Update Harga Mesin Nitrogen Baru dan Bekas

Saat ini, pengisian ban kendaraan bermotor dengan nitrogen mulai ramai dilakukan para pengendara karena diklaim membuat ban lebih awet. Nah, untuk melakukan yang satu ini, diperlukan mesin nitrogen, yang dikatakan dapat mengisi pada ban motor, mobil, hingga truk dan bus. Walau bentuknya cukup simpel, tetapi harganya ternyata bisa mencapai angka belasan juta rupiah.

Ilustrasi Pengisian dengan Nitrogen (sumber: Stltoday)
Ilustrasi Pengisian dengan Nitrogen (sumber: Stltoday)

Keuntungan Isi Ban dengan Nitrogen

Ada beberapa kelebihan penggunaan nitrogen pada ban jika dibandingkan dengan isi tekanan biasa. Pertama, kalau menggunakan nitrogen, kemungkinan ban kempes akan lebih lama karena molekul nitrogen lebih tinggi dibandingkan dengan oksigen. Sebaliknya, kalau mengisi ban dengan tekanan angin biasa, tekanan angin tersebut lama-lama akan berkurang karena angin rembes di ban.

Bacaan Lainnya

Selain itu, dengan menggunakan nitrogen, perubahan tekanan akan menjadi lebih sedikit meskipun temperatur ban naik atau turun dengan ekstrem. Misalnya, pada kondisi ban yang digunakan untuk balapan. Dalam kecepatan tinggi, suhu ban akan menjadi panas. Namun, jika ban tersebut diisi dengan nitrogen, maka tekanan tetap stabil dan tidak banyak berubah.

Keuntungan lain mengisi ban dengan nitrogen adalah ramah lingkungan, daya cengkeram dan kinerja ban lebih optimal, menghemat bahan bakar, serta bisa memperpanjang umur atau masa pakai ban. Selain itu, juga dapat meningkatkan keselamatan karena stabilitas ban lebih terjaga, selain membantu mengurangi karat. Karena sudah stabil, ban yang diisi dengan nitrogen juga tidak perlu dicek secara rutin. Bila ingin dicek, bisa dilakukan maksimal satu bulan sekali. Sementara, untuk ban yang diisi dengan tekanan angin, lebih baik diperiksa sekitar dua minggu sekali.

Seperti diketahui, tekanan ban menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan jika perangkat tersebut tidak ingin pecah, selain usia ban dan tingkat ketebalan tapak ban. Ban pecah menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering dialami, terutama oleh para pengendara sepeda motor.[1] Biasanya, ini terjadi ketika melintasi medan yang tidak rata, termasuk jalanan berlubang dan berkerikil.

Di samping itu, dibandingkan dengan biasa, pengisian ban menggunakan nitrogen juga diklaim membuat kendaraan bermotor lebih hemat bahan bakar. Meski belum ada riset yang meneliti hal tersebut, namun dengan nitrogen, putaran ban dikatakan menjadi lebih ringan, sehingga kendaraan akan bergerak lebih stabil, sehingga berefek pada pemakaian bahan bakar yang lebih irit.

Demi menjamin kemurnian nitrogen ke ban kendaraan, maka udara di dalam ban akan lebih dahulu dibersihkan oleh mesin nitrogen generator hingga benar-benar kosong. pembersihan ini hanya bisa dilakukan oleh mesin nitrogen generator. Sementara, pengisian nitrogen memakai teknologi tabung tidak dapat melakukannya, kecuali dengan cara konvensional atau mengempeskan ban secara manual, walau nantinya tidak seutuhnya bersih. Setelah ban benar-benar kosong, kompresor akan mendorong udara ke mesin nitrogen, disaring hingga hanya nitrogen murni yang akan mengisi ban.

Dengan segala kelebihan tersebut, tidak heran jika kemudian banyak pengendara yang memilih mengisi ban kendaraan mereka dengan nitrogen. Jika Anda juga berniat berbisnis pengisian ban kendaraan bermotor menggunakan nitrogen, alat tersebut sudah tersedia secara bebas di pasaran dalam berbagai merk. Berikut kisaran harga mesin nitrogen di pasaran domestik.

Outlet isi Nitrogen (sumber: wahanahonda.com)

Harga Mesin Nitrogen

Merk Mesin Nitrogen Harga
FLY SPEED FS3500 Rp10.100.000
NITROBIKE N3300 Rp11.000.000
TEKIRO 40L Rp13.311.000
AIRTRACK II Nitro Rp14.500.000
FS-4000L Fly Eagle Rp17.000.000
NITROMAN N4500 Rp17.500.000
TEKIRO 70L Rp18.000.000
FLY SPEED FS4000CM Rp18.000.000
VASTAR Bright N2 Rp18.900.000
KRISBOW N2 85-115 PSI EPIN115 Rp20.570.000
FLY SPEED FS6000B Rp28.000.000
FLY SPEED FS8000 Rp57.000.000

Harga mesin nitrogen di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online dalam negeri. Perlu diingat bahwa harga mesin nitrogen tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga FLY SPEED FS4000CM sedikit naik dari Rp17 juta menjadi Rp18 jutaan. Sementara itu, harga KRISBOW N2 85-115 PSI EPIN115 naik dari Rp15,78 juta menjadi Rp20.57 jutaan.

Harga Mesin Nitrogen Bekas

Jika Anda tidak punya anggaran cukup, bisa melirik mesin nitrogen bekas yang ditawarkan dengan harga berkisar Rp8 jutaan hingga Rp13 jutaan untuk merk NITROMAN N4500. Sementara itu, harga mesin nitrogen merk Tekiro second saat ini dijual dengan harga mulai Rp9,8 jutaan, tergantung kondisi barang.

Walau punya banyak kelebihan, pengisian ban menggunakan bahan nitrogen juga tidak terlepas dari kelemahan. Kelemahan paling kentara adalah ketika Anda mengisi saat cuaca sedang hujan atau dingin. Pasalnya, nitrogen bakal cepat habis ketika musim dingin atau cuaca hujan karena air menyerap nitrogen tersebut, sehingga perputarannya menjadi lebih cepat.

Selain itu, pengisian tekanan angin pada ban menggunakan nitrogen lebih cocok diterapkan pada motor besar dan untuk motor yang digunakan perjalanan jarak jauh. Pasalnya, nitrogen memiliki molekul yang ringan, dingin, dan lebih stabil. Sebaliknya, untuk motor kecil, seperti matik dan moped, yang punya bobot ringan, molekul pada nitrogen yang ringan dan dingin justru akan membuat motor terlalu enteng.

[1] Marsaid, M. Hidayat, Ahsan. 2013. Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan, Vol. 1(2): 98-112.

Pos terkait