Update Harga Mesin Fogging Tasco (Manual, Portable, Automatic)

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk memberantas nyamuk, salah satunya fogging. Selain menyewa jasa khusus fogging, Anda pun bisa melakukan metode tersebut secara mandiri. Namun, untuk keperluan ini, Anda tentu saja harus membeli alat fogging terlebih dahulu. Untung saja, saat ini sudah ada banyak merk alat fogging yang dapat Anda pilih, dan salah satu yang paling populer adalah Tasco. Hadir dalam beberapa tipe, mesin fogging Tasco rata-rata ditawarkan dengan harga jutaan rupiah per unit.

Alat fogging Tasco (youtube: Tripta Agro Mandiri)
Alat fogging Tasco (youtube: Tripta Agro Mandiri)

Manfaat Fogging

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan penyakit demam berdarah dengue (DBD). DBD adalah penyakit endemis di Indonesia yang hingga sekarang masih menjadi masalah utama kesehatan masyarakat. Ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, DBD disebabkan virus dengue yang akut dan ditandai dengan panas mendadak selama dua sampai tujuh hari dan disertai dengan manifestasi perdarahan, seperti petekie, epistaksis kadang disertai muntah darah, berak darah, kesadaran menurun, dan syok.[1]

Bacaan Lainnya

Pemutusan penularan DBD hingga saat ini masih mengandalkan pengendalian nyamuk vektor (aedes aegypti) dengan cara pengabutan (ultra low volume) dan pengasapan atau biasa dikenal nama fogging. Pengendalian vektor menggunakan mesin fog adalah metode penyemprotan udara berbentuk asap (pengasapan) yang dilakukan untuk mencegah atau mengendalikan DBD dan lokasi sekitarnya serta tempat-tempat umum yang diperkirakan menjadi sumber penularan penyakit DBD.[2]

Fogging memang biasanya dilakukan oleh petugas dari dinas kebersihan atau kesehatan. Namun, tidak ada salahnya juga jika Anda melakukan fogging ini secara mandiri, terutama untuk Anda yang memiliki halaman atau rumah dengan ukuran cukup luas. Di pasaran sendiri, sudah ada sejumlah jenis mesin fogging yang dapat Anda gunakan.

Jenis Mesin Fogging

  • Mesin Fogging Manual. Ini adalah alat fogging yang harus dipompa untuk mendorong bahan bakar dan mendorong mesin supaya dalam kondisi switch coil ignition (pengapian ke busi), sehingga terjadi pembakaran. Dalam kondisi ini, Anda harus menekan membrane supaya menghasilkan tekanan angin untuk mengkompresi api ke selongsong fogging. Tekanan angin yang dihasilkan akan mendorong bahan bakar tetap menyala, sehingga mesin bisa tetap hidup dan bisa dipakai. Ciri mesin yang sudah bisa dipakai adalah menghasilkan asap tebal berwarna putih.
  • Mesin Fogging Automatic. Sebenarnya, untuk menghidupkan alat ini hampir sama dengan mesin fogging manual, hanya saka proses awalnya tidak dipompa. Alat ini sudah dilengkapi dengan pompa otomatis yang tinggal ditekan untuk membuat mesin menyala. Setelah menyala, Anda hanya perlu menunggu agar bahan kimia yang sudah dimasukkan ke dalam pipa terbakar secara sempurna, sehingga asap akan keluar dengan sendirinya.
  • Mesin Fogging Portable atau Fogger. Alat ini banyak dipakai untuk keperluan pribadi, karena tidak berisik dan ukurannya lebih kecil. Mesin fogging seperti ini menggunakan bahan bakar gas yang mengalir ke burner dan dinyalakan pemantik, sehingga menghasilkan api untuk memanaskan spiral di sekeliling burner. Saat dilakukan pemompaan menggunakan handle pump, maka chemical akan masuk ke spiral dan menghasilkan uap.

Bagi Anda yang membutuhkan mesin fogging, salah satu merk yang sering direkomendasikan adalah Tasco. Produk ini sendiri telah hadir dalam beberapa tipe yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan. Ada mesin fogging dengan kapasitas 4 liter, ada pula model yang dibekali kapasitas 7 liter. Berikut informasi harga mesin fogging Tasco yang berlaku saat ini di pasaran.

Mesin fogging Tasco
Mesin fogging Tasco

Harga Mesin Fogging Tasco

Tipe Mesin Fogging TascoHarga
Tasco SP 2000 Mini FoggerRp1.400.000
Tasco Kyodo ULV 20Rp1.700.000
Tasco KB 100 Mini FoggerRp1.893.000
Tasco Kyodo ULV 25Rp2.000.000
Tasco ULV Cold Fogger TLV-25Rp3.900.000
Tasco ULV Cold Fogger IZ-33Rp6.400.000
Tasco KB 259 AutomaticRp7.724.000
Tasco KB 250Rp8.400.000
Tasco KA 150 (Electric)Rp8.652.000
Tasco KB 150 (Manual + Electric)Rp8.865.000
Tasco Fogging Machine IZ-150 AMRp12.500.000

Harga mesin fogging Tasco di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk perkakas dan beberapa situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga mesin fogging Tasco di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Harga Tasco SP 2000 Mini Fogger misalnya, naik dari Rp1,285 juta menjadi Rp1,4 juta. Sebaliknya, harga Tasco KB 250 turun dari Rp11,76 juta menjadi Rp8,4 jutaan.

Selain Tasco, ada pula mesin fogging merk lain yang dapat Anda temukan di pasaran. Sebagai contoh, mesin fogging portable merk Krisbow berkapasitas 2 liter saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp1.529.100 per unit. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi toko penyedia mesin fogging terdekat atau memesannya lewat marketplace.

[Update: Ditta]

[1] Soegijanto. 2012. Demam Berdarah Dengue. Surabaya: Airlangga University Press.

[2] Archiarafa, Zefira Sausan, Ludfi Santoso, Martini. 2016. Menilai Efektivitas Fogging Menggunakan Thermal Fod dan Ultra Low Volume (ULV) dengan Insektisida Malathion dalam Pengendalian Vektor Demam Berdarah (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Tlogosari Wetan Kota Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 4(1): 226-233.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *