Info Lengkap Harga Plastisin di Pasaran

No comment61 views

Saat masih sekolah, pasti tak asing dengan sebagai benda yang asyik dijadikan mainan maupun media edukasi. Lilin mainan atau adalah benda padat yang dapat diubah bentuknya. Anda dapat membuat mainan apa saja dari . Apabila tidak ada , dapat menggunakan tanah liat atau adonan tepung.[1] Hingga kini, plastisin masih menjadi mainan favorit anak-anak yang dijual dengan terbilang murah.

Mengenal Plastisin

Plastisin warna warni

Plastisin warna warni

Plastisin ditemukan oleh William Harbutt yakni seorang guru asal negara Inggris yang mencari alternatif bahan sebagai penunjang kreativitas untuk muridnya. Semula, para pelajar menggunakan tanah liat sebagai media edukasi, lalu tergantikan oleh plastisin dengan sejumlah keunggulannya. Plastisin yang mengandung lilin terbilang lebih bersih dan tidak mudah mengeras karena berbentuk adonan, berbeda dengan sifat tanah liat yang mudah mengeras dan mengandung banyak kotoran.

Sampai saat ini, plastisin sangat populer sebagai bahan praktikum di taman kanak-kanak maupun di sekolah dasar. Anak-anak begitu menyukainya karena dapat dibuat bermacam-macam bentuk dan memiliki banyak variasi warna sehingga anak kecil mudah tertarik. Sifatnya yang lunak dapat melatih motorik anak-anak dan cocok dengan jari-jari kecilnya, serta bertujuan untuk memancing daya pikir anak untuk menciptakan bentuk-bentuk baru sesuai dengan imajinasi.

Manfaat Plastisin:

  • Mendorong kreativitas
  • Menenangkan anak
  • Mengembangkan keterampilan motorik halus
  • Meningkatkan koordinasi mata-tangan (bermain lilin mainan dengan tangan)
  • Meningkatkan keterampilan sosial (dapat
  • Mendukung kemampuan berhitung dan literasi anak
  • Menjauhkan anak dari gadget
  • Berlatih konsentrasi
  • Membuat anak nyaman dalam belajar

Tak heran dengan keunggulan dari plastisin, anak dapat belajar sekaligus mengasah kemampuan dan daya kreativitasnya.

-jenis Plastisin

Di pasaran banyak sekali jenis plastisin yang dijual, Anda dapat memilih kira-kira mana yang tepat dipakai untuk anak-anak dalam berkarya.

  • Malam-plastisin yang terbuat dari campuran parafin bentuknya lunak dan tidak mudah mengeras sehingga dapat dengan mudah jika dibentuk kembali. Memiliki kelebihan tidak mudah kotor dan tidak mudah bercampur dengan material lain seperti keringat dari tangan. Harganya pun murah dan dapat dengan mudah ditemukan di toko mainan.
  • Plastisin clay (tepung) terbuat dari bahan yang komposisi utamanya adalah tepung tapioka. Untuk plastisin yang satu ini mempunyai sifat yang lebih keras dibanding dengan plastisin jenis malam. Bentuknya yang solid dan dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah juga menjadi kelebihan dari plastisin jenis ini.
Baca juga  Harga Burung Perkutut Bangkok (Gacor, Ring, Anakan, Sepasang)

Ternyata plastisin atau bahan polymer, terlalu sulit dan rumit untuk dibuat sendiri. Bahan polymer yang diimpor sangat mudah dibentuk tetapi harganya sangat sulit dijangkau masyarakat.

Tak hanya dijadikan media edukasi, plastisin juga unik dijadikan kerajinan tangan. Keunggulan dari plastisin yakni dapat dibentuk menjadi berbagai kreasi dengan beraneka fungsi. Kerajinan tangan ini mudah dipelajari oleh setiap orang, mulai dari kalangan anak-anak dewasa. Berikut beberapa kreasi dari plastisin yang dapat dicoba di rumah.

Cara Membuat Kreasi dari Plastisin

Anak bermain dengan plastisin

Anak bermain dengan plastisin

yang dibutuhkan untuk membuat kreasi dari plastisin:

  • Lem UHU
  • Lem putih atau PVA
  • Pemotong adonan atau gunting kecil
  • Pipa 25 cm
  • Sedotan
  • Tusuk gigi
  • Jarum pentul

Selanjutnya berikut rincian bahan yang perlu dipersiapkan sebagai pengganti plastisin. Anda dapat mengganti plastisin dengan sejumlah barang di bawah ini.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kreasi dari plastisin:

  • Tepung terigu 20 gram
  • Tepung tapioka 20 gram
  • Tepung beras 20 gram
  • Lem putih 50 gram
  • poster, akrilik, atau air
Baca juga  Info Terkini Harga Palet Lukis (Plastik, Kayu, Oval, Flower dll)

Adonan tersebut cukup untuk membuat 1 pasang boneka pakaian adat. Apabila Anda ingin membuat lebih banyak, maka tinggal dikalikan jumlahnya.

Cara membuat adonan pengganti plastisin

  1. Campurkan tepung, kemudian tepung diayak.
  2. Campurkan tepung dengan lem selanjutnya diuleni hingga merata.
  3. Gunakan cat air, cat akrilik, atau cat poster untuk membuat warna yang gelap, seperti merah, hijau tua, atau biru tua, campurkan lebih banyak cat. Sedangkan untuk membuat warna yang muda, terlebih dulu campurkan adonan plastisin dengan warna putih, kemudian campurkan dengan warna yang diinginkan. Sesudah plastisin mengering, warnanya akan terlihat lebih tua.

Tangan harus bersih dan kering saat mencampur warna dan membentuk plastisin. Semua plastisin, baik yang belum dan sudah diwarnai, sebaiknya disimpan dalam .

Langkah-langkah Membuat Kreasi dari Plastisin:

  1. Ambillah segumpal plastisin dan letakkan di telapak tangan.
  2. Gulung-gulunglah plastisin dengan menggunakan kedua telapak tangan.
  3. Pastikan permukaan plastisin rata dan bulat sempurna.
  4. Setelah menjadi bentuk bulat, biarkan beberapa saat hingga kering.[2]

Bentuk dasar kreasi plastisin meliputi: bulat telur, spiral, tali, tetes air dua sisi, gulung, dan tabung. Namun, jika Anda ingin membeli produk plastisin, berikut dapat dijadikan referensi.

Harga Plastisin di Pasaran

Kreasi dari plastisin

Kreasi dari plastisin

Varian Produk PlastisinKisaran Harga (Rp)
Plastisin Merk Bola5.000
Plastisin Merk Ananda6.000
Plastisin Merk Shin Toeng6.250
Plastisin Play Dough7.000
Plastisin Refill Fun Doh8.900
Plastisin Whinsen Jumbo9.000
Plastisin Legong Malam Jumbo10.800
Plastisin Bola Jumbo11.000
Plastisin Buah 3D20.700
Plastisin Fun Doh Gelato22.000
Plastisin Lyra Modello24.400
Plastisin Karet Luminous29.757
Plastisin Giotto37.100
Fun Doh Plastisin Sushi Set38.000
Plastisin Fun Doh Pizza42.000
Plastisin Magnet43.571
Fundoh Plastisin Extruder Set60.000
Baca juga  Specs dan Harga Terbaru Keyboard KORG PA600 Professional Arranger

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Anda dapat menemukannya dengan mudah di toko mainan anak, maupun Gramedia. Untuk lebih praktis, Anda juga dapat memesannya melalui sejumlah marketplace terpercaya. Harga di atas tidak menjadi patokan, karena setiap tempat menawarkan harga berbeda.

Tips Membeli Plastisin

Produk plastisin Play Doh

Produk plastisin Play Doh

Plastisin yang juga dikenal dengan istilah play doh menjadi mainan yang aman digunakan, namun Anda tetap harus jeli memilih plastisin yang tepat bagi usia anak agar tidak berbahaya saat digunakan.

Perhatikan usia anak sebelum membeli plastisin
Mainan ini memang tergolong aman untuk anak, tapi tetap fungsinya bukan untuk dimakan. Sebaiknya baru berikan Play-Doh pada anak di atas usia 2 tahun, karena di usia ini keinginan anak untuk memasukkan benda ke dalam mulut mulai berkurang.

Sesuaikan tema plastisin dengan usia balita
Jika Anda berkeinginan mengenalkan plastisin pada balita, sebaiknya jangan dulu membelikannya dalam bentuk yang rumit. Awali dengan Play-Doh yang dikemas dalam ember kuning dan memiliki warna dasar merah, biru, serta kuning untuk pengenalan warna.

Siapkan wadah untuk menyimpan plastisin
Mengajak balita bermain memang harus siap dengan kondisi rumah yang berantakan. Untuk itu, siapkan beberapa wadah penyimpan, selain wadah aslinya tempatkan plastisin di tempat yang aman.

Tingkatkan kreativitas dan imajinasi balita dengan membentuk skenario singkat. Misalnya, buat kesan balita tengah berkunjung ke kebun , lalu apa saja yang dilihatnya. Setelah itu ajak anak membentuk tersebut dari plastisin.

[1] Andri, Rillah.  Lingkungan Rumah 2A. (Jakarta: Grasindo, 2006), hlm. 96

[2] Indira. Kreasi Plastisin: Pakaian Adat Nusantara(Jakarta: Erlangga For Kids, 2009), hlm. 6

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Harga Plastisin di Pasaran"