda, mirip seperti mainan. Sehingga pasien anak-anak tidak akan ketakutan selama diperiksa.

Dokter memeriksa pasien dengan stetoskop

Dokter memeriksa pasien dengan stetoskop

Stetoskop kardiologi

Alat ini berbentuk seperti stetoskop biasa. Hanya saja, memiliki sistem kerja untuk mendengarkan suara detak jantung lebih jelas. Sebab, pada bagian diaphragmnya mempunyai kemampuan mendengar suara berfrekuensi tinggi. Sehingga, alat ini didesain tanpa perlu menggunakan bell yang biasanya ditemukan dalam stetoskop berkepala ganda.

Stetoskop elektronik

Dengan sistem elektronik, alat medis ini memiliki fungsi memecahkan masalah suara dan memperkuat suara yang didengar pada dada atau bagian tubuh lainnya. Setelah memperoleh suara elektronik tersebut, stetoskop ini kemudian mengubah suara menjadi sebuah gelombang listrik yang nantinya akan menghasilkan frekuensi lebih jelas lagi untuk sampai ke telinga dokter.

Pemilihan dan Perawatan Tepat Stetoskop Gea

Untuk memilih stetoskop Gea yang tepat digunakan, perhatikan ukuran dan sound insulation pada stetoskop. Umumnya bobot stetoskop Gea berkisar antara 100 g-200 g. Ukuran ini sudah sudah termasuk tube dan chestpiece yang berbahan logam tersebut. Di pasaran, Anda dapat menemui stetoskop dengan bobot ringan 100 gram. Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan sound insulation pada alat. Pastikan tambahan earpiece sudah termasuk paket produk stetoskop pilihan Anda.

Perawatan dasar stetoskop umumnya dimulai dari kebersihan seluruh komponen stetoskop begitu penting dengan menggunakan air dan sedikit sabun. Namun cairan alkohol 70% lebih disarankan untuk digunakan daripada sabun dan bagian eartips harus sering dibersihkan. Dilanjutkan dengan proses sterilisasi menggunakan sinar ultraviolet bersuhu rendah.

Stetoskop

Stetoskop

Selesai proses  pembersihan, pastikan bagian terpasang pada posisi semula seperti pemasangan eartips ke binaural stetoskop. Proses perawatan stetoskop Gea begitu diperlukan pasalnya alat medis ini digunakan untuk hampir setiap orang dengan diagnosis penyakit yang berbeda-beda. Untuk proses pencuciannya, tidak disarankan stetoskop Gea direndam seluruhnya, sebab dapat merusak sistem dalam alat tersebut.

Lalu bagaimana cara yang tepat? Anda cukup menyeka stetoskop Gea menggunakan air dan alkohol 70% yang telah disiapkan sebelumnya. Masalah lain yang perlu diperhatikan yakni penyimpanan stetoskop dengan tepat pada suhu yang stabil. Tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Stetoskop Gea yang terpapar sinar matahari dalam waktu lama akan merusak selang diafragma. Meski begitu, masih ada cara untuk mencegah kerusakan yakni menyeka secara rutin sebulan sekali pelindung khusus vinyl pada selang. Stetoskop yang rutin dirawat, akan terjaga kualitas suara saat digunakan.

Harga Stetoskop Gea di Pasarana

Toko OnlineKisaran Harga (Rp)
Tokopedia26.000 – 222.000
Bukalapak38.000 – 155.300
Lazada41.000 – 175.000
Shopee30.000 – 56.000
Blibli34.000
Jd.id55.000 - 87.000
Elevenia31.000 - 147.000
Ralali60.000
Kaskus 40.000

Khusus di K24, stetoskop Gea SF200 dijual dengan harga Rp57.700. sementara itu, di situs distributor peralatan medis, menyebutkan untuk stetoskop merek GEA begitu populer dengan dua item yakni GEA SF-200 dan SF-411. Range harga dari distributor mulai dari Rp30 ribuan – Rp60 ribuan. 

Baca juga  Update Biaya Operasi Caesar di Rumah Sakit Jakarta dan Bandung
loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Perawatan Stetoskop Gea serta Harga di Pasaran"