Info Cara Membuat & Harga Plat Nomor Motor dan Mobil Cantik

Setiap kendaraan bermotor yang berada di jalanan Indonesia, baik sepeda motor atau mobil diwajibkan untuk memiliki pelat nomor. Plat nomor ini yang memudahkan identifikasi kendaraan di kepolisian. Bagi pemilik kendaraan mewah bahkan kini dapat secara resmi membuat plat nomor cantik di kepolisian melalui Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) pilihan dengan harga atau tertentu.

Ilustrasi: Plat Mobil (credit: tunastoyota)
Ilustrasi: Plat Mobil (credit: tunastoyota)

Plat nomor kendaraan memiliki nomor seri yaitu berupa susunan huruf dan angka yang dikhususkan bagi kendaraan tersebut, baik motor maupun mobil. Nomor yang terdapat pada plat di Indonesia disebut juga dengan nomor polisi yang dipadukan dengan informasi lain mengenai kendaraan yang bersangkutan, seperti warna, merk, model, tahun pembuatan, nomor identifikasi kendaraan, serta nama dan alamat pemiliknya.[1]

Bacaan Lainnya

Berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di lingkungan POLRI, berikut ini besaran tarif penerbitan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) Pilihan yang berlaku mulai tanggal 6 Januari dan masih berlaku sampai tahun 2021 ini.

Baca juga  Syarat dan Biaya Izin Sumur Bor SIPA

Harga Plat Nomor Motor dan Mobil Cantik

Kriteria NRKB
NRKB pilihan 1 (satu) angka Tidak ada huruf belakang (blank) Rp20.000.000
Ada huruf di belakang angka Rp15.000.000
NRKB pilihan 2 (dua) angka Tidak ada huruf belakang (blank) Rp15.000.000
Ada huruf di belakang angka Rp10.000.000
NRKB pilihan 3 (tiga) angka Tidak ada huruf belakang (blank) Rp10.000.000
Ada huruf di belakang angka Rp7.500.000
NRKB pilihan 4 (empat) angka Tidak ada huruf belakang (blank) Rp7.500.000
Ada huruf di belakang angka Rp5.000.000
Ilustrasi Beberapa Contoh Nomor Pelat Cantik moladin
Ilustrasi: Beberapa Contoh Nomor Pelat Cantik (credit: moladin)a

Ketentuan Plat Nomor Cantik

  • NRKB pilihan berlaku selama 5 tahun dan dapat diperpanjang 5 tahun lagi, namun pada kode wilayah yang sama.
  • NRKB pilihan tidak berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor dipindahtangankan kepada pihak lain atau mutasi ke luar wilayah.
  • NRKB pilihan berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor melakukan ubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.
  • Masa berlaku NRKB pilihan tercantum dalam surat keterangan NRKB Pilihan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Ta/Tabes.
  • Perpanjang NRKB Pilihan dilakukan bersama dengan perpanjang STNK dan jatuh tempo masa berlaku disamakan dengan masa berlaku STNK.
  • Apabila kendaraan bermotor dipindahtangankan sebelum masa berlaku NRKB Pilihan habis, maka sisa masa berlaku akan habis, dan untuk penerbitan STNK yang baru dengan penerbitan NRKB Pilihan yang baru selama 5 tahun.
Baca juga  Update Biaya Pemeriksaan Echo (Ekokardiografi) Jantung

Prosedur & Membuat Plat Nomor Cantik

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pengurusan plat nomor cantik, yakni Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), bukti pembelian kendaraan dari dealer.
  2. Datang ke Samsat atau Gedung Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.
  3. Isi formulir khusus untuk membuat plat nomor cantik, termasuk nomor pilihan yang diinginkan.
  4. Apabila formulir permohonan pembuatan plat nomor cantik sudah diisi dengan lengkap dan diserahkan ke petugas, maka akan dilakukan pemeriksaan dan ketersediaan plat nomor cantik permintaan pemohon. Jika plat nomor cantik permintaan pemohon tersedia (belum digunakan) atau tidak (sudah digunakan) akan diberitahu petugas. Apabila tidak tersedia, dapat dicari nomor pengganti.
  5. Nah, jika tersedia silakan bayar pembuatan plat nomor cantik.
  6. Pihak kepolisian akan menginput data kendaraan bermotor.
  7. Surat keterangan plat nomor cantik akan dicetak.
  8. Dokumen akan digandakan untuk pengarsipan.
  9. dan plat nomor cantik akan diserahkan pada pemohon.
Baca juga  Update Harga The Safari Lodge, Hotel di Taman Safari Cisarua

Bagaimana? Cukup mudah bukan proses membuat plat nomor cantik untuk sepeda motor dan mobil kesayangan Anda? Sebaiknya lakukan pembuatan plat nomor motor dan mobil cantik secara resmi di Samsat wilayah Anda. Pasalnya, jika menggunakan jasa calo kemungkinan Anda perlumengeluarkan dana yang jauh lebih dibandingkan jika Anda mengurusnya sendiri melalui jalur resmi. Sebelum datang ke Samsat, pastikan Anda telah membawa semua dokumen yang dibutuhkan.

[1] Batubara, NA dkk. 2020. Perbandingan Faster R-CNN dengan SSD Mobilenet Untuk Mendeteksi Plat Nomor. Rolly MA, editor. Bandung: Kreatif Industri Nusantara, hlm 175.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *