Info Lengkap Aturan Pakai dan Update Harga Oxycan di Apotek

Oksigen menjadi salah satu kebutuhan dasar semua orang untuk hidup. Namun, pada kondisi tertentu, sebagian orang mengalami gangguan pernapasan sehingga membutuhkan terapi oksigen. Salah satu produk oksigen portable yang dapat digunakan sebagai alat bantu pernapasan adalah Oxycan, yang sudah tersedia di apotek dengan harga cukup terjangkau.

Pada gangguan pernapasan, umumnya udara tidak dapat masuk ke paru-paru secara optimal sehingga penderita memerlukan alat bantu napas. Alat bantu napas berfungsi untuk memberikan tekanan di luar toraks yang mendorong tekanan dalam paru-paru, sehingga udara dapat masuk ke dalamnya dan berdampak pada fungsi sirkulasi orang tersebut.[1]

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Seorang Anak Menggunakan Oksigen Portable (credit: Healthline)
Ilustrasi: Seorang Menggunakan Oksigen Portable (credit: Healthline)

Sebagian memerlukan bantuan oksigen saat beraktivitas berat atau tidur. Namun, beberapa di antaranya juga membutuhkan alat bantu pernapasan seharian penuh. Diagnosis ini akan diberikan setelah memeriksa kondisi tubuh pasien secara keseluruhan. Meski alat bantu pernapasan diperlukan, Anda tak boleh menggunakannya secara sembarangan, sebab dokter akan memberi instruksi seberapa banyak oksigen yang diperlukan setiap menitnya.

Baca juga  Jenis & Harga Facial di Larissa Aesthetic Center Terbaru

Berdasarkan resep dari dokter, akan diketahui jenis alat bantu pernapasan apa yang paling cocok untuk kondisi setiap orang. Sejumlah jenis alat bantu pernapasan yang umum digunakan meliputi konsentrator oksigen portable, liquid oxygen tank, compressed oxygen gas tank, CPAP machine, nebulizer, oximetry meters, suction machines. Ibu hamil yang mengalami trauma mayor, sepsis, atau kondisi akut lainnya seperti emboli cairan amnion, eklamsia, perdarahan antepartum, atau postpartum harus memperoleh terapi oksigen yang sama dengan yang memiliki penyakit berat lainnya dengan target saturasi oksigen 94-98%.

Aturan Pakai Oxycan

Oxycan Green kaleng merupakan oksigen yang dikemas dalam tabung kecil sehingga mudah dibawa dan digunakan kapan pun. Produk ini dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada penderita asma yang mengalami sesak napas. Selain itu, bagi orang yang kelelahan setelah beraktivitas atau pendaki gunung saat terjadi perubahan tekanan udara yang mengakibatkan oksigen berkurang, juga dapat menggunakan produk dari Samator Gas Industri ini.

Anda dapat menggunakan produk Oxycan sesuai dengan kebutuhan yang telah diresepkan oleh dokter. Cara penggunaannya cukup mudah. Anda dapat membuka tutup kecil bagian atas kaleng. Lalu lepaskan penutup dan lekatkan pada kepala kaleng sebagai masker. Selanjutnya, tutup hidung dengan masker dan tekan kepala kaleng serta hirup dalam-dalam selama dua detik. Meskipun oksigen adalah gas yang aman, tetapi tetap saja ada risiko berbahaya apabila digunakan sendiri di rumah, terlebih tanpa supervisi dari tenaga medis.

Baca juga  Update Harga Drum Plastik Kotak (Baru dan Bekas)

Pastikan Anda melihat tata cara atau aturan pakai yang ada di balik Oxycan. Selain itu, produk ini tidak boleh disimpan sembarangan setelah dipakai. Anda harus meletakkannya dalam ruangan tertutup bersuhu ruang. Jika diletakkan pada ruang terbuka dengan suhu tinggi, dikhawatirkan produk bisa meledak, karena bersifat korosif.

Oxycan memiliki komposisi 95% oksigen murni dan dapat digunakan untuk yang mengidap asma, bronkitis kronis, penyakit paru obstruktif kronis, fibrosis kistik, gagal kongestif, kanker paru-paru, pneumonia, sleep apnea, emfisema ( pada kantung udara di paru-paru), dan fibrosis paru.

Tabung Oxycan (sumber: liputan6)
Tabung Oxycan (sumber: liputan6)

Perhatian Penggunaan Oxycan

  • Produk ini tidak boleh diletakkan pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.
  • Jauhkan dari jangkauan -anak dan tidak diperkenankan melubangi kaleng.
  • Tidak diperbolehkan menyemprot langsung ke api atau pakaian.
  • Jauhkan dari minyak atau oli untuk menghindari bahaya terjadinya ledakan.
  • Setelah menggunakan produk, ada baiknya untuk segera menyimpan Oxycan di tempat yang sejuk dan kering.
Baca juga  Info Harga Kacamata Anti Radiasi di Pasaran

Harga Oxycan

Varian Oxycan Kisaran Harga
Oxycan Portable 500cc Rp54.129
Oxycan 500cc 1 dus isi 12 pcs Rp670.000

Harga di atas kami peroleh dari Apotek K24 dan situs jual beli online. Harga Oxycan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga Oxycan 500cc saat ini terbilang cukup stabil. Sebagai contoh, Oxycan Portable 500cc yang awalnya dijual dengan harga Rp54.087, sedikit naik menjadi Rp54.129. Sebagai tambahan referensi, Anda dapat membeli Oxycan ke sejumlah distributor di Indonesia mulai kisaran harga Rp44 ribuan hingga yang paling mahal sekitar Rp129 ribuan dengan kaleng 500cc.

[Update: Almas]

[1] Rehatta, Margarita. 2019. Anestesiologi dan Terapi Intensif: Teks Kati-Perdatin. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm. 18.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.