Harga Scaffolding 1 Set dan Biaya Sewa per Bulan

Anda yang kesehariannya bergelut dengan dunia , mungkin sudah sangat familiar dengan alat bernama scaffolding. Disebut juga perancah, ini adalah alat yang digunakan sebagai alat bantu untuk melakukan pekerjaan di ketinggian yang mungkin sudah tidak dapat digapai tangan manusia. Dijual dengan mulai ratusan ribu rupiah untuk 1 set, banyak juga yang membuka jasa penyewaan scaffolding.

Scaffolding (sumber: tribunnews.com)

Scaffolding (sumber: tribunnews.com)

Scaffolding adalah suatu struktur sementara yang digunakan untuk menyangga manusia dan dalam konstruksi atau perbaikan gedung dan bangunan-bangunan besar lainnya.[1] Biasanya, perancah ini berbentuk suatu sistem modular dari pipa atau tabung logam, meskipun juga dapat menggunakan bahan-bahan lain.

Juga sering disebut steger, struktur scaffolding tersebut berbentuk seperti platform tempat para pekerja melakukan tugas dan pekerjaannya. Kadang-kadang, struktur tersebut dilapisi jaring yang terlihat seperti jala untuk menangkap ikan. Jaring pengaman ini (safety net) dipasang untuk menghindari jatuhnya puing-puing kecil ke luar area pekerjaan dan menimpa orang-orang di sekitarnya.[2]

Fungsi Scaffolding

  • Sebagai working platform sementara untuk para pekerja bangunan untuk bekerja di area yang tinggi.
  • Sebagai pengaman keselamatan para pekerja di area ketinggian sehingga mereka dapat bekerja dengan nyaman dan efektif.
  • Sebagai perlindungan bagi pekerja yang berada di area bawah jika ada puing-puing kecil atau yang terjatuh dari ketinggian.
  • Sebagai jalur penghubung antara area-area kerja.
  • Untuk gedung-gedung tinggi, biasanya diperlengkapi dengan safety net untuk melindungi area di luar area kerja dari puing-puing kecil atau peralatan yang jatuh dari ketinggian.
  • Dapat digunakan untuk menopang cetakan beton hingga kering.
Baca juga  Update Harga Spidol Snowman Whiteboard Marker

Scaffolding sendiri umumnya terbuat dari pipa-pipa yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mempunyai kekuatan untuk menopang beban yang ada di atasnya.[3]Dalam pengerjaan suatu proyek, butuh atau tidaknya penggunaan scaffolding bisa tergantung kepada pemilik proyek, karena adanya perbedaan antara menggunakan bambu dan scaffolding. Scaffolding digunakan sebagai pengganti bambu dalam membangun suatu proyek.Keuntungan penggunaan scaffolding ini adalah penghematan dan efisiensi waktu pemasangan scaffolding.

Jenis Scaffolding[4]

Scaffolding (sumber: scaffoldingmks.com)

Scaffolding (sumber: scaffoldingmks.com)

  • Perancah andang, sering digunakan pada pekerjaan yang tingginya 2,5 m hingga 3 m. Apabila pekerjaan lebih tinggi, maka tidak digunakan andang lagi. Model ini dapat dibagi lagi menjadi perancah andang yang biasanya digunakan pada pekerjaan yang tingginya tidak lebih dari 3 m, perancah bambu yang dapat dipindah-pindah dan sebagai pengikatnya memakai tali ijuk, serta perancah besi yang sangat praktis dan efisien karena dapat disetel.
  • Perancah tiang, digunakan apabila pekerjaan sudah mencapai di atas 3 m. Perancah tiang bisa dibuat sampai 10 m lebih, tergantung dari kebutuhan. Model ini setidaknya dapat dibagi menjadi tiga jenis, yakni perancah tiang dari bambu (mudah didapat, kuat, murah, mudah dibongkar dan dipasang lagi). perancahtiang bambu dengan konsol dari besi, perancah tiang besi (alat penyambung menggunakan kopling).
  • Perancah besi beroda, terbuat dari pipa galvanis. Pada perancah besi beroda, dapat dipasang di lapangan atau didalam ruangan. Fungsi rodanya adalah untuk memindahkan perancah. Model ini punya bentuk sedikit lain dari perancah yang ada, karena bagian-bagian dari tiangnya sudah berbentuk kusen, sehingga penyetelan atau pemasangannya lebih mudah dan praktis.
  • Perancah besi tanpa roda, terdiri dari komponen seperti kaki pipa berulir, kusen bangunan, penguat vertikal, tiang sandaran, sambungan pasak, papan panggung, panggung datar, papan pengaman, tiang sandaran, penutup sandaran, konsol penyambung, penopang, konsol keluar, tiang sandaran tangga, pinggiran tangga, anak tangga, sandaran tangga, dan sandaran dobel.
  • Perancang menggantung, sering digunakan pada pekerjaan pemasangan eternit, pekerjaan finishing pengecatan eternit, plat beton, dan lainnya. Jadi, perancah menggantung dipakai pada pekerjaan bagian atas saja dan pelaksanaannya perancah digantungkan pada bagian atas bangunan dengan memakai tali atau rantai besi.
  • Perancah frame, biasanya terbuat dari pipa atau tabung logam. Perancah ini dapat disusun sedemikian rupa menjadi satu kesatuan perancah yang tinggi untuk menopang pekerja dalam kegiatan konstruksi berlokasi tinggi.
  • Perancah dolken, merupakan perancah dengan bahan kayu dolken. Kayu bulat/dolken biasanya digunakan untuk tiang-tiang perancah dan yang biasanya digunakan adalah berdiameter enamhingga 10 cm.
  • Two Point Adjustable Suspension Scaffold.
  • Strip Board One Side Scaffold.
  • Auxiliary Fixtures For Pipe Scaffolding.
  • Bracket One Side Scaffold.
  • Independent Scaffold.
  • Birdcage Scaffold.
  • Access Tower Scaffold.
  • Cantilever Scaffold.
  • Putlog Scaffold.
  • Suspended Scaffold.
  • Mobile Scaffold.
Baca juga  Info Terbaru Harga Minyak Firdaus dan Wak Doyok untuk Penumbuh Rambut

Harga Scaffolding

Ilustrasi: para pekerja bangunan di atas scaffolding (sumber: safetysign.co.id)

Ilustrasi: para pekerja bangunan di atas scaffolding (sumber: safetysign.co.id)

Jenis/Ukuran ScaffoldingHarga
Scaffolding Ladder 190 cmRp470.000 per set
Scaffolding Pipa Galvanis 11/2 inch, 2.400 mm, 6 meterRp500.000 per set
Scaffolding Ladder Galvanis 190 cmRp538.000 per set
Scaffolding 170 cmRp595.000 per set
Scaffolding Pipa Galvanis 11/2 inch, 3.200 mm, 6 meterRp619.000 per set
Scaffolding 190 cmRp633.000 per set
Scaffolding Galvanis 170 cmRp663.000 per set
Scaffolding Galvanis 190 cmRp713.000 per set
Krisbow Scaffolding Aluminium 6,85 meterRp13.650.000 per set
Youngman Scaffolding 1 meterRp20.000.000 per set

Harga scaffolding atau perancah di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko alat konstruksi bangunan maupun situs beli . Selain dapat dibeli per set, ada juga opsi menyewa untuk Anda yang ingin berhemat. Biaya sewa scaffolding bervariasi, rata-rata Rp50 ribu hingga ratusan ribu rupiah per bulan untuk model yang biasa. Sementara, untuk -merk seperti Krisbow atau Youngman, harga sewanya berkisar Rp1 jutaan per set per bulan.

Baca juga  Harga Cat Tembok Dulux 1 kg di Pasaran dan Kemasan Lainnya

[1]Wikipedia.Perancah (//id.wikipedia.org/wiki/Perancah). Diakses 9 Desember 2019.

[2]Klopmart.2018. Apa Itu Scaffolding?Apa Itu Steger? (//www.klopmart.com/article/detail/apa-itu-scaffolding-apa-itu-steger). Diakses 9 Desember 2019.

[3]Oil and Gas Management Center. 2017. Pengertian Perancah Scaffolding dan Jenisnya (//oilandgasmanagement.net/perancah-scaffolding/). Diakses 9 Desember 2019.

[4] Ibid.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Scaffolding 1 Set dan Biaya Sewa per Bulan"