Info Lengkap Efek Samping, Dosis, dan Harga Ponstan 500 Mg di Apotek

Saat Anda merasakan gigi tak tertahan, biasanya dokter akan meresepkan sejumlah pereda nyeri dengan tertentu. Salah satu obat tersebut yakni Ponstan. Obat Ponstan dijual di toko obat dengan terjangkau.

Ilustrasi: Wanita Merasakan Sakit Gigi (sumber: insider.com)

Ilustrasi: Wanita Merasakan Sakit Gigi (sumber: insider.com)

Selain digunakan sebagai pereda nyeri, Ponstan juga kerap dikonsumsi untuk mencegah peradangan dan mengurangi gangguan inflamasi secara umum. Obat Ponstan memiliki kandungan asam mefenamat yang merupakan derivat antranilat dengan analgetik, antipiretik, dan anti radang yang cukup baik. Asam mefenamat dalam Ponstan termasuk dalam golongan Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drug (NSAID). Obat rema NSAID’s yang berkhasiat untuk mengatasi pembengkakan akibat jatuh, tendangan atau pukulan. Obat-obat sejenis dengan meningkat adalah ibuprofen, ketotifen, naproksen, piroksikam, dan diklofenak.[1]

Cara Kerja Ponstan

Dalam mengurangi rasa nyeri, kandungan asam mefenamat dalam Ponstan berperan menghambat kerja dari enzim siklooksigenasi (COX). Enzim ini berfungsi dalam membantu pembentukan prostaglandin saat terjadinya luka dan menyebabkan rasa sakit serta peradangan. Ketika kerja enzim COX terhalangi, maka produksi prostaglandin lebih sedikit, sehingga rasa sakit dan peradangan akan berkurang.

Baca juga  Info Terkini Harga, Dosis, & Cara Minum Afolat untuk Program Hamil

Komposisi Ponstan

Kemasan Ponstan 1 box isi 10 blister x 10 . Untuk komposisi Ponstan setiap mengandung aktif yakni asam mefenamat 500 mg.

Ponstan Asam Mefenamat 500 Mg 10 Tablet (sumber: Halodoc)

Ponstan Asam Mefenamat 500 Mg 10 Tablet (sumber: Halodoc)

Indikasi Ponstan

Ponstan mampu meredakan nyeri ringan sampai sedang, sehubungan dengan sakit kepala, sakit gigi, nyeri otot, termasuk nyeri trauma, dismenore primer, dan nyeri pasca operasi.

Dosis Ponstan

Dosis permulaan 500 gram lalu 3-4 kali sehari 250 mg sesudah makan.[2] Dosis Ponstan untuk usia dewasa dengan dosis 4x sehari sebanyak 1 tablet atau sesuai kebutuhan. Anda dapat mengonsumsi obat ini bersama atau setelah makan. Setelah digunakan, ada baiknya Ponstan disimpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya matahari.

Sementara itu, dosis Ponstan untuk anak 14-18 tahun yakni 500 mg dilanjutkan dengan 250 mg setiap 6 jam sesuai kebutuhan dan penggunaannya tidak lebih dari 7 hari. Ponstan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi anak usia di bawah 14 tahun.

Perhatian Pemakaian Ponstan

Obat Ponstan lebih baik tidak digunakan oleh kondisi pasien hipersensitif, pasien yang dengan asetosal mengalami bronkospasme, alergi rinitis, urtikaria, pasien dengan tukak lambung dan usus, pasien dengan gangguan ginjal parah. Anda yang pernah mengalami diare setelah minum Ponstan sebelumnya, tidak disarankan mengonsumsinya karena kemungkinan akan mengalami diare kembali. Anda punya penyakit ginjal. Anda mengalami gagal jantung berat dan gagal hati juga tidak disarankan mengonsumsi Ponstan, termasuk bagi Anda yang akan menjalani operasi bypass arteri koroner.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Cabut Gigi ke Dokter Gigi

Ponstan

Efek samping yang paling sering terjadi yakni gangguan lambung usus. Penggunaan jangka panjang yang terus menerus dapat mengakibatkan agranulositosis dan hemolitik anemia. Jika Anda mengalami salah satu dari efek samping yang lebih serius seperti di bawah ini, sebaiknya hentikan pemakaian Ponstan dan segera periksakan diri Anda ke dokter, gejalanya meliputi:

  • Pusing parah
  • Sakit kepala persisten
  • Diare berat
  • Penglihatan kabur atau kehilangan penglihatan warna
  • Sakit telinga
  • Detak jantung lebih cepat atau tidak teratur (aritmia)
  • Keringat berlebihan
  • Tanda-tanda infeksi, seperti demam, menggigil, sakit tenggorokan
  • Mudah memar atau muncul kemerahan atau keunguan pada kulit
  • Kadar gula darah memburuk pada diabetes
  • Perubahan warna urine atau lebih sering buang air kecil
  • Mata dan kulit menjadi lebih kuning

Agranulositosis dan anemia hemolitik juga bisa terjadi jika Anda mengonsumsi Ponstan dalam jangka panjang dan terus-menerus dalam dosis lebih dari atau sama dengan 2.000 mg setiap hari.

Ilustrasi; Obat Tablet Sakit Gigi (sumber: wallpaperflare)

Ilustrasi; Obat Tablet Sakit Gigi (sumber: wallpaperflare)

Harga Ponstan di

Varian PonstanHarga (Rp)
Ponstan 500 mg per tablet3.281
Ponstan 500 mg per 24.000
Baca juga  Info Manfaat dan Harga Minyak Tawon Tutup Putih Asli

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga Ponstan tentu berbeda-beda pada setiap tempat dan dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan penjual. Selain Ponstan, tersedia pula obat pereda nyeri Asam Mefenamat dengan harga jauh lebih murah sekitar Rp500 per tablet. Namun agak berbeda dari Ponstan, Asam Mefenamat hanya direkomendasikan untuk orang dewasa saja, dengan gejala sakit gigi, gusi bengkak, serta sakit kepala (efek dari sakit gigi yang diderita).

 

[1] Hoan Tan. Obat-obat Sederhana Gangguan Sakit Sehari-hari(Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015), hlm. 325

[2] Hoan Tan. Obat-obat Penting Edisi Ketujuh(Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015), hlm. 325

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Efek Samping, Dosis, dan Harga Ponstan 500 Mg di Apotek"