Info Terbaru Harga Meses Safari Berbagai Varian Kemasan

kerap dipadukan dengan roti tawar untuk sarapan. Meises juga banyak digunakan untuk campuran pada adonan kue atau taburan berbagai jenis makanan. Dari banyaknya merek, meses Safari dikenal populer di pasaran karena harga jualnya cukup terjangkau per bungkus.

Meses Coklat (sumber: mushroomtravel.com)
Coklat (sumber: mushroomtravel.com)

adalah cokelat yang menyerupai butiran beras dan digunakan sebagai campuran adonan atau taburan permukaan kue kering. Meski memiliki fungsi yang sama, meses berbeda dengan chocolate chip yang berupa cokelat keping berbentuk  bulat pipih.[1]

Bacaan Lainnya

Sejarah

Menurut The Spruce Eats, di Belanda dikenal dengan nama hagelslag. Istilah ini mengacu pada potongan kecil kembang gula yang digunakan sebagai taburan roti mentega. Hagelslag atau meses ditawarkan dalam berbagai rasa dan warna, dengan cokelat yang paling umum. Meses ini populer di Belanda, Belgia, dan bekas koloni Belanda seperti Suriname, Antillen Belanda, dan Indonesia.

Sejumlah orang mengatakan bahwa meses (hagelslag) adalah penemuan Amsterdam, Belanda. Konon pada 1400-an, orang Belanda menaburkan taburan kecil mirip biji adas manis pada biskuit renyah yang disebut roti rusk. Bahkan pada tahun 1800-an, taburan mirip biji adas manis berwarna-warni menjadi produk yang disebut muisjes. Menurut dokumen yang dimiliki oleh Arsip Kota Amsterdam, penemu serpihan renyah dan manis ini adalah B.E. Dieperink.

Perusahaan gula Belanda, Venco, mulai memproduksi taburan tersebut sekitar 1919. Disusul pada 1928, perusahaan lain bernama De Ruijter membuat versi hagelslag sendiri. Selain taburan beraroma adas manis, perusahaan ini menawarkan lemon, raspberry, dan jeruk. Delapan tahun kemudian, perusahaan gula lain yaitu Venz mulai meluncurkan variasi meses rasa cokelat dengan menambahkan cokelat ke dalam campuran meses.

Saat ini sudah tersedia dalam banyak varian rasa. Selain meses cokelat, ada juga meses keju, meses matcha, meses taro, dan lain-lain. Meses ini berbeda dengan meses warna-warni biasa yang rasanya tetap cokelat. Rasa meses seperti ini sesuai dengan variannya. Misalnya untuk meses matcha, selain warnanya hijau, rasa matchanya pun kuat.

Safari

Safari merupakan salah satu merk meses yang mengolah chocolate compound dengan komponen lain seperti gula, essens, lesitin, dan susu. Meses Safari diproduksi oleh PT. Fajar Mataram Sedayu-Bandung yang sudah berkiprah di industri cokelat selama lebih dari 30 tahun. Meses Safari sendiri telah bersertifikasi halal MUI dan bersertifikat BPOM RI, sehingga aman dikonsumsi.

Meses yang mempunyai warna kuning, hijau, cokelat, dan putih ini juga termasuk pilihan pecinta cokelat. Pasalnya, tidak hanya rasa coklat yang ada di dalamnya melainkan ada juga cita rasa lain dari setiap masing-masing warna. Lalu, berapa harga meses Safari di pasaran saat ini?

Harga Meses Safari

Varian meses Safari
Varian Meses Safari Harga (Rp)
L’agie Hegel-Slag Safari Polos 100gr 7.000
Lagie Meses Safari Warna 100 gram 7.000
Lagie Safari Meses Coklat Peanut Duo Kacang mix 80 gr 8.900
Lagie Meses Safari 250gr 15.700
Mesis Coklat L’Agie Safari Curah 500gram 25.000
L’agie Hegel-Slag Safari Polos 100gr 5 pcs 32.000
L’agie Hegel-Slag Safari Polos 100gr 1 dus isi 30 bungkus 255.000
Lagie Meses Safari Warna 100 gr 1 Karton isi 12 kg 592.000

Saat ini, begitu banyak produk tiruan yang dikemas mirip dengan meses Safari. Produk tersebut dijual curah kiloan dengan harga yang lebih murah. Umumnya, produk KW tersebut banyak dijual tanpa label. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati sebelum membelinya dengan memeriksa ketersediaan label produk.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat membeli coklat meses Dark Tulip repack kemasan 1kg yang dijual mulai harga Rp55 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp60 ribu tahun 2022. Sedangkan merek lain yakni Ceres, dibanderol mulai harga Rp9.400 untuk kemasan 75 gr di tahun 2021, naik menjadi Rp10.000 tahun 2022. Adapula meses Gery yang dijual renteng per 10 sachet mulai harga Rp5 ribuan di tahun 2021 hingga 2022.

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga meses Safari tahun 2022 mengalami kenaikan.

Sebagai contoh, L’agie Hegel-Slag Safari Polos 100gr yang dibanderol Rp6.000 tahun 2021, sedikit naik menjadi Rp7.000 tahun 2022. Anda dapat membeli meses merk Safari di toko kue terdekat atau minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

[Update: Almas]

[1] Kusuma, Anggraini Citra. Kue Kering. Jakarta: Agromedia. Hlm 15.

Pos terkait