Ciri-ciri & Harga Nuri Kepala Hitam (Anakan & Dewasa)

Di Indonesia saat ini terdapat 85 jenis nuri. Lebih dari setengah jenis yang ada di negeri ini, yaitu 44 jenis terdapat di Irian Jaya (Papua). Semua jenis nuri yang ada di Irian Jaya dikategorikan dalam lampiran II CITES, termasuk salah satu nuri kepala hitam (Lorius lory).[1]Meski begitu, sampai sekarang rupanya banyak orang yang berupaya untuk membudidayakan burung nuri kepala hitam untuk kemudian dijual dengan harga yang cukup mahal.

Burung nuri kepala hitam (sumber: wikipedia)
Burung nuri kepala hitam (sumber: wikipedia)

Burung Nuri Kepala Hitam (Lorius lory) merupakan burung endemik Papua dan merupakan satwa langka Indonesia yang berada dalam status kritis. Burung Nuri Kepala Hitam memiliki nama ilmiah Lorius lory. Burung Nuri Kepala Hitam (Lorius lory) memiliki ciri warna dasar bulu tubuh berwarna merah, dari dahi hingga tengkuk berwarna hitam, pita biru gelap mengelilingi pangkal leher, sayap berwarna hijau, dada hingga perut bawah berwarna biru gelap, bagian atas bulu ekor berwarna merah dengan ujung biru sedangkan bagian bawah berwarna kuning zaitun.

Bacaan Lainnya

Pada burung ini cere berwarna kelabu, kaki berwana kelabu gelap, iris mata kuning hingga jingga dan pada burung dewasa memiliki paruh berwarna jingga. Burung dewasa memiliki rerata panjang sekitar 31 cm dengan kisaran berat 198- 260 gram. Sebarannya daerah Papua beserta pulau-pulau sekitarnya dan Irian Jaya.

Jenis-jenis burung paruh bengkok termasuk Nuri Kepala Hitam (Lorius lory) masuk dalam daftar burung yang rentan terhadap kepunahan. Kepunahan terjadi karena aktivitas yang dilakukan oleh manusia seperti perburuan yang terlalu berlebihan yang melampaui batas kemampuan berkembang-biak dari satwa. Selain itu, disebabkan oleh degradasi dan fragmentasi habitat sebagai akibat dari penebangan liar, pengelolaan hutan dengan konsesi HPH (Hak Pengusahaan Hutan) yang kurang terencana, dan kebakaran hutan.[2]

Ciri-ciri Nuri Kepala Hitam

Dilansir dari Wikipedia, burung nuri atau kasturi kepala hitam mempunyai panjang tubuh sekitar 31 cm dan berat antara 200-240 gram. Burung ini terkenal mempunyai banyak warna pada bulu serta ekornya cenderung lebar. Dada bagian atas dan kepala berwarna merah. Bagian mahkota warnanya hitam. Sedangkan, kepala bagian bawah dan mantel warnanya ungu tua yang berlanjut sampai dada dan berbentuk kalung. Paha dan bagian bawah ekor berwarna biru turkis. Sayap bagian atas warnanya hijau dan bawahnya berwarna merah.

Ada ciri pembeda antara burung nuri kepala hitam dewasa, remaja, maupun yang masih kecil. Warna biru pada bulu burung remaja tidak tersambung ke arah leher. Namun, pada burung nuri kepala hitam yang masih kecil, tidak ada garis merah pada tengkuk. Ada kerah biru pada sekitaran leher, bagian atas dada berwarna merah, penutup sayap berwarna agak kuning dengan ujung hitam. Bagian tengah ekor berwarna kehijauan. Hanya kasturi kepala-hitam yang keseluruhan warna bulu ekornya adalah merah.

Burung nuri kepala hitam (sumber: ebird.org)
Burung nuri kepala hitam (sumber: ebird.org)

Adapun, perbedaan antara nuri kepala hitam yang maupun betina tidak terlalu jelas. Pada kasturi kepala-hitam yang jantan, bulu dada berwarna biru tua mengilap dengan perilaku sering mengembangkan sayap serta menaik-turunkan kepala dan tubuhnya. Tetapi, pada burung betina bulu dadanya berwarna biru tua agak pucat dan kusam serta berperilaku kurang gesit. Iris mata berwarna oranye pada burung jantan, dan kuning/oranye muda pada burung betina.

Kasturi kepala-hitam sendiri baru dewasa kelamin pada usia antara 3-3,5 tahun. Tengkorak juga menjadi pembeda, yakni tengkorak kasturi jantan lebih lebar ketimbang betina. Paruh biasanya lebih lebar, dan semakin besar bila bertambah usia.

Harga Nuri Kepala Hitam

Jenis & Usia Nuri Kepala Hitam Harga (Rp)
Baby nuri kepala hitam (anakan) usia 1-2 bulan 1.985.000 – 2.000.000
Nuri kepala hitam jinak 2.199.000
Nuri kepala hitam legal (sertifikat) umur 6 bulan 4.000.000
Nuri Irian kepala hitam sepasang dewasa 4.499.000

Informasi harga burung nuri kepala hitam dirangkum dari berbagai sumber. Namun, perlu Anda ketahui bahwa harga nuri kepala hitam dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga nuri kepala hitam yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Perlu diingat bahwa burung nuri kepala hitam masuk ke kategori yang dilindungi oleh UU sebagaimana ditetapkan dalam Permen LH dan Kehutanan RI No P20/MENLHK/SETJEN//KUM.1/6/2018 tentang penetapan jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi. Oleh sebab itu, memiliki atau memelihara satwa dilindungi harus dilakukan dengan izin .

[1]Mangunjaya, FM. 2006. Hidup Harmonis dengan Alam: Esai-esai Pembangunan Lingkungan, Konservasi, dan Keanekargaman Hayati Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, hlm 54.

[2]Febriawan, SA & Sofia ER. 2018. Perilaku Harian Burung Nuri Kepala Hitam (Loriuslory) di Penangkaran Eco Green Park Batu Jawa Timur. Jurnal Ilmu Hayat. 2(2): 84-94.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *