Update Harga Minyak Jagung Tropicana Slim (Botol dan Refill)

Tropicana Slim bisa disebut sebagai pemain utama dalam segmen produk-produk yang mereka klaim baik untuk menunjang kesehatan. Nah, salah satu produk buatan Tropicana Slim yang disebut memiliki efek positif terhadap kesehatan tubuh adalah minyak jagung. Dijual dengan harga mulai puluhan ribu rupiah untuk kemasan 1000 ml, minyak jagung Tropicana Slim dikatakan rendah lemak dan mengandung berbagai nutrisi penting lainnya.

Minyak Jagung (sumber: mw-albaraka.com)
Minyak Jagung (sumber: mw-albaraka.com)

Manfaat Minyak Jagung

Minyak, kata yang satu ini rasanya sudah tidak asing didengar. Mendengar kata “minyak”, biasanya yang akan langsung terbayang adalah konotasi kata-kata seperti gemuk, tidak sehat, dan tinggi kalori. Kata-kata yang muncul tersebut memang tidak seratus persen salah, tetapi bukan berarti benar juga. Studi observasi menunjukkan salah satu penyumbang obesitas atau kegemukan adalah mengonsumsi lemak secara berlebihan, karena minyak atau lemak mengandung nilai kalori yang tinggi, dengan satu gramnya mengandung 9 kkal energi.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk membantu konsumen dalam memerangi konsumsi minyak berlebih, banyak produsen yang kemudian merilis produk minyak jagung. Minyak jagung sendiri adalah minyak yang diperoleh dari ekstraksi atau pemerasan biji jagung, bersifat setengah kering, berwarna kekuningan, dan cocok untuk memasak berbagai jenis makanan karena tahan dalam suhu tinggi tanpa mengeluarkan asap.

Minyak jagung merupakan jenis minyak nabati yang kaya akan asam lemak tidak jenuh, yakni asam linoleat dan linolenat.[1] Dua asam lemak ini dipercaya bisa menurunkan kolesterol darah dan risiko serangan jantung koroner. Minyak nabati tersebut juga mengandung tokoferol atau biasa dikenal dengan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus mencegah proses basi supaya minyak tidak mudah tengik.

Ada tiga cara minyak jagung untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, yaitu mengganti asam lemak jenuh dengan asam lemak tak jenuh rantai ganda, menekan low-density lipoprotein (LDL) yang sering disebut kolesterol buruk, dan memperbaiki rasio LDL dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik menjadi lebih bagus.

Untuk mengonsumsi minyak jagung sebagai bahan sehat terbilang mudah. Anda bisa memakai minyak jagung sebagai pengganti minyak goreng. Gunakan minyak tersebut untuk berbagai keperluan memasak, mulai dari , menumis, hingga membakar. Beberapa orang juga suka menambahkan sedikit minyak jagung ketika mereka merebus pasta atau mie. Ini bertujuan agar bahan makanan tidak lengket dan bisa diangkat dengan mudah.

Produk makanan yang berasal dari sayuran dan minyak jagung banyak mengandung fitosterol. Zat inilah yang dikatakan dapat menekan kadar kolesterol, sebab kemampuannya menghalangi penyerapan kolesterol, termasuk LDL, dalam saluran cerna. Bahkan, fitosterol dalam jumlah kecil pun memiliki pengaruh terhadap penyerapan kolesterol.

Seperti diutarakan sebelumnya, saat ini sudah banyak produsen yang meluncurkan produk minyak jagung ke , salah satunya Tropicana Slim. Minyak jagung dari Tropicana Slim ini diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena mengandung asam lemak jenuh yang jauh lebih rendah, selain tinggi Omega 3. Di samping itu, minyak jagung Tropicana Slim juga dikatakan telah mengandung antioksidan atau Vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Pada tahun 2019 lalu, minyak jagung Tropicana Slim botol kemasan 1 liter dijual dengan harga Rp73 ribu, lalu naik menjadi Rp88.900 di tahun 2020 dan 2021, dan naik lagi menjadi Rp102 ribu pada tahun 2022. Berikut info perbandingan harga minyak jagung Tropicana Slim antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

harga, minyak jagung, tropicana slim, corn oil, per, 1000 ml, liter, tempat, beli, Mazola, di, indomaret, alfamart, merek, merk, manfaat, untuk, menggoreng, cara, mengkonsumsi, 1, pouch, kemasan, botol, berapa, jual, dimana
Minyak jagung Tropicana Slim (instagram: @tropicanaslim)

Harga Minyak Jagung Tropicana Slim

Varian Minyak Jagung Tropicana Slim Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Minyak Jagung Tropicana Slim botol 946 ml Rp80.100 Rp95.000
Minyak Jagung Tropicana Slim 1 liter (refill) Rp102.000 Rp120.000
Twin pack Minyak Jagung Tropicana Slim botol kemasan 946 ml (2 botol) Rp267.000 Rp188.000
Minyak Jagung Tropicana Slim botol kemasan 946 ml 1 Karton (12 botol) Rp1.101.800

Informasi harga minyak jagung Tropicana Slim kami rangkum dari situs NutriMart selaku agen resminya. Berdasarkan tabel tersebut, harga minyak jagung Tropicana Slim di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Perlu diingat, harga minyak jagung ini tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Sebagai tambahan informasi, minyak jagung Tropicana Slim dapat Anda beli di supermarket besar seperti Hypermart dan Superindo. Bahkan, minyak jagung Tropicana Slim kemasan botol 946 ml juga dapat Anda beli di minimarket terdekat, seperti Indomaret dan Alfamart. Di Indomaret misalnya, minyak jagung Tropicana Slim 946 ml saat ini dijual dengan harga mulai Rp103 ribu, sedikit naik dari tahun lalu yang berkisar Rp80 ribuan per botol.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh, Anda disarankan untuk menggunakan kombinasi beragam jenis minyak ketika memasak. Untuk minyak jagung, cocok untuk proses menggoreng karena memiliki tingkat didih yang tinggi, seperti minyak kedelai atau minyak wijen. Sementara itu, minyak zaitun dan kanola lebih cocok untuk menumis dalam suhu sedang.

[Update: Ditta]

[1] Dwiputra, Dhenny, dkk. 2015. Minyak Jagung Alternatif Pengganti Minyak yang Sehat. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan Universitas Diponegoro, Vol. 4(2): 5-6.

Pos terkait