Resep dan Harga Selai Kacang (Semua Merek)

No comment144 views

Termasuk tanaman palawija, kacang kerap diolah menjadi dengan cita rasa gurih, krispi, dan legit. Diketahui, bahan pangan olahan selai kacang mengandung vitamin B, C, dan D yang sangat dengan kandungan lemak yang sedikit. Anda bisa membeli selai kacang seperti ini dalam kemasan jar dengan harga relatif terjangkau.

Komposisi Selai Kacang

Ilustrasi: Selai Kacang di Atas Roti (credit: The Mirror)

Ilustrasi: Selai Kacang di Atas (credit: The Mirror)

Selai kacang termasuk salah satu produk hasil pertanian yang cukup digemari masyarakat Nusantara untuk berbagai keperluan pangan, mulai dari pendamping roti tawar, sebagai isian roti bolu, hingga dicampur dengan berbagai bahan untuk membuat hidangan yang lezat. Konon, selai kacang yang baik adalah selai yang memiliki kadar padatan terlarut 68%.[1] Dengan kepadatan ini, selai tidak terlalu encer dan tidak terlalu padat seperti margarin, sehingga mudah menempel pada bahan makanan lain.

Untuk mengatur kepadatan dan tekstur selai, tidak hanya harus memperhatikan jumlah bahan baku kacang yang dipakai, tetapi juga gula. Gula dalam selai memiliki peran penting untuk mendapatkan tekstur, penampilan, dan rasa yang ideal. Selain itu, gula berfungsi sebagai bahan pengawet alami produk, sehingga tidak mudah berjamur, berbau tengik, dan berubah rasa saat disimpan dalam ruangan terbuka.

Baca juga  Info Terkini Biaya Ganti Warna Motor di STNK

Seperti cara membuat selai pada umumnya, bahan untuk membuat selai kacang harus ditakar sesuai dengan standar pabrikan. Kacang yang dipakai untuk membuat selai tidak hanya jenis kacang tanah, tetapi juga bisa almond. Kacang seperti ini dipilih karena memiliki cita rasa lebih gurih dan creamy.

Selain itu, supaya selai tidak terlalu encer, produsen selai biasa menambahkan butter. Ini juga yang membuat produk menjadi lebih legit, gurih, dan creamy. Tentunya, kadar margarin yang ditambahkan harus tepat, sehingga produk tidak terlalu berlemak dan jika dioleskan ke roti tawar bisa menempel dengan baik.

Bahan lain yang biasa ditambahkan pada produk selai kacang adalah cokelat, susu, dan minyak nabati. Selai seperti ini biasanya dijadikan sebagai topping aneka hidangan dan isian kue. Tak hanya itu, beberapa orang menjadikan produk seperti ini sebagai isian biskuit yang lezat. Setelah mengetahui komposisi selai kacang yang mudah dicari, apakah Anda tertarik untuk membuatnya? Berikut adalah cara membuat selai kacang secara mudah dan sederhana.

Resep Selai Kacang

  • Siapkan dua cangkir kacang tanah atau sekitar 300 gr tanpa garam yang sudah dikupas kulitnya. Setelah itu, cuci hingga bersih dan tiriskan hingga kering.
  • Siapkan sejumput garam, 1 hingga 2 sendok teh madu atau gula, dan 1 hingga 3 sendok teh minyak kacang atau sayur. Anda juga boleh menambahkan margarin sebanyak satu sendok teh.
  • Panaskan oven sekitar 150 derajat C, lalu panggang kacang selama lima menit atau hingga kecokelatan. Jika Anda tidak memiliki oven, gunakan wajan teflon untuk menyangrai kacang.
  • Angin-anginkan kacang hingga dingin dan hancurkan menggunakan blender atau alat penumbuk hingga halus. Supaya lebih mudah dan teksturnya lembut, Anda bisa menghaluskan kacang sedikit demi sedikit.
  • Tuang madu dan garam ke dalam mangkuk dan masukkan kacang yang sudah halus ke dalamnya, lalu aduk hingga rata. Ini akan membuat tekstur kacang menggumpal, sehingga Anda perlu menambahkan minyak dan margarin supaya selai menjadi agak encer, tetapi tidak terlalu padat.
Baca juga  Update Harga Bola Voli Molten Original (Semua Tipe dan Ukuran)

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk membuat selai kacang sendiri di rumah, Anda tidak perlu khawatir, karena sudah ada banyak produk selai kacang yang dijual di pasar. Sebagai referensi, berikut harga selai kacang berbagai merek.

Ilustrasi: Selai Kacang Dalam Kemasan Jar (credit: nasm.org)

Ilustrasi: Selai Kacang Dalam Kemasan Jar (credit: nasm.org)

Harga Selai Kacang

Merek Selai KacangHarga
KS Kurnia Sari Selai Kacang 250 grRp10.000
Manna Lagi Selai Kacang Kasar 250 grRp13.000
Morisca Peanut Butter Spread 175 grRp17.000
Dale's Farm Ketobetic Crunchy Selai Kacang 50 grRp21.800
Western Creamy Peanut Butter 400 grRp33.000
Manna Lagi Selai Kacang Kasar 1 kgRp45.000
Khas Nusantara Peanut Butter Selai Mentega Kacang Tanah 250 grRp45.000
Yan Organic Peanut Butter Selai Kacang Organik 250 grRp47.500
Tong Garden Creamy Peanut Butter Selai Kacang 340 grRp50.000
Dale's Farm Spread of Goodness Crunchy Peanut Butter 500 grRp60.000
Lotus Biscoff Crunchy Selai Kacang 380 gr JarRp61.000
Buybest Mariza Peanut Butter Spread 1 kgRp64.000
JIF Extra Crunchy Peanut Butter Selai Kacang 454 grRp69.000
Dale's Farm Ketobetic Creamy Peanut Butter 500 grRp71.900
Almond Butter Selai Kacang Almond Original 250 grRp85.000
Khas Nusantara Almond Butter Selai Mentega Kacang Almond 250 grRp85.000
SuperKeto Peanut Butter Crunchy Chunky 330 mlRp95.600
Skippy Creamy Peanut Butter Selai Kacang 500 grRp99.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Thermo Gun Fluke (Semua Tipe)

Harga selai kacang di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga selai kacang tersebut tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Wirawan & Wahyu Mushollaeni. 2008. Optimasi Lama Blanching Pengolahan Selai Kacang Tanah Metode Regresi Kuadratik. Buana Sains Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Vol. 8(1): 73-80.

author

Leave a reply "Resep dan Harga Selai Kacang (Semua Merek)"