Cara Menanam dan Harga Pohon Ketapang Kencana

No comment1610 views

Bagi Anda yang hobi tandur, pastinya sudah familiar dengan ketapang kencana. Saat ini, tumbuhan tersebut memang sedang populer di kalangan kolektor . Meskipun harganya tidak murah, namun pohon ketapang selalu ludes di pasar kembang, karena punya bentuk pohon yang indah dan kaya manfaat.

Secara fisik, pohon ketapang kencana memiliki pertumbuhan batang pohon yang lurus ke atas (vertikal) dengan yang tumbuh horizontal bertingkat. Bentuk pohon ketapang yang dewasa dengan tinggi lebih dari 1 meter akan menyerupai payung raksasa, dan inilah yang menarik para pencinta tanaman. Selain itu, bentuk ketapang yang cenderung melebar membuat pohon terkesan dramatis jika ditanam di taman yang luas. Pohon ketapang ini memiliki bunga yang berukuran kecil dan terletak di bagian ujung ranting.[1]

Pohon Ketapang Kencana (credit: grosirbibittanaman)

Pohon Ketapang Kencana (credit: grosirbibittanaman)

Cara Menanam Pohon Ketapang Kencana

Agar taman Anda terlihat lebih indah dan dramatis, Anda bisa menanam pohon ketapang kencana di setiap sudutnya. Pohon yang berbentuk payung raksasa ini tidak hanya berfungsi sebagai ornamen di taman, tetapi juga bisa dijadikan sebagai peneduh. Cocok bagi Anda yang memiliki taman luas dan menghadap ke arah timur.

Baca juga  Manfaat dan Harga Pupuk TSP (Padat dan Cair)

Selain dijadikan sebagai peneduh, pohon ketapang memiliki fungsi terpenting di habitatnya. Pohon ketapang mampu memproduksi oksigen lebih banyak dibanding tumbuhan lainnya, seperti bunga, tanaman hias, atau perdu. Dengan beberapa pohon ketapang yang Anda tanam, maka taman dan rumah menjadi lebih sejuk dengan udara yang bersih.

Sebelum Anda menanam pohon ketapang kencana, pastikan Anda sudah membeli benih atau bibitnya. Lebih disarankan, Anda membeli pohon ketapang yang siap tanam karena lebih praktis. Pilihlah yang layak tanam dan berkualitas dengan memperhatikan daun, keadaan batang, dan rantingnya.

Bibit pohon ketapang kencana yang berkualitas baik dan layak tanam memiliki batang yang kokoh dengan serat yang padat. Untuk bibit yang siap tanam, minimal harus berukuran 7 cm hingga 15 cm dengan jumlah daun lebih dari 5 helai. Pastikan juga bibit pohon ketapang tidak mengalami kerusakan di bagian dan daun. Dua bagian tumbuhan tersebut adalah bagian terpenting pada tanaman.

Selain itu, bibit tidak boleh dalam keadaan layu daun atau cacat saat dibeli. Ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan bentuk pohonnya saat dewasa nanti. Setelah Anda mendapatkan bibit ketapang yang layak tanam, Anda harus menyiapkan media tanam. Perlu Anda ketahui, Anda tidak bisa menanam pohon ketapang kencana dalam pot atau polybag, mengingat pohon ini dapat tumbuh lebih dari 3 meter.

Baca juga  Update Harga Teh Gelas 1 Dus di Pasaran
Bibit Pohon Ketapang Kencana (credit: grosirbibittanaman)

Bibit Pohon Ketapang Kencana (credit: grosirbibittanaman)

Lokasi yang baik untuk ditanami adalah lokasi yang selalu disinari matahari penuh. Anda bisa memilih halaman belakang rumah atau taman bagian depan. Setelah itu, lakukan penggemburan lahan dan pengukuran pH tanah. Tanah yang baik untuk menanam pohon ketapang kencana memiliki pH sebesar 5 hingga 6. Jika kadar asam pada tanah terlalu tinggi, Anda bisa menaburkan kapur tani.

Selain proses penggemburan, tambahkan pupuk kandang atau kompos pada lahan. Selain itu, tambahkan juga arang sekam untuk membuat tekstur tanah lebih gembur. Anda bisa pula menyiramnya dengan sedikit air selama proses penggemburan tanah. Buatlah lubang tanam pada lahan yang sudah siap ditanami sedalam 5 cm hingga 7 cm. Pisahkan bibit dari media semainya secara perlahan tanpa harus membersihkan tanahnya.

Anda hanya perlu melepas polybag atau pot yang menutupi media tanamnya dan memasukkan bibit ke dalam lubang tanam. Tutup lubang tanam dan padatkan permukaan media tanam. Sehingga, bibit dapat berdiri dengan kokoh. Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan proses perawatan pohon.

Baca juga  Info Lengkap Harga Buah dan Bibit Blackberry

Merawat pohon ketapang kencana sangat mudah mengingat pohon ini memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca, hama, dan penyakit. Anda hanya perlu menyiram pohon setiap pagi dan sore untuk menjaga kelembapan tanahnya. Selain itu, jangan lupa untuk memberi pupuk susulan setiap 2 minggu sekali.

Pohon Ketapang Kencana

Setelah Anda mengetahui cara menanam dan merawat pohon ketapang kencana, lalu berapa harganya di pasaran? Saat ini, harga bibit pohon ketapang kencana siap tanam berkisar Rp4.900 hingga Rp15.000, sedangkan untuk pohon kencana dewasa dengan tinggi lebih dari 1 meter, harganya bisa mencapai Rp3 jutaan hingga Rp4,5 jutaan. Harga pohon ketapang kencana tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Marjenah & Ariyanto. 2018. Kesesuaian Jenis yang Dapat Ditumpangsarikan dengan Ketapang (Terminalia catappa Linn.) pada Beberapa Sistem Lahan di Kalimantan Timur dan Prospeknya Sebagai Hutan Tanaman. Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa, Vol.4(2): 57-70.

author

Leave a reply "Cara Menanam dan Harga Pohon Ketapang Kencana"