Info Harga Pen dan Tinta Rotring di Pasaran

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia desain dan arsitektur, pastinya sudah cukup familier dengan Rotring. Banyak orang menganggap itu adalah tinta, padahal itu adalah brand alat tulis. Selain tinta, Rotring juga merilis pen untuk menggambar dengan harga yang agak mahal, karena pen Rotring bisa di- dengan tinta Rotring.

Pen dan tinta Rotring (youtube: JSheetz Artwork)
Pen dan tinta Rotring (youtube: JSheetz Artwork)

Karakteristik Tinta Rotring

Tinta merupakan sebuah media yang sangat kompleks berisikan pelarut, pigmen, celupan, resin, pelumas, solubilizer, dan surfaktan yang memungkinkan penyebarannya di permukaan benda dengan mudah, sehingga terlihat jelas.[1] Hal ini juga tercermin pada tinta Rotring yang kerap dipakai untuk menggambar teknik.

Bacaan Lainnya

Selain itu, dalam tinta juga terdapat materi-materi partikuler, pemijar, dan material lain untuk membentuk tingkat keenceran dan teksturnya. Tak jarang pula, untuk beberapa brand, seperti Rotring menambahkan beberapa material lain supaya tinta tahan lama, meskipun teksturnya terbilang sangat encer.

Khusus tinta Rotring, memang tidak seperti tinta lainnya yang cenderung lengket dan berminyak. Bahkan, tinta rotring memiliki tingkat keenceran yang mirip dengan air, sehingga sangat mudah dimasukkan ke tabung pena. Meskipun sangat cair, tinta Rotring tidak akan mudah belobor jika pengaplikasiannya tepat.

Baca juga  Harga Minyak Goreng Sania 1 Liter dan 2 Liter (Ecer dan Dus)

Anda tidak bisa menggunakan tinta Rotring untuk mengisi pena atau pulpen biasa. Anda harus mencari pena khusus Rotring yang memang nilai jualnya agak mahal. Selain itu, Anda juga harus memilih kertas khusus dengan tekstur yang tidak terlalu halus dan mudah menyerap tinta. Untuk lebih detail, berikut pemakaian tinta Rotring.

Cara Memakai Tinta Rotring

  • Isi pen dengan tinta Rotring. Pastikan Anda mengocok tinta dulu sebelum dimasukkan ke tabung pena. Ini karena, biasanya tinta akan mengendap setelah disimpan dalam waktu yang lama, sehingga pigmen dan pengencernya terpisah.
  • Kocok atau goyangkan pena yang sudah diisi tinta rotring. Tak seperti tinta lainnya, tinta rotring memiliki daya alir yang lambat, sehingga harus dikocok supaya cepat masuk ke jarum pena. Itu juga alasan, mengapa ada kelereng dalam botol tinta rotring. Kelereng berfungsi sebagai pengencer, pengaduk, sekaligus pengalir tinta.
  • Perhatikan tekanan yang Anda berikan dalam menggunakan pena Rotring. Jangan terlalu menekan pena, karena rentan patah. Selain itu, tinta mudah menembus kertas. Rotring harus dipakai secara mengambang dan tidak perlu ditekan.
  • Tiup tulisan atau gambar yang sudah jadi. Ini akan membantu proses pengeringan tinta lebih cepat. Terkadang, ketika Anda harus menggambar dengan banyak objek dengan teknik tertentu, ada tinta yang masih basah dan ini berisiko merusak gambar.
  • Simpan kertas secara terbuka dengan posisi menggantung. Setelah Anda selesai menggambar menggunakan pena Rotring, angin-anginkan gambar dengan cara digantung. Ini akan membuat tinta di bagian permukaan dan belakang kertas cepat kering. Selain itu, ini akan membuat gambaran Anda menjadi lebih awet dan terbebas dari jamur.
Baca juga  Cara Pakai dan Update Harga Masker Jafra (Mud Mask dan Malibu Mask)

Lakukan tips di atas saat Anda menggunakan pena dan tinta Rotring. Bagi Anda yang membutuhkan pen dan tinta Rotring, Anda bisa membelinya secara langsung di toko alat tulis kantor terdekat atau secara online di situs e-commerce dengan harga berikut.

Harga Pen Rotring

Pen Rotring (youtube: Teoh Yi Chie)
Pen Rotring (youtube: Teoh Yi Chie)
Varian Pen Rotring Harga (Rp)
Rotring Rapid 0,3 mm 246.000
Rotring Isograph 0,3 Technical Pen 255.000
Rotring Isograph 0,1 mm 288.000
Rotring Isograph 0,5 Technical Pen 260.000
Rotring Isograph 0,2 mm 307.500
Rotring Isograph 0,6 mm 307.500
Rotring Rapido College Set Technical Drawing (0,1 mm, 0,3 mm, 0,5 mm) 600.000
Rotring Set Isograph Pensil dan Pena TeknikalĀ  (0,2 mm, 0,3 mm, 0,5 mm) 715.200
Rotring Rapid Pro 2 mm Drafting 769.000
Rotring Tikky 3-in-1 Mechanical 918.000

Harga Tinta Rotring

Tinta Rotring (sumber: lazada)
Tinta Rotring (sumber: lazada)
Varian Tinta Rotring Harga (Rp)
Rotring Ink Rapido Biru 23 ml 85.000
Rotring Ink Rapido Merah 23 ml 85.000
Rotring Ink Rapido Hijau 23 ml 85.000
Rotring Ink Rapido Hitam 23ml 85.000
Rotring Ink Rapido Putih 23 ml 85.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Printer Canon Infus (Semua Tipe)

Harga pen dan tinta Rotring di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Tentunya, harga pen dan tinta Rotring tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Damanik, Rini Mutiara Putri. 2020. Pembuatan dan Karakterisasi Tinta Organik Berbasis Hydrochar dari Limbah Kulit Durian yang Diperkuat oleh Getah Akasia (Skripsi). Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Utara Medan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.