Update Harga Plamir Dulux (Interior dan Eksterior)

Pekerjaan mengecat tembok pada dasarnya cukup mudah, tetapi membutuhkan keterampilan agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Selain cat tembok, Anda juga perlu menyiapkan bahan lain seperti plamir atau dempul untuk menutupi permukaan dinding yang kurang sempurna. Telah banyak produsen cat terkemuka yang mengeluarkan produk plamir, seperti Dulux, yang dijual dengan harga bervariasi, tergantung kemasan.

Ilustrasi: Berbagai Varian Produk Dulux (credit: sharecafe)
Ilustrasi: Berbagai Varian Produk Dulux (credit: sharecafe)

Terkadang pada tembok yang baru terdapat retak rambut (retak berukuran halus) atau bahkan goresan pada saat renovasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambal bagian retak atau gores dengan plamir tembok. Plamir dapat Anda beli di toko bangunan atau Anda dapat meraciknya sendiri.

Bacaan Lainnya

Jika berniat membuat sendiri, campuran plamir yang harus Anda persiapkan terdiri dari: lem tembok atau kayu, semen putih, dan air. Perbandingan lem, semen putih, dan air masing-masing adalah 1 : 2 : 1/4. Namun, jika tembok yang tergores atau terkelupas cukup dalam dan lebar, sebaiknya Anda menambal terlebih dahulu dengan ‘adonan’ semen. Anda dapat membuat campuran semen, pasir, dan air dengan perbandingan 1 : 3 : 1/2.

Baca juga  Info Terbaru Harga Melia Propolis di Apotek

Semakin sedikit jumlah perbandingan pasir, adukan semen akan semakin kuat. Tambal tembok, kemudian ratakan. Setelah agak kering, sebaiknya tambalan tersebut dikuas dengan campuran semen dan air dengan perbandingan 1 : 1/4 agar permukaan tembok lebih kuat. Pada saat tambalan benar-benar kering, Anda dapat mem-plamir-nya supaya mendapatkan hasil maksimal dan tidak terlihat bercak atau flek tambalan semen.[1]

Namun, dibandingkan membuat plamir sendiri, membeli produk plamir instan yang siap pakai sebenarnya jauh lebih praktis dan tentunya lebih efisien. Brand Dulux misalnya, sudah menawarkan beberapa macam plamir tembok yang berkualitas. Lalu, apa saja produk plamir Dulux dan berapa harganya saat ini di pasaran?

Varian Plamir Tembok Dulux

  • Dulux Catylac Plamur adalah produk plamir untuk melapisi retak pada dinding interior (dalam ruangan) dan meningkatkan daya rekat cat. Dulux Catylac Plamur Interior memiliki hasil akhir matte (doff) dengan daya sebar antara 3-4 m2 (meter persegi) per kg. Waktu pengeringan yang dibutuhkan Dulux Catylac Plamur Interior hingga kering sempurna adalah sekitar 1-2 jam. Dulux Catylac Plamur Interior tersedia dalam dua ukuran, yakni 5 kg dan pail 25 kg.
  • Dulux Wallfiller adalah plamur yang hanya dianjurkan untuk menutupi pori-pori, retak-retak halus, serta kerusakan kecil lainnya pada permukaan tembok bagian dalam (interior), ketika retakan dan ketidaksempurnaan permukaan perlu diperbaiki sebelum pengecatan. Dulux Wall Filler water based (berbasis air) ini diklaim memiliki daya sebar antara 3-4 meter persegi per kg dengan waktu pengeringan sekitar 1-2 jam. Dulux Wallfiller sejauh ini hanya tersedia dalam satu ukuran kemasan, yakni seberat 3,5 kilogram.
  • Dulux Weathershield Putty Exterior merupakan plamir eksterior (luar ruangan) yang terbuat dari lateks yang diklaim mampu menutup pori-pori tembok dan retak rambut dengan cepat. Dulux Weathershield Exterior Putty mempunyai elastisitas yang tinggi dan tahan terhadap cuaca tropis, sehingga bisa meningkatkan kualitas dan daya tahan cat eksterior. Dulux Weathershield Exterior Putty hanya dapat digunakan untuk area dinding yang berlubang atau mengalami retak rambut. Penggunaan Dulux Weathershield Exterior Putty tidak dianjurkan untuk seluruh permukaan dinding. Seperti halnya produk plamir Dulux lainnya, produk Dulux Weathershield Exterior Putty memiliki daya sebar antara 3-4 meter persegi per kg dengan waktu pengeringan 1-2 jam, dan aplikasi yang disarankan sebanyak 2 lapisan. Dulux Weathershield Exterior Putty hanya tersedia dalam kemasan ukuran 3,5 kg.

    Plamir Dulux di Pasaran - www.lazada.co.id
    Plamir Dulux di Pasaran – www.lazada.co.id

Harga Plamir Dulux

Varian Plamir Dulux Harga
Dulux Catylac Plamur 5 kg Rp62.000 – Rp71.600
Dulux Wallfiller galon 3,5 kg Rp125.000
Dulux Weathershield Exterior Putty 3,5 kg Rp131.700
Dulux Catylac Plamur 25 kg Rp286.725 – Rp321.500

Informasi harga plamir tembok Dulux di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga plamir Dulux terpantau turun. Dulux Catylac Plamur 25 kg misalnya, awalnya dijual Rp325 ribu dan sekarang menjadi Rp286 ribu sampai Rp321 ribuan. Sementara itu, harga Dulux Weathershield Exterior Putty 3,5 kg turun dari Rp150 ribu menjadi Rp131 ribuan.

(Panca)

[1] Suryadi, E. 2006. Mengecat Rumah Menghadirkan Motif Unik & Inspiratif. Jakarta: Kawan Pustaka, hlm 6.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.