Info Terupdate Harga Sendok Makan Super Doll di Pasaran

Sendok dan garpu menjadi salah satu peralatan makan yang begitu penting bagi setiap orang. Kehadiran benda berbentuk oval dengan gagang yang terbuat dari bahan stainless ini begitu lazim ditemui pada setiap kegiatan sehari-hari. Salah satu merek best seller di Indonesia yakni sendok Super Doll. Sendok yang satu ini begitu laris di pasaran dengan harga bervariasi.

Brand sendok ini sudah terkenal dari dulu menjaga kualitas dan mutu terbaik dari masa ke masa. Termasuk dalam proses pembuatannya, brand Doll begitu memperhatikan bahan dan proseduralnya yang begitu rapi. Sendok Doll terbuat dari bahan premium stainless steel atau baja tahan karat karena mengandung 10,5% Kromium untuk mencegah proses korosi (pengkaratan logam). Bahan baku lainnya berupa Besi, Mangan, Karbon, Nikel, Silikon, Molibdenum, Wolfram, dan Vanadium. 

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Makan Sup Menggunakan Sendok (credit: lifetimedaily)
Ilustrasi: Makan Sup Menggunakan Sendok (credit: lifetimedaily)

Sendok yang terbuat dari stainless memiliki kelebihan yakni dari segi daya tahan korosi, suhu rendah dan tinggi, serta lebih bersifat higienis. Meski begitu, sendok dari stainless juga memiliki kelemahan yakni tinggi awal produksi, terutama ketika alternatif yang dipertimbangkan. Selain itu, adanya kendala berupa kesulitan dalam pengelasan karena disipasi cepat panas yang dapat menghasilkan potongan hancur, sehingga biaya pemborosan lebih tinggi.

Seimbang dengan rangkaian proses pembuatan yang panjang dengan bahan baku tidak murah, membuat sendok dari bahan stainless cukup mahal harganya. Berbeda jika dibandingkan saat Anda membeli sendok berbahan lainnya, seperti kulit kerang atau kulit kayu. Sehingga sendok dari bahan premium stainless steel lebih awet digunakan dalam jangka panjang.

Sendok kini juga semakin variatif bentuknya, beragam jenis sendok mulai dari serving spoon untuk menyajikan dan memindahkan makanan ke piring, soup spoon untuk menikmati sup, teaspoon untuk menghidangkan teh, hingga soda spoon untuk menuang soda. Sedangkan sendok makan Super Doll yang dipakai sehari-hari dikategorikan dalam jenis dinner spoon dengan ukuran rata-rata 218 mm. 

Harga jual sendok tersebut terbilang berbeda dari merek lainnya karena sudah terjamin kualitasnya. Anda juga dengan mudah membeli di toko perlengkapan rumah tangga dengan harga bersaing. Di area Jawa Timur, sendok super Doll dijual dengan harga Rp60.000 per lusin. Anda dapat membelinya per bijian maupun dalam satu paket lusinan. 

Sedangkan jika Anda ingin membeli sendok melalui distributor, harganya juga tak jauh berbeda. Namun Anda dapat membeli lebih banyak dengan potongan harga tertentu. Khususnya jika Anda ingin memasarkan kembali sendok. 

Anda juga dapat membelinya di sejumlah marketplace. Sebelum membeli, Anda dapat menelusuri beberapa marketplace terpercaya untuk membandingkan harga. Berikut harga sendok makan Super Doll per lusin pada 2020 dan 2021 di sejumlah marketplace sebagai referensi Anda.

Sendok garpu Super Doll (sumber: tokopedia)
Sendok garpu Super Doll (sumber: tokopedia)

Harga Sendok Makan Super Doll

Harga di Marketplace Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Tokopedia Rp58.000 per lusin Rp57.600 per lusin
Lazada Rp59.500 per lusin Rp59.398
Shopee Rp60.000 per lusin Rp60.000 – Rp70.000 per lusin
Bukalapak Rp73.400 per lusin Rp57.000 – Rp66.000 per lusin
Blibli Rp83.000 per lusin Rp60.000 per lusin

Jika dibandingkan tahun 2019, sebenarnya harga sendok merk Super Doll tidak mengalami kenaikan harga yang signifikan pada 2020. Namun, beberapa penjual di marketplace tertentu mulai menaikkan harga sendok Super Doll. Misalnya, di Tokopedia yang penjual mulai merubah harga dari kisaran Rp55 ribu menjadi Rp58 ribu per lusin.

Sementara itu, di Bukalapak juga terpantau sama dengan kenaikan harga relatif untuk 6 pcs dijual dengan rata-rata harga Rp36.700. Artinya, jika membeli 1 lusin maka Anda harus merogoh kocek mulai Rp73.400. Padahal tahun 2019 ditawarkan kisaran Rp55.000 per lusin. Kemudian, pada 2021 harga sendok makan Super Doll turun dari tahun lalu di sejumlah marketplace.

Merek Super Doll begitu best seller di kalangan masyarakat, membuat Anda harus tetap berhati-hati membelinya. Beberapa produsen memproduksi stainless steel dengan nikel kurang dari 8% masih bisa memasarkan produknya. Hal yang dikhawatirkan jika ada produsen nakal yang meniru sendok Super Doll. Tentu saja dengan beredarnya sendok palsu, kualitasnya juga jelas berbeda. Untuk itu, berikut tips memilih sendok makan Super Doll yang tepat agar terhindar dari produk palsu.

Tips Memilih Sendok Makan Super Doll

Cermati aspek tampilan
Sendok Super Doll terbuat dari bahan premium stainless steel, sehingga dari segi tampilan akan jauh berbeda dari bahan perak. Permukaan sendok dan garpu harus bening dan memantulkan bayangan benda-benda di sekitarnya. 

Cermati berat sendok
Sendok berbahan premium stainless steel memiliki berat yang pas dengan permukaan yang lembut. Alat makan berkualitas harus memiliki nuansa berat dan keseimbangan yang baik bila dipegang di tangan Anda. Tentunya sendok tersebut akan nyaman digunakan. 

Cermati bentuk sendok
Alat makan berkualitas rendah di sisi lain mungkin terasa ringan, kurang memiliki keseimbangan, dan kurang bersinar. Sehingga memperhatikan bentuk sendok dengan saksama akan membantu Anda mengetahui sendok tersebut berkualitas atau tidak.

Selain membeli dengan jeli sendok makan Super Doll asli, Anda juga harus memperhatikan cara merawatnya agar lebih awet digunakan. Berikut sejumlah langkah tepat yang perlu diingat saat membersihkan dan menyimpan sendok makan Super Doll.

Sendok makan Super Doll (sumber: tokopedia)
Sendok makan Super Doll (sumber: tokopedia)

Tips Perawatan Sendok Stainless Steel Super Doll

Cara membersihkan
Noda atau bercak putih, kotoran dan goresan merupakan hal yang paling sering ditemui pada sendok. Sehingga untuk menghilangkan noda, gosoklah sendok dengan yang diberi sedikit soda kue, rendam beberapa saat. Kemudian gosok kembali dengan busa lembut lalu bilas air bersih. Untuk kotoran yang menyelip di guratan hiasan atau di pegangannya, sikat dengan sikat gigi bekas lalu cuci dengan air sabun encer dan bilas hingga bersih. Keringkan segera dengan serbet bersih agar noda air tidak membekas pada sendok. 

Cara menyimpan
Sebaiknya, sendok disimpan dalam bertutup agar tetap bersih dan tidak berdebu. Kotak plastik bertutup rapat atau kotak kayu yang dialasi kertas bersih dapat jadi pilihan. Jangan menaruh kamper atau bahan pewangi lainnya karena aromanya akan melekat kuat pada peralatan tersebut.

Meskipun sudah dicuci bersih dan disimpan dalam bertutup, sebaiknya sebelum digunakan Anda dapat membilas sendok garpu dalam hangat. Kemudian keringkan dengan lap atau serbet. Sedangkan untuk penyajian di meja, disarankan peralatan makan berupa sendok dan garpu diletakkan di tempat yang bersih serta tertutup rapat agar tidak mudah terkena debu atau dihinggapi lalat. Memperhatikan kebersihan peralatan makan dengan maksimal akan membuat Anda merasa aman, sebab sendok dan garpu akan masuk ke dalam mulut.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Boneka Koala Berbagai Ukuran

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *