Komposisi dan Update Harga Permen Davos Semua Varian

Masyarakat yang tinggal di Jawa Tengah pasti sudah tidak asing dengan sosok permen Davos. Permen jadul legendaris yang juga kerap disebut “Dapros” ini memiliki rasa mint yang segar dan disukai oleh banyak kalangan. Khas permen jadul di masanya, permen mint ini dibalut kertas dan biasanya dijual ecer 1 atau bahkan dijual per pack dengan harga yang terjangkau.

Ilustrasi: Permen Davos (credit: goodnewsfromindonesia.id)
Ilustrasi: Permen Davos (credit: goodnewsfromindonesia.id)

Sejarah Permen Davos

Perusahaan permen Davos didirikan oleh keluarga SiemKieDjian dari Purbalingga, Jawa Tengah, dengan nama PT Slamet Langgeng. PT Slamet Langgeng berhasil memberdayakan ratusan karyawan pada usianya yang tidak terbilang muda ini.[1] Mereka berdiri pada 28 Desember 1931, sebelas tahun sebelum tentara Jepang masuk membonceng NICA ke Indonesia, atau 14 tahun sebelum proklamasi kemerdekaan dikumandangkan.

Bacaan Lainnya

Davos bisa dibilang merupakan permen mint pertama di Indonesia yang dibuat dalam skala besar. Permen ini pernah menjadi tren di masyarakat pada era tahun 1970-1980-an. Pada era tersebut, permen Davos masih dapat dijumpai di toko-toko, khususnya di Jawa. Rasanya juga tidak berubah, pedas peppermint. Pelanggannya pun sangat loyal. Ini menunjukkan bahwa kualitas tersebut mampu terjaga dari waktu ke waktu. Tahun 2009,PT Slamet Langgeng mengaryakan sekitar 160 orang pegawai; bukan jumlah yang sedikit.[2]

Perusahaan satu ini berganti nama menjadi PT Slamet Langgeng & Co. yang memproduksi aneka permen seperti permen mint Davos, Kresna, Alpina, dan Davos Lux. Kabarnya, 98 persen bahan yang dipakai untuk membuat permen Davos berasal dari pasir dan sisanya adalah mentol dan zat pengikat. Permen Davos disebut-sebut tidak menggunakan zat pewarna, pengawet, maupun pemanis. Meski demikian, permen Davos memiliki daya tahan antara 1,5 tahun sampai 2 tahun.

Varian Permen Davos

Produk pertama Davos adalah Davos Roll dengan kemasan biru tua dan sampai sekarang desain kemasannya belum berubah. Satu bungkus Davos Roll berisi 10 butir permen dengan diameter 22 mm. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan mengikuti perkembangan zaman, PT Slamet Langgeng juga memproduksi Davos Lux (kemasan warna hijau), Davos Klasik, Davos Mild, dan juga Davos Mini.

Berbeda dari Davos biasa, Davos Lux memiliki kemasan yang sedikit berbeda. Permen yang dibuat pertama kali tahun 1981 silam ini mempunyai diameter 10 milimeter. Davos Lux dikemas dalam kotak berwarna hijau yang berisi 10 butir. Permen ini disebut lebih cocok untuk kalangan muda karena memiliki intensitas rasa pedas yang sedang-sedang saja. Untuk menjangkau pasar lebih luas, Davos juga membuat permen mint yang dikemas dalam kemasan sachet, satu sachet isi satu butir.

Pangsa pasar terbesar permen Davos ada di Yogyakarta dan Solo. Bahkan katanya, di dua daerah tersebut, permen Davos bisa dijual hingga supermarket. Pabrik Davos mempunyai sekitar 20 mesin pencetak permen yang dalam sehari kapasitas produksinya bisa mencapai 5 ton.

Permen Davos

Gula pasir, dekstrin, asam stearat, gelatin sapi, minyak peppermint, menthol, dan pewarna biru berlian CI-42090.

Permen Davos (sumber: pinterest)
Permen Davos (sumber: pinterest)

Harga Permen Davos

Kemasan Permen DavosHarga
Permen Davos Mini Rasa Mint 15 grRp1.250
Permen Davos Roll ecerRp1.800
Permen Davos Kantong Biru Rasa Extra MintRp7.000
Kembang Gula Davos Peppermint 1 pack isi 10 pcs rollRp16.000
Davos Box Lux Biru/Hijau isi 20 pcsRp26.000

Harga permen Davos di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga permen Davos di pasaran saat ini terpantau naik. Misalnya, Davos roll ecer yang semula dijual kisaran harga Rp975 hingga Rp1.200, sedikit naik menjadi Rp1.800. Begitu pula harga Davos biru Lux isi 20 pcs yang naik dari kisaran Rp13.900 hingga Rp17 ribu menjadi Rp26 ribu.

Jika Anda tertarik mencicipi permen Davos, Anda bisa membelinya di toko-toko jadul terdekat atau bisa juga membeli permen Davos secara online lewat sejumlah marketplace. Selain Davos, Anda pun bisa membeli permen mint lainnya di pasaran. Sebagai gambaran, berikut merk permen mint lain beserta harganya saat ini.

Harga Permen Mint Lainnya

Merk Permen MintHarga
Frozz Candy Lemon Mint 15 grRp6.500
Kis Himalaya Salt Candy Cool Mint Peppermint 32 grRp7.600
Fox Candy Ice Mint Blackcurrant 25 grRp8.500
Ricola Sugar Free Candies Lemon Mint 40 grRp18.000

Informasi harga permen mint di atas kami rangkum dari situs resmi Indomaret. Perlu Anda ketahui bahwa harga permen tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga permen mint yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

[Update: Ditta]

[1] Soedibyo, M. 2012. Family Business Reponses to Future Competition. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 13.

[2] Ibid, hlm. 14.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *