Manfaat dan Update Harga Roombutter

Saat membuat kue, sebagian orang menambahkan roombutter pada adonan. Banyak yang mengira roombutter sebagai mentega, padahal keduanya berbeda. Mulai dari tekstur dan aroma, roombutter dikenal lebih baik dari mentega. Kualitasnya pun berbeda, sehingga membuat harga bahan ini menjadi lebih mahal.

Room butter (sumber: fimela.com)
Room butter (sumber: fimela.com)

Banyak ditemui resep kue, terutama cake, takaran mentega dan roombutter berbeda. Ada yang menggunakan mentega tanpa roombutter, atau bahkan keduanya dikombinasikan untuk membuat kue. Kedua bahan tersebut jika digunakan akan memiliki peran yang saling berkaitan. Mentega memiliki daya emulsi yang kuat, tapi lemah di aroma. Sebaliknya, roombutter akan membuat aroma wangi dan tekstur kue lebih lembut. 

Bacaan Lainnya

Kebanyakan orang memakai roombutter untuk kue seperti nastar, kastengel, lidah kucing, semprit, dan sebagainya. Tekstur kuenya akan terasa lebih lumer, lembut, dan terdapat rasa khas butter yang tertinggal di lidah. Kue yang menggunakan tambahan roombutter diklaim dapat lebih awet dan tahan berhari-hari di suhu ruangan. Sehingga, penggunaan roombutter semakin melengkapi mentega untuk adonan kue yang maksimal. 

Penggunaan roombutter perlu takaran khusus. Jika Anda ingin mengurangi aroma wangi pada kue tetapi dengan tekstur yang tetap lembut dan lumer, kombinasikan roombutter dengan margarine pada adonan. Sejumlah resep kue menyarankan untuk melakukan perbandingan roombutter dan margarin sebesar 1:2. Hasil akhirnya, kue kering lebih renyah dengan sedikit tekstur lembut dan aroma khas butter, sedangkan cake akan lebih beraroma dan lembut.

Rekomendasi Merk Roombutter 

  • Wijsman Butter. Salah satu roombutter halal yang cukup sering digunakan di Indonesia adalah merk Wijsman. Roombutter ini termasuk jenis salted atau asin dan memiliki aroma yang sangat harum. Bahkan, para pembuat kue kering mengakui hasil kuenya wangi dan enak. Wisman Butter dijual dengan kemasan mulai 200 gr, 454 gr, hingga 1 kg.
  • Lurpak Butter. Diklaim memiliki cita rasa butter khas Denmark asli, roombutter ini menghadirkan sejumlah pilihan butter, mulai dari unsalted, slightly salted, dan organic. Varian favorit butter premium ini adalah slightly salted yang kaya rasa dan sangat gurih. Tentu saja kualitasnya tak perlu diragukan, sehingga sejumlah restoran steak ternama menggunakan Lurpak sebagai olesan untuk roti yang disajikan sebelum steak. Lurpak Butter dijual dalam  kemasan 125 gr dan 200 gr.
  • Blue Triangle. Meskipun terbilang baru di dunia kuliner, butter premium dari ini juga menjadi salah satu produk berkualitas yang wajib dicoba. Memiliki nutrisi lengkap dengan vitamin dan 100% bebas pengawet, pewarna, dan perasa buatan, sebab butter ini terbuat dari susu sapi murni yang berkualitas. Di pasaran, Blue Triangle dijual dalam kemasan 340 gr dan 2 kg.
  • Golden Churn. Sama seperti Blue Triangle, butter Golden Churn juga berasal dari New Zealand. Butter ini juga berkualitas sebab memiliki cita rasa autentik dan tekstur creamy dengan proses pengolahan tradisional. Golden Churn adalah merk butter yang enak untuk membuat roti, cake, sampai dengan pastry. Bahkan, butter ini juga lezat ketika dipakai untuk memanggang atau menumis makanan. Roombutter ini dijual dalam kemasan 340 gr dan 2 kg.
  • Orchid Butter. Dikenal dengan kandungan vitamin A dan E serta dibuat dari lemak susu berkualitas, butter ini menjadi salah satu rekomendasi dari Indofood. Brand yang satu ini menyediakan dua jenis butter yang bisa dipilih sesuai selera, yakni salted dan unsalted butter dengan warna alami. Roombutter ini dijual dengan kemasan 340 gr dan untuk 2 kg.
  • Butter Hollman. Hollman adalah salah satu merk butter lezat dan berkualitas. Produk ini sejatinya sangat ideal untuk membuat berbagai jenis resep kue maupun makanan utama. Sebagai butter premium, kerap digunakan para chef dan pengusaha kuliner untuk tambahan adonan pada roti, kue, dan cookies sehingga menjadi lebih lezat. Dengan kualitas terbaik, butter ini dijual dalam kemasan 100 gr, 500 gr, 800 gr, dan 1 kg.
  • Land O’Lakes. Satu lagi butter impor yang sangat terkenal di berbagai negara. Butter padat yang satu ini memiliki ciri khas logo bergambar wanita Indian. Sebagai salted butter, tentu rasanya cenderung lebih asin tetapi dapat dicampurkan untuk segala jenis makanan agar lebih terasa gurih dan lezat. Sayangnya, Anda akan begitu sulit menemukan butter impor satu ini di pasaran Indonesia. 
  • Anchor. Bagi Anda yang sering berbelanja bahan-bahan untuk membuat kue, Anchor adalah brand yang sangat familiar di telinga. Anchor Pure New Zealand Butter adalah produk butter andalan yang cukup laris di pasaran. Tak hanya memproduksi keju, Anchor ternyata juga memproduksi butter dengan kualitas terbaik. Anchor Pure New Zealand Butter sangat cocok dicampur untuk membuat kue, cookies, cake,dan roti, bahkan untuk hidangan utama dan segala tumisan. Sebab, butter ini mampu berperan menggantikan minyak goreng biasa dan menjadikan masakan lebih gurih. Butter Anchor dipasarkan di Indonesia dengan varian kemasan 227 gr, 454 gr, 500 gr, dan 1 kg.

    Membeli Roombutter di Pasaran - (shopee.co.id)
    Membeli Roombutter di Pasaran – (shopee.co.id)

Harga Roombutter

Merk Roombutter Harga
Butter Hollmann 100 gr Rp32.000
Butter Hollmann 500 gr Rp35.000
Anchor 227 gr Rp35.000
Anchor 500 gr Rp44.000
Lurpak Butter 200 gr Rp54.000
Orchid Butter 340 gr Rp64.000
Wijsman Butter 200 gr Rp65.000
Butter Hollmann 1 kg Rp71.000
Lurpak Butter 125 gr Rp80.000
Anchor 454 gr Rp82.225
Blue Triangle 340 gr Rp85.000
Butter Hollmann 800 gr Rp100.000
Golden Churn 340 gr Rp118.000
Anchor 1 kg Rp120.000
Wijsman Butter 454 gr Rp127.000
Orchid Butter 2 kg Rp230.000
Wijsman Butter 1 kg Rp270.000
Blue Triangle 2 kg Rp400.000
Golden Churn 2 kg Rp429.000

Harga roombutter di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual online. Perlu diingat, harga roombutter tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. 

Jika dibandingkan dengan tahu 2020, harga roombutter tahun 2021 dan 2022 mengalami perubahan. Sebagai contoh, Lurpak Butter 125 gr yang dijual dengan harga Rp59 ribuan tahun 2020, naik menjadi Rp78 ribu di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp80 ribu di tahun 2022. Sementara itu, Wijsman Butter 200 gr yang dilepas dengan harga Rp75 ribuan tahun 2020, turun menjadi Rp60 ribu di tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp65 ribu di tahun 2022.

[Almas]

Pos terkait