Update Harga Perak 925 per Gram

Perak 925 adalah logam paduan antara logam perak dan tembaga, penambahan logam tembaga untuk memperbaiki sifat mekanik logam perak, demikian seperti dilansir dari Majalah Ilmiah Dinamika Kerajinan dan Batik Issue 22.[1] Secara lebih rinci, perak 925 biasanya memiliki persentase kandungan 92,5% perak murni dipadukan dengan 7,5% tembaga. Sudah dijual bebas di pasaran, harga perak 925 per gram ternyata sangat terjangkau.

Ilustrasi: Seseorang Memakai Cincin Perak (credit: stephendavidleonard)
Ilustrasi: Seseorang Memakai Cincin Perak (credit: stephendavidleonard)

Seperti yang kita ketahui, jenis logam yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan saat ini beragam. Selain emas, banyak juga orang yang menyukai perhiasan dari bahan lainnya seperti palladium hingga perak. untuk perak, popularitasnya semakin mencuat karena dari perhiasan perak cenderung variatif dan harga perak per gram pun relatif lebih dibandingkan perhiasan dari emas.

Bacaan Lainnya

Jenis Perak

  • Fine 999 Silver, jenis silver satu ini memiliki karakteristik yang mendekati elemen paling murni dari perak. Makna dari 999 adalah memiliki kadar 99,9% kadar perak murni, sedangkan 0,1% sisanya adalah jejak elemen dengan kualitas yang tidak signifikan. Dilansir dari Vncojewellery, fine silver lebih berkilau dari sterling yang sudah dipoles. Sayangnya, karena sifat silver yang lunak membuat fine silver mudah tergores, bengkok, dan juga gampang berubah bentuk. Oleh sebab itu, fine silver kurang cocok dipakai untuk semua perhiasan karena kurang begitu awet.
  • Sterling 925 Silver, merupakan standar perhiasan silver di sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Eropa, dan juga sebagian besar negara di dunia. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, sterling silver terdiri dari 92,5% silver dan 7,5% sisanya biasanya adalah tembaga. Untuk menghasilkan sterling silver yang berkualitas, logam lain harus ditambahkan dalam campuran agar bisa meningkatkan kekerasannya, lebih tahan lama, serta menciptakan warna dan kilauan yang lebih tahan lama. Perhiasan dari perak 925 biasanya ditandai dengan logo .925 atau 925 STG.
  • Silver Argentium, logam satu ini memiliki kadar setidaknya 92,5% silver, beberapa campuran memiliki silver yang lebih banyak. Elemen sisanya terdiri dari tembaga dan germanium. Germanium diyakini bisa membuat campuran logam ini jadi lebih keras, sehingga perhiasan perak pun tidak cepat pudar. Akan tetapi, silver argentium tetap bisa memudar apabila berada pada kondisi ekstrem atau jangka waktu yang lama. Minusnya, silver argentium biasanya dijual dengan harga lebih dan lebih sulit didapat. Selain itu, sulit membedakan silver argentium dengan sterling, pasalnya sama-sama memiliki stempel 925.
  • Coin Silver, namanya mungkin sepintas terdengar membingungkan. Namun yang perlu Anda ingat, coin silver bukanlah bahan pembuat , melainkan istilah yang digunakan untuk campuran logam perak di Amerika. Tetapi saat ini penggunaan coin silver sudah semakin jarang. Coin silver terdiri dari campuran 90% silver dan 10% tembaga atau logonya ditandai dengan 900. Dinamai coin silver lantaran terbuat dari potongan halus koin-koin yang terbuang.

Perak 925 yang beredar di pasaran Indonesia saat ini biasanya dalam wujud yang sudah diolah menjadi perhiasan, misalnya saja cincin, kalung, gelang, giwang/anting, dan sebagainya. Namun, walau tidak banyak, masih ada juga beberapa pedagang atau toko yang menjual bahan perak 925 yang diklaim murni.

Ilustrasi: Fine 999 Silver (credit: etfdailynews)
Ilustrasi: Fine 999 Silver (credit: etfdailynews)

Harga Perak 925 per Gram

Lalu, berapa harga perak 925 per gram saat ini? Dilansir dari berbagai sumber, harga perak 925 sekarang berkisar Rp12 ribu sampai Rp13 ribuan per gram. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya memang relatif stabil, yakni Rp12.800 per gram. Meski demikian, perlu Anda ingat bahwa harga logam tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung permintaan.

Sementara itu, untuk perak 925 yang sudah diolah menjadi cincin, saat ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp25 ribuan per gram. Namun, ada pula yang menjualnya dengan harga lebih murah, yakni Rp17 ribuan per gram. Biasanya, toko atau pedagang mewajibkan konsumen melakukan pembelian minimal, bisa 100 gram atau lebih.

Ilustrasi Cicin Perak 925 (sumber: nextappservices.com)
Ilustrasi Cicin Perak 925 (sumber: nextappservices.com)

Harga Cincin Perak 925

Varian Cincin Perak 925Harga
Cincin Perak 925 MurniRp17.000 – Rp25.000 per gram
Cincin Perak 925 Lapis Emas PutihRp59.000 – Rp75.000 per gram

Apabila Anda sedang mencari perhiasan perak 925 yang berkualitas, Anda bisa membelinya di toko-toko perhiasan perak di kota Anda. Selain itu, sekarang juga sudah banyak penjual yang menawarkan perak 925 secara online lewat situs-situs e-commerce. Namun saat hendak membeli perak 925, pastikan perak yang Anda beli itu kandungannya memang 925.

(Update: Panca)

[1] Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik. 2005. Majalah Ilmiah Dinamika Kerajinan dan Batik, Issue 22. Jakarta: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Industri Kerajinan dan Batik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *