Harga Air Fryer Oxone (Semua Tipe)

Seiring dengan perkembangan teknologi, menggoreng saat ini tidak cuma bisa memakai wajan. Anda pun bisa memanfaatkan air fryer, sebuah alat memasak modern yang dapat dipakai untuk menggoreng berbagai makanan, seperti ayam, kentang, sayuran, hingga makanan beku. Di pasaran sendiri, sudah tersedia sejumlah merk air fryer, di antaranya Oxone, Philips, dan lain-lain. Dibandingkan wajan biasa, harga peralatan ini memang relatif lebih mahal.

Kelebihan Air Fryer

Ilustrasi: Menggoreng Makanan Menggunakan Air Fryer (credit: Insider)
Ilustrasi: Menggoreng Makanan Menggunakan Air Fryer (credit: Insider)

Di Indonesia, air fryer memang belum terlalu populer, salah satunya karena harganya yang relatif mahal. Padahal, alat ini menawarkan banyak kelebihan daripada wajan biasa. Air fryer sendiri adalah alat masak yang dapat dipakai menggoreng bahan makanan tanpa memakai minyak, tetapi menggunakan daya listrik, sehingga sering diklaim lebih sehat dibandingkan alat masak seperti wajan.[1]

Bacaan Lainnya

Biasanya memakai daya listrik sebesar 1.200 hingga 1.500 Watt, cara kerja air fryer adalah udara panas yang berasal dari elemen atau kumparan panas atau pijar listrik diembuskan ke bawah dengan kipas yang berada di atas kumparan pijar tersebut secara merata kepada wadah makanan.[2] Sehingga, makanan menjadi masak tergantung waktu yang telah ditentukan.

Baca juga  Update Harga Miyako MCM 508 dan Spesifikasinya

Dikutip dari Alodokter, menggoreng menggunakan air fryer menghadirkan banyak kelebihan. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa kentang yang digoreng menggunakan air fryer memiliki kadar lemak 70% lebih rendah daripada kentang yang digoreng dengan cara biasa. Seperti diketahui, air fryer hanya membutuhkan satu sendok atau 15 ml minyak goreng (50 kali lebih sedikit daripada cara konvensional).

Masih dari referensi yang sama, ketika kentang atau makanan lainnya yang tinggi karbohidrat digoreng, akan terbentuk sebuah zat bernama akrilamida yang dicurigai bersifat karsinogenik, yaitu dapat memicu munculnya kanker. Sebuah analisis menunjukkan bahwa penggunaan air fryer dapat menurunkan kadar akrilamida tersebut hingga 90%.

Tak hanya itu, karena rendah lemak, makanan yang digoreng menggunakan air fryer juga akan rendah kalori, sehingga berguna untuk membantu menurunkan berat badan. Kelebihan lainnya alat ini adalah sangat membantu dalam menyiapkan menu yang bervariasi, termasuk memasak aneka sayuran seperti wortel, brokoli, kol, buncis, dan kacang panjang.

Karena umumnya berukuran dan tidak lebih besar daripada pemanggang roti, penggunaan air fryer pun sangat cocok untuk dapur yang sempit, terutama untuk mereka yang tinggal di apartemen. Alat ini pun sesuai digunakan ketika Anda bepergian, liburan, atau berada di luar ruangan. Memasak menggunakan air fryer pun relatif mudah, cukup dengan mengatur suhu dan waktu menggoreng, lalu letakkan makanan di dalam keranjang air fryer.

Baca juga  Update Harga & Spesifikasi Jam Tangan Seiko 5 Automatic 21 Jewels
Ilustrasi: Professional Air Fryer 1200 Watt Oxone OX-277 (credit: Dapurnesia)
Ilustrasi: Professional Air Fryer 1200 Watt Oxone OX-277 (credit: Dapurnesia)

Varian Air Fryer Oxone

Di pasaran dalam negeri, sudah ada beberapa merk yang meluncurkan air fryer, salah satunya Oxone. Dilansir dari situs resminya, salah satu tipe yang telah beredar adalah Oxone OX-277 yang diklaim sebagai alat masak profesional, sehingga tidak ada lagi makanan yang berasap dan bau, serta menjamin makanan tidak akan hangus.

Professional air fryer Oxone ini dikatakan dapat menciptakan suatu kreasi makanan favorit Anda. Pemanggang dapat berputar 360 derajat dan menggoreng dengan efisien adalah sebagian dari yang fitur yang dipunyai oleh Oxone OX-277. Dengan penutup kaca berkualitas, makanan Anda dapat dilihat sepenuhnya dengan jelas.

Model lain yang juga telah tersedia adalah Oxone OX-198, yang secara harga, lebih daripada Oxone OX-277. Tipe ini adalah mini air fryer yang memiliki panas hingga 280 derajat Celcius serta didukung rapid air circulate system sehingga diklaim dapat menggoreng makanan dengan cepat sekaligus hemat pemakaian listrik. Fitur lainnya, Oxone OX-198 sudah dilengkapi filter penyaring asap dan bau.

Baca juga  Info Manfaat, Cara Pakai, dan Update Harga Nasa CollaSkin Facial Cleanser

Ada pula Oxone OX-199, sebuah alat dengan teknologi terbaru dalam memasak. Dengan alat ini, tidak hanya dapat menggoreng, melainkan juga mengukus dan memanggang. Tanpa memakai minyak, makanan dikatakan akan lebih sehat. Walau memerlukan daya 1.300 Watt, Oxone OX-199 disebut-sebut hemat energi sampai 60% serta mudah digunakan dan dibersihkan.

Harga Air Fryer Oxone

Tipe Air Fryer Oxone Harga
Oxone OX-199 Rp1.495.000 – Rp2.590.000
Oxone OX-198 Rp1.590.000
Oxone OX-199N Rp1.610.000 – Rp2.590.000
Oxone OX-277 Rp1.615.000 – Rp2.990.000

Harga air fryer Oxone di atas kami rangkum langsung dari situs resmi produsen yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa harga air fryer Oxone tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama, termasuk saat Anda berburu di situs jual beli online.

[1] Hidayat, Taufik, Djoko Kuswanto, Ari Dwi Krisbianto. 2018. Desain Penggorengan Kerupuk (Air Fryer) Tanpa Minyak, Tanpa Pasir, Tanpa Listrik untuk Rumah Tangga Menengah. IDEA Jurnal Desain Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Vol. 17(1): 11-15.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.