Mengenal Ragam Jenis Piring Makan Beserta Harga per Lusin

Piring menjadi salah satu perangkat sehari-hari. berbentuk datar sedikit cekung ini memang digunakan sebagai wadah lauk, nasi, dan beragam masakan lainnya. Kehadirannya pun menjadi sangat penting untuk menyajikan hidangan semakin menarik. Harga piring juga bervariasi di pasaran untuk per lusinnya.

Piring (sumber: shopee.co.id)

Piring (sumber: shopee.co.id)

Awal mulanya piring dibuat dari bahan alumunium oleh orang China. Seiring perkembangan teknologi, para ahli di Jerman menggabungkan bahan keramik untuk piring makan tersebut. Tak ketinggalan para ahli Eropa juga menginovasi bahan porselen untuk piring sekitar abad ke-14 diikuti dengan perkembangan bahan lainnya.

Tak heran jika dari bahan sederhana seperti rotan, batu dan tanah liat, piring makan kemudian tampil beragam dari bahan alumunium, porselen, keramik, logam, , melamin, hingga plastik. Tentu saja disesuaikan dengan bahannya, fungsi piring tersebut berbeda-beda.

Seperti piring melamin yang begitu populer dengan kekuatannya, sehingga tercipta tahan panas dengan formulasi food grade membuatnya aman digunakan dalam waktu lama. Berbeda dengan bahan plastik dan atau styrofoam yang hanya dapat digunakan sekali pakai, sebab dari segi keamanan kurang terjamin. Biasanya piring berbahan tersebut digunakan untuk wadah souvenir.

-jenis Piring Makan

Piring Keramik

Jenis ini paling umum digunakan masyarakat Indonesia. Bahan jenis ini aman digunakan untuk waktu yang lama, sebab begitu serbaguna. piring ini juga beragam dan unik, sehingga cocok untuk digunakan menjamu tamu pada acara khusus.

Piring Kaca

Tentu banyak orang yang tak asing dengan piring kaca. Harganya yang terbilang murah, membuat semua kalangan memiliki piring jenis ini. Sedangkan tampilan yang elegan dan kasual, membuat piring ini banyak dipakai untuk berbagai acara. Belum lagi cara membersihkan piring ini yang begitu mudah, membuat piring ini banyak digunakan.

Piring Bambu dan Kayu

Meski tampak begitu tradisional, piring yang terbuat dari bambu dan kayu justru terbilang unik dengan daya tariknya. Khusus bagi masyarakat bergaya hidup ramah lingkungan pasti sepakat menggunakan piring ini untuk kebutuhan makan sehari-hari.

Piring (instagram: @jualpiringkeramik)

Piring (instagram: @jualpiringkeramik)

Piring Periuk (Stoneware)

Piring ini secara teknis dapat termasuk dalam kategori keramik yang memiliki keunggulan anti gores dan tahan lama. Clay atau tanah liat menjadi salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat piring ini. Tanah liat membuat tampilan piring semakin berkarakter sehingga cocok digunakan untuk .

Piring Tembikar

Cukup mirip dengan piring periuk, namun sedikit lebih kasar dan menonjolkan lapisan atasnya pada pembuatannya. Glasir pada piring ini menciptakan peluang unik bagi pengrajin untuk menempatkan desain. Terdapat sejumlah piring tembikar yang dapat Anda beli, di antaranya memiliki lapisan enamel timah untuk menambah warna pada piring.

Piring Melamin

Piring melamin pada dasarnya adalah piring plastik yang biasa digunakan orang. Melamin dikenal sebagai jenis bahan organik yang digunakan ketika membuat produk plastik. Dengan keunggulannya yang ringan dan dapat dibuat dengan bermacam desain, piring ini kerap dipakai oleh anak-anak sebab tidak perlu khawatir pecah dan melukai kulit.

Piring Kertas

Untuk penggunaan sekali pakai, piring ini begitu praktis digunakan. Sehingga cocok untuk acara pesta atau ulang tahun. Namun karena terbuat dari kertas, tentu saja tak semua hidangan dapat disajikan di piring ini.

Harga Piring per Lusin di Pasaran

Piring di atas rak (sumber: dapurnesia.com)

Piring di atas rak (sumber: dapurnesia.com)

Merek PiringUkuran per boxHarga (Rp)
Sango Porselen diameter 23 cm (6 pcs)190.000 
SoklinPorselen diameter 21 cm (6 pcs)67.500
Lion Star Ayam JagoPorselen diameter 23 cm (6 pcs)60.000
LuminarcPorselen diameter 25 cm (2 pcs)

Satu set (lusin) Lotusia Dinner

132.000

408.500

Kopin Ayam Jago (piring saji seri 2)Porselen lebar 14 cm, panjang 19,5 cm31.000
Unica Melamin diameter 22 cm (3 pcs)33.000
Golden Dragon Melamin diameter 25,5 cm (1 pcs)30.000
AsvitaPlastik ukuran 27 cm (12 pcs)70.000
Lon Rose Kisi (Impor)Bahan: 45% di atas tulang makan bone china dengan ukuran: 8 inch (1 pcs)291.500
Corelle (tahan panas)Model 110 - RT – LP (1 pcs)91.000
Hello Kitty (Impor)Piring berbentuk kepala hello kitty (1 pcs)159.000
Vicenza Dinner Plate1 lusin piring 9" model DP9199.000
Ikea Oftast PlateKaca tempered ringan diameter 25 cm (1 pcs)50.000
Blossom Plate Tupperware Bahan khusus anti panas diameter 25,7 cm (4 pcs)205.000

Para produsen maupun distributor menjual piring makan umumnya dalam jumlah satuan. Terlebih jika Anda membelinya di toko online. Dari daftar di atas, produk piring makan termurah yakni merk Lion Star Ayam Jago dengan bahan porselen yang dapat Anda beli per lusinnya seharga Rp120 ribu saja. Jika menginginkan pembelian produk lebih hemat namun dengan bahan lebih bagus, Anda dapat memilih membeli Vicenza Dinner Plate yang satu lusinnya Rp199 ribu. 

Di pasaran cukup banyak beredar piring makan dengan bahan sesuai kebutuhan. Misalnya digunakan untuk sajian makanan panas, Anda dapat memilih produk Tupperware dengan 4 pcs seharga Rp205.000. Produk ini dikenal food grade yang aman digunakan untuk suhu panas dalam jangka waktu yang lama.

Untuk piring impor, Anda perlu merogoh kocek cukup banyak pasalnya biaya ongkos kirim juga terbilang mahal. Misalnya untuk produk piring impor Lon Rose Kisi yang terbuat dari 45% bahan di atas tulang makan bone China dengan ukuran 8 inch dijual Rp291.500 per pcs. Jika Anda membutuhkan satu lusin, uang yang perlu dikeluarkan sekitar Rp3.498.000. 

Baca juga  Harga List Gypsum per Batang (Berbagai Ukuran dan Tipe)
loading...
author

Leave a reply "Mengenal Ragam Jenis Piring Makan Beserta Harga per Lusin"