Update Harga Susu KOP SAE Pujon dan Produk Olahan Lainnya

Jika Anda pernah melewati daerah Pujon, entah hendak ke Batu atau Malang, pasti Anda pernah mendengar Koperasi SAE. Ini adalah koperasi lawas yang terkenal akan produk olahan susunya. Koperasi SAE, atau lebih dikenal dengan nama KOP SAE, merupakan tempat yang sering dijadikan ruang singgah para pelaku karena menawarkan ruang istirahat yang nyaman plus produk olahan susu dengan harga yang ramah di kantong.

KOP SAE Pujon - id.foursquare.com
KOP SAE Pujon – id.foursquare.com

Pujon sendiri merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Malang yang memang populer akan produk susu sapi perah. Bahkan, peternakan sapi di daerah tersebut diklaim sudah eksis sejak tahun 1910 silam, yang dibuktikan dengan adanya foto bertahun 1910 yang menunjukkan sebuah market atau pasar yang khusus menjual sapi dan kambing.

Bacaan Lainnya

Saat itu, orang yang pertama kali beternak sapi perah adalah Pokert dan Swarhuten, dengan lokasi peternakan berada di sekitar lapangan Pujon Lor. Di saat itu, banyak penduduk setempat yang bekerja sebagai karyawan di peternakan milik dua orang Belanda tersebut. Dari sapi perah ini, Pujon mampu memberikan suplai kepada hotel-hotel yang ada di Kota Batu, yang dulu memang terkenal sebagai tempat peristirahatan.

Profil KOP SAE

Nah, Koperasi SAE sendiri bisa dikatakan sebagai pelopor koperasi susu sapi perah di Pujon karena telah berdiri sejak tanggal 30 Oktober 1962. SAE merupakan akronim dari Sinau Andandani Ekonomi, yang secara garis besar bertujuan untuk memperbaiki ekonomi masyarakat setempat. Hal ini pun terbukti dengan peningkatan penghasilan penduduk sejak koperasi itu didirikan hingga sekarang.

Sebagai salah satu koperasi susu sapi perah, KOP SAE telah mengukir berbagai prestasi di tingkat nasional. Di tahun 1998 lalu misalnya, koperasi ini menerima Piagam Koperasi Mandiri. Kemudian, di tahun 2001, mendapatkan predikat Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional, dan lima tahun kemudian menerima penghargaan sebagai Koperasi Produsen Berprestasi Tingkat Jawa Timur dan Tingkat Nasional.

Kop SAE Pujon melakukan berbagai upaya untuk meringankan beban anggotanya. Terutama memulihkan produksi susu sapi milik para peternak. Kurang lebih ada 9.500 anggota dengan populasi sapi yang dimiliki sebanyak kurang lebih 21.000 ekor yang menghasilkan susu sebanyak 121 ton per hari dengan produk susu yang dihasilkan masih berkisar 10 hingga 15 liter.

Kegiatan koperasi tak hanya sekedar trading susu, tetapi juga peternakan untuk menghasilkan anakan sapi perah. Peternakan sapi ini menyediakan bakalan induk sapi perah yang sekaligus bisa memproduksi susu. Sapi-sapi yang dihasilkan dari peternakan ini diprioritaskan untuk dijual kepada para anggota Koperasi SAE. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan anggota masyarakat yang ingin beternak untuk membeli indukan di peternakan milik Koperasi SAE ini.

Dalam kandang tersebut, terdapat berbagai bagian, mulai dari bagian untuk persalinan sapi, hingga pembesaran anak sapi. Sementara itu, di bagian lain terdapat bagian untuk pemerahan susu, serta ruang untuk produksi pakan. Pakan yang diberikan kepada sapi-sapi yang ada di peternakan ini harus sesuai dengan agar sapi tumbuh optimal dan bisa memproduksi susu sebanyak yang diharapkan.

Setelah peternakan berjalan, pihak pengelola koperasi pun mulai menjalankan bisnis lainnya seperti membuka toko oleh-oleh berbagai produk turunan susu di Cafe KOP SAE Pujon. Di tempat ini, Anda bisa membeli berbagai produk olahan susu, mulai susu dalam kemasan (pasteurisasi) hingga yoghurt, dan es krim susu. Berikut kami sajikan info terbaru harga susu KOP SAE Pujon.

Produk Susu KOP Sae Pujon (instagram: @hastacreativespace)
Produk Susu KOP Sae Pujon (instagram: @hastacreativespace)

Harga Susu KOP SAE Pujon

Varian Susu KOP SAE PujonHarga
Susu Pasteurisasi Cup Rasa CoklatRp4.000
Susu Pasteurisasi Cup Rasa StrawberryRp4.000
Susu Pasteurisasi Cup Rasa VanillaRp4.000
Susu Pasteurisasi Cup Rasa MelonRp4.000
KOP SAE PujonRp12.500
Susu Pasteurisasi PlainRp20.000

Hingga saat ini, harga susu pasteurisasi cup KOP SAE Pujon relatif stabil. Sementara itu, harga susu segarnya sedikit naik dari Rp12 ribu menjadi Rp12.500 per liter. Selain susu segar dan susu aneka rasa lainnya, Anda pun bisa membeli produk olahan lain dari KOP SAE Pujon dan berikut rincian harganya.

Harga Produk Olahan Susu KOP SAE Pujon

Varian Produk Olahan SusuHarga
Es Krim SusuRp4.000
Yoghurt 250 ml Rasa CoklatRp9.500
Yoghurt 250 ml Rasa StrawberryRp9.500
Yoghurt 250 ml Rasa MelonRp9.500
Yoghurt 250 ml Rasa VanillaRp9.500
Yoghurt 250 ml Rasa AnggurRp9.500
Permen SusuRp10.000
Yoghurt Jelly Rasa OrangeRp13.000
Yoghurt Jelly Rasa StrawberryRp13.000
Yoghurt Jelly Rasa BananaRp13.000
Yoghurt Jelly Rasa MelonRp13.000
Yoghurt Jelly Rasa VanillaRp13.000
Yoghurt Jelly Rasa BlueberryRp13.000
Yoghurt LilinRp25.000

Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga produk olahan susu di KOP SAE Pujon saat ini terpantau naik. Misalnya, yoghurt jelly rasa jeruk yang semula dijual dengan harga mulai Rp10 ribu, sekarang menjadi Rp13 ribu. Begitu pula dengan harga yoghurt kemasan 250 ml yang sedikit naik dari Rp8.500 menjadi Rp9.500.

Selain bisa dibawa pulang, konsumen pun bisa menikmati produk-produk KOP SAE langsung di lokasi. Pasalnya, koperasi ini telah menyediakan fasilitas ruang makan-minum/bersantai, yang didukung dengan toilet yang bersih dan musala. Tersedia pula beberapa spot foto di area kafe yang dapat dimanfaatkan untuk selfie. 

Informasi harga produk susu olahan KOP SAE Pujon di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk media sosialnya. Perlu diingat, harga tersebut tentunya tidak mengikat karena dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa langsung berkunjung ke Cafe KOP SAE Pujon di Malang, Jawa Timur.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *